Cara Reset Printer Epson L100, L110, L210, L300, L350, dan L355 Tanpa Software Dengan Mudah

Posted on

www.kuncikomputer.com – Dari sekian banyak printer yang ada di pasaran, Epson merupakan salah satu brand printer dengan beragam tipe yang banyak penggunanya. Terlepas dari tipe apa yang digunakan, beberapa orang tentu pernah mengalami masalah dengan printernya tersebut dan sering kesulitan dalam mengatasinya. Salah satu masalah yang sering dihadapi adalah dalam hal reset. Terkait hal ini, berikut informasi selengkapnya mengenai cara reset printer Epson L100, L110, L210, L300, L350, dan L355 tanpa software.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang Cara Reset Printer Epson L100, L110, L210, L300, L350, dan L355 Tanpa Software, saya sebagai penulis meminta maaf apa bila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



 Cara Reset Printer Epson L100, L110, L210, L300, L350, dan L355 Tanpa Software



Apabila Anda malas menggunakan aplikasi resetter karena harus mengunduh dan menginstal programnya terlebih dahulu, masih ada cara lain yang bisa dicoba. Cara tersebut adalah reset printer Epson tanpa aplikasi resetter. Cara reset printer Epson L100, L110, L210, L300, L350, dan L355 tanpa software ini juga lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan kuota data untuk mengunduh aplikasinya.

Sebelum membahas mengenai apa saja langkah-langkah cara reset printer Epson L100, L110, L210, L300, L350, dan L355 tanpa software ini, Anda perlu tahu kapan printer yang dimiliki perlu direset. Salah satu indikator perlunya printer Epson untuk direset adalah warna oranye pada lampu indicator yang biasanya ada di sebelah kanan tombol power. Apabila dipaksakan untuk mencetak atau print, mesin akan memberikan peringatan bahwa tinta habis.

Anda mungkin bisa mengisikan tinta refill dengan yang baru hingga penuh kembali. Namun, hal ini rupanya belum tentu membuat notifikasi hilang. Hal ini karena sistem deteksi printer tidak bisa bekerja otomatis meskipun tinta kembali penuh. Karena itulah reset perlu dilakukan.

Reset tanpa software untuk Printer Epson tipe L100, L110, L300, L350, dan L355

Langkah-langkah reset tanpa software untuk tipe-tipe printer Epson seperti L100, L110, L300, L350, dan L355 meliputi:

  1. Pertama, Anda harus menekan tombol Resume selama 5 detik lalu lepaskan. Tombol itu sendiri biasanya terdapat di dekat tombol power pada printer Epson yang Anda miliki.
  2. Selanjutnya, Anda perlu mengulangi kembali langkah pertama di atas, yaitu menekan tombol Resume. Hanya saja, pada langkah kedua ini tombol Resume cukup ditekan selama 3 detik.
  3. Pada langkah ketiga ini, yang harus Anda lakukan mirip seperti langkah pertama dan kedua. Hanya saja, di langkah ini Anda perlu menekan tombol Resume cukup 1 detik.
  4. Anda bisa menunggu beberapa saat setelah melakukan ketiga cara di atas.
  5. Cek kembali tombol power pada printer Epson yang Anda miliki. Apabila pada tombol tersebut lampu berwarna hijau, hal ini berarti bahwa printer siap untuk digunakan.
  6. Printer Epson yang telah terisi kembali dengan tinta bisa digunakan untuk mencetak atau print.

Reset tanpa software untuk Printer Epson tipe L210 dan sejenisnya

Untuk Anda yang memiliki printer Epson tipe L210 atau sejenisnya, ada cara yang agak berbeda, yaitu dengan menggunakan ID tinta sesuai dengan warna tinta tersebut. Langkah-langkahnya meliputi:

  1. Klik Start pada layar PC kemudian pilih Device and Printer.
  2. Selanjutnya, pilih tipe printer Epson yang Anda gunakan. Pada nama jenis printer tersebut silakan klik kanan dan pilih Preference.
  3. Di bagian Maintenance, pilih Monitor 3. Layar kemudian akan menampilkan jendela yang menunjukkan status dari printer Epson Anda.
  4. Masih pada jendela yang sama, klik tombol How to.. Jendela baru akan muncul dan menampilkan pesan mengenai tinta berwarna hitam dan seterusnya yang habis. Di jendela yang sama, Anda hanya perlu mencentang bagian tinta yang habis tersebut lalu pilih Next
  5. Isikan ID tinta sesuai dengan tinta warna yang habis tersebut. Bagaimana cara mengetahui ID dari tinta Epson? Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencari informasi mengenai kumpulan ID tinta Epson.
  6. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengklik next dan Finish jika sudah selesai
  7. Cek kembali indicator status Epson Monitor 3. Jika proses reset berhasil dilakukan, status ink Level tidak akan ada yang disilang.

Demikian cara reset printer Epson L100, L110, L210, L300, L350, dan L355 tanpa software yang bisa Anda jadikan referensi, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan diatas.

Baca Juga: