Cara Ngeprint Bolak Balik Seperti Buku Atau Cara Ngeprint Biasa [Step By Steep]

Posted on

Printer memang bermacam macam-macam merk dan juga tipe, akan tetapi pada dasarnya dalam melakukan print atau pencetakan sebuah file intinya sama. mungkin sebagian dari kita belum familiar terhadap printer yang akan dia gunakan untuk ngeprint file. nah disini saya akan mencoba untuk memberikan sebuah bantuan bagi anda yang bermasalah saat akan melakukan print atau cetak sebuah file. untuk mencetak sebuah file atau print, anda dapat melakukan cetakannya biasa atau cara ngeprint biasa atau cetakan seperti buku atau cara ngeprint bolak balik. nah untuk melakukannya anda dapat mengikuti tutorial yang akan saya bagikan dibawah. nah bagi anda yang mengalami permasalahan dalam langkah awal atau sebelum ngeprint, silahkan anda benerin dahulu driver printer nya atau install terlebih dahulu driver printernya agar bisa terkoneksi ke printer anda. silahkan baca langkah awal yang harus dilakukan dibawah ini.

Cara Ngeprint Bolak Balik Seperti Buku Atau Cara Ngeprint Biasa

www.kuncikomputer.com – Sebelum kita memulai cara ngeprint bolak balik, disini saya akan menjelaskan cara ngeprint biasa atau ngeprint laporan makalah. yang harus di perhatikan sebelum melakukan pengeprinan sebuah file, tentunya komputer atau laptop kita harus sudah terkoneksi ke sebuah printer. biasanya apabila laptop anda belum pernah digunakan untuk ngeprint atau belum ada driver printer sesuai tipe printer anda maka laptop tidak mau digunakan untuk ngeprint. nah pertama install dulu driver printer anda di laptop dengan cara colokan printer  ke laptop dan hidupkan, biasanya driver akan otomatis tampil untuk di install, klik next, sampai finish.

apabila tidak muncul driver printernya, atau dalam penginstalan corrupt anda tidak dapat mengikuti cara ngeprint biasa, langkah selanjutnya anda harus mendownload terlebih dahulu driver di  google dengan cara ketikan “Download Driver Printer (tipe)” dan download kemudian install di laptop anda. biasanya driver yang anda download akan terpisah dengan driver driver scanner apabila anda ingin driver scanner maka download sendiri driver scannernya. akan tetapi apabila anda hanya akan melakukan ngeprint, dengan driver print saja sudah cukup dan sudah bisa digunakan untuk mengeprint apabila driver sudah terinstall. setelah anda menginstall driver dan sudah terkoneksi, sekarang buka file yang akan anda print untuk mencetaknya dengan cetak biasa atau cara ngeprint bolak balik silahkan anda ikuti langkah-langkahnya yang anda inginkan.

Cara Ngeprint Biasa

  1. pertama buka file yang akan anda print, setelah itu tekan CTRL +  P di keyboard untuk melakukan pengeprinan berkas. perhatikan gambar dibawah ini, setelah anda tekan ctrl + maka akan muncul  halaman untuk setting dalam ngeprint.
  2. Properties digunakan untuk mengatur cetakan yang lainnya. yang harus di perhatiakan oleh anda yaitu name printer, disini saya menggunakan canon MP250. setelah anda atur name printernya klik ok saja sudah beres dan printer akan mencetak file anda semuanya. apabila anda melakukan print di warnet atau poto copy an tentunya anda tidak tahu dong nama printernya, anda tanyakan saja nama printer nya apa dan cari di name printer kemudian pilih nama printernya dan OK. akan tetapi saya akan menjelaskan cara merubah yang lainnya. keterangan yang ada digambar atas, all (digunakan untuk mencetak semua halaman yang ada), current page (digunakan untuk mencetak nomor halaman awal samapi akhir, contohnya 5-10 maka halaman lima sampai 10 yang akan di cetak), pages (digunakan untuk mencetak nomor halaman saja). untuk current pages dan page anda harus mengetikan angkanya di kotak kecil di samping pages. untuk mengatur ukuran atau jenis kertas anda dapat masuk di properties dan di ukuran kertas atau paper size ganti sesuai dengan kertas anda. dan pengaturan yang lainnya silahkan anda coba-coba sendiri sambil belajar otodidak .
  3. sekian cara ngeprint biasa yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. untuk cara mengeprint bolak balik seperti buku anda dapat baca langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Ngeprint Bolak Balik Seperti Buku

  1. saya anggap anda sudah paham tentang cara print biasa, atau sudah baca langkah-langkahnya diatas. untuk melakukan pencetakan bolak balik seperti buku anda tinggal mengatur di properties. pertama buka file yang akan anda cetak kemudian tekan CTRL + P dan akan meuncul halaman untuk setting cetakan, dan klik properties (perhatikan poin 1 pada cara ngeprint biasa). setelah anda klik properties anda akan masuk di halaman selanjutnya. perhatikan gambar dibawah ini.
  2. setelah anda masuk di halaman properties silahkan anda centang di pencetakan dupleks atau duplex printing untuk cara ngeprint bolak balik. perhatikan gambar diatas, apabila tata letak dan tulisan berbeda silahkan anda cari di properties duplex printing kalo bahasa inggris ceklis saja karena intinya agar dapat melakukan print bolak balik.
  3. setelah anda ceklis, atur ukuran kertas yang anda inginkan di ukuran kertas atau paper size sesuai dengan kertas yang akan anda gunakan. dan apabila dirasa cukup sekarang klik ok untuk melakukan ke tahap selanjutnya.
  4. setelah anda klik ok maka halaman akan kembali ke halaman awal seperti gambar (perhatikan poin 1 pada cara ngeprint biasa). klik OK saja untuk melakukan cetak berkasa anda agar bolak balik.
  5. setelah printer bekerja atau mencetak, halaman yang akan di cetak yaitu nomor ganjil terlebih dahulu, dimulai dari 1,3,5,7 dan seterusnya. karena halaman di baliknya akan digunakan untuk nomor genapnya, dimulai dari 2,4,6,8 dan seterusnya.
  6. yang harus di perhatikan dalam melakukan cara ngeprint bolak balik yaitu pada saat printer  sudah selesai cetak nomor halaman ganjil, ambil kertas dan letakan kerta di printer dengan posisi tulisan di belakang dan bagian header (bagian atas) dibawah. apabila anda salah meletakan bagian header ditas maka tulisan baliknya akan di cetak kebalik yaitu dari bawah.
  7. biasanya setelah proses print nomor ganjil selesai, akan ada pemberitahuan untuk meletakan kertas untuk mencetak halaman genapnya. apabila sudah ada pemberitahuan letakan kertas dengan benar sesuai poin nomor 6.
  8. apabila anda sudah melakukan ngeprint bolak balik, coba dicek kembali berkas anda, dan apabila ada kesalahan coba di ulang kembali sesuai dengan nomor halamannya saja. kan sudah saya jelaskan diatas apabial ingin cetak nomor halaman terntentu.

sekian tutorial yang dapat saya bagikan kali ini tentang cara ngeprint bolak balik seperti buku atau cara ngeprint biasa yang dapat saya bagikan kali ini semoga bermanfaat. apabila terdapat kesalahan dalam tutorial yang saya jelaskan diatas, sudi kiranya untuk di maafkan karena saya juga manusia yang harus membagi waktu untuk nulis, karena siang saya bekerja :).

Baca Juga: