Search

Cara Mudah Membuat Linux Bootable USB Flashdisk Dari ISO

Kuncikomputer.com, Perkembangan ukuran memory flashdisk dari masa ke masa semakin berkembang. Memory flashdisk saat ini dipasaran yang terkecil adalah 4 GB, sudah lebih cukup digunakan sebagai pengganti CD-ROM.

Selain itu sistem operasi modern saat ini biasanya didownload langsung dari pengembangnya dalam bentuk file iso. Sebelum bisa digunakan untuk menginstall komputer. File iso tersebut harus dibakar ke CD-ROM atau ke flashdisk. Di artikel ini sobat akan kukom ajari cara membuat linux bootable dari usb flashdisk dari file iso.

Persiapan

Sobat kukom, sebelum membuat bootable usb flashdisk, sobat siapkan terlebih dahulu barang-barang dibutuhkan.

  1. USB Flashdisk dengan memory minimal 4 GB
  2. Laptop/PC
  3. ISO file linux
  4. Aplikasi untuk membakar iso ke usb flashdisk

Setelah usb flashdisk dan laptop berada didepanmu, sobat perlu mengunduh file iso dari distro linux yang ingin diisntall.

Hampir semua distro linux menyediakan laman untuk mengunduh file iso, kalau sobat nggak tahu tempatnya, sini kukom beritahu beberapa tempat download distro linux official:

  1. Debian, download iso debian
  2. Ubuntu, download iso ubuntu
  3. Linuxmint, Download iso linuxmint
  4. Opensuse, Download iso opensuse

Aplikasi RUFUS ISO TO USB

Setelah itu lanjut ke persiapan ke empat “Menyiapkan aplikasi untuk membakar iso ke usb flashdisk”, kok membakar ya? kayaknya sadis banget. Tapi kukom bingung mau kasih istilah apa. Jaman dahulu kala ketika memory flashdisk tidak sebesar ini. Kita harus menyalin file iso ke CD-ROM. Proses ini dikenal sebagai “membakar”, karena metode menulis di CD-ROM adalah dengan menembakkan sinar laser ke CD.

Ada beberapa software yang bisa digunakan untuk membakar file iso, yang terkenal dan sering dipakai adalah unetbootin dan rufus. Kalau kukom pribadi lebih sering pakai rufus karena lebih simple.

Untuk mengunduh rufus sobat bisa langsung kesini atau ke official webnya di rufus.ie

Setelah terunduh, proses bikin linux bootable usb flashdisk siap dilaksanakan.

1. Buka aplikasi rufus,

Tampilan aplikasi rufus akan terlihat seperti digambar berikut:

aplikasi rufus
aplikasi rufus

Rufus secara otomatis akan mendeteksi usb flashdisk yang dicolokkan ke laptop/komputer.

2. Pilih file iso yang akan diburning ke Flashdisk

Klik tombol “Select” di bagian “boot selection” yang terletak dibawah nama device/drive properties

tombol pilih file iso
tombol pilih file iso

Kemudian pilih file iso di folder explore yang terbuka

pilih file iso yang akan diburning
pilih file iso yang akan diburning

Tampilan jika file isonya berhasil masuk ke rufus, tombol start akan aktif seperti gambar dibawah ini:

rufus format option
rufus format option

3. KLIK START

Langkah selanjuitnya tinggal klik start saja sobat. Oh iya, tadi sudah nyiapin kompi belum? soalnya burning iso ke flahsdisk memakan waktu agak lama, tergantung kecepatan CPU, besar file, kecepatan flashdisk dan tentu saja, takdir.

Kalau keluar pesan seperti dibawah ini diklik “OK” saja:

isohybrid
isohybrid

Yang ini juga, pastikan kalau flahsdisk yang dipakai untuk menjadi bootable usb flashdisk memang sudah tidak digunakan atau datanya sudah dipindah. Soalnya rufus bakal memformat flahsdiknya.

pemberitahuan hapus semua data di flashdisk
pemberitahuan hapus semua data di flashdisk

Tunggu sampai 100% ya sobat, kalau lupa bikin kopi silahkan beli gorengan saja dulu yang agak jauh. Insyaallah sampai dirumah burningnya sudah selesai

proses burning
proses burning

Kalau progressbar hijaunya sudah penuh sampai keujung. Berarti proses burningnya sudah selesai

ISO to Flashdisk Selesai
ISO to Flashdisk Selesai

4. CEK FLASHDISK

Untuk memastikan proses burning berjalan lancar, buka windows explore dan lihat ke usb flashdisk. Jika berhasil nama flashdisk akan sama dengan nama isonya, kemudian isi iso file masuk ke flahsdisk.

folder flahsdisk
folder flahsdisk

KESIMPULAN

Bagaimana sobat, sangat mudah bukan? kalau disimpulkan untuk membuat iso ke flashdisk hanya butuh 4 langkah. Pertama, download iso linux, kedua download aplikasi rufus, ketiga masukkan/burning iso ke flahsdisk dengan aplikasi rufus. Terima kasih sudah mampir semoga dengan cara mudah membuat linux bootable USB flashdisk dari iso bisa membantumu menerangi hari-harimu, eh

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*