Cara Mudah Masuk BIOS Lenovo dan Cara Setting BIOS nya

Posted on

www.kuncikomputer.com – Pada sebuah sistem dalam komputer dikenal istilah BIOS yang merupakan singkatan dari Basic Input/ Output System. BIOS ini adalah sebuah program yang ditulis dalam sebuah bahasa pemrograman khusus bernama assembly. Setiap komputer pasti memiliki BIOS yang berbeda. Jika Anda menggunakan laptop dengan merek lenovo, tips cara masuk BIOS lenovo dan cara setting BIOS nya berikut mungkin bisa bermanfaat. Berdasarkan fungsinya, BIOS bertugas untuk mengatur fungsi dari setiap hardware pada komputer. Jika sistem operasi terletak di harddisk, maka BIOS terletak di ROM atau chip memori flash. Jika Anda ingin membuka BIOS pada komputer lenovo Anda dan mengatur BIOS nya, berikut beberapa caranya.

Cara Mudah Masuk BIOS Lenovo dan Cara Setting BIOS nya

Cara Masuk BIOS Lenovo

  1. Sebelum membahas tentang cara masuk BIOS lenovo dan cara setting BIOS nya, akan lebih baik jika Anda tahu cara masuk BIOS lenovo terlebih dahulu. Pertama, tekan power pada komputer Anda hingga komputer atau laptop benar-benar mati.
  2. hidupkan lagi sambil segera tekan tombol Fn dan F2 secara bersamaan dan berulang. Jangan sampai Anda melewatkan logo lenovo pada tampilan komputer.

Cara Setting BIOS Lenovo

  1. Untuk mengatur settingnya, misalkan pengaturan Booting. Pilih “Boot” dan ubah mode boot agar menjadi mode legacy first. Maka kemudian pengaturan USB boot akan menjadi enabled.
  2. Lihat media yang ada di bawah. Jika media yang digunakan adalah flashdisk, maka Anda harus menempatkan USB boot di paling atas.
  3. Untuk menempatkannya tekan Fn+F6 secara bersamaan. Sehingga saat membaca, USB lah yang akan terbaca lebih dulu.
  4. Terakhir, simpan perubahan yang sudah Anda buat. Gunakan tombol Fn + F10 secara bersamaan.
  5. Jika sudah muncul menu konfirmasi, pilih ‘Yes’. Dengan begitu semua pengaturan Anda akan tersimpan.

Untuk bisa mengganti setting pada BIOS, tentu Anda harus dulu ke dalam BIOSnya. Setelah Anda bisa masuk ke dalam BIOS, barulah Anda bisa mengubah pengaturannya. Anda bisa melakukan pengaturan BIOS sesuai kebutuhan,.

Langkah-langkah di atas bisa Anda coba. Masuk ke BIOS dan mengatur pengaturan BIOS nya sebelum Anda melakukan instalasi ulang bisa dianggap penting. Dengan melakukan pengaturan seperti di atas, maka ketika booting komputer untuk pertama kali, komputer ataupun laptop Anda akan membaca flashdisk atau USB. Yang perlu Anda ingat, cara di atas hanya berlaku untuk komputer atau laptop dengan merek lenovo.

Perbedaan BIOS yang digunakan oleh setiap komputer tentu akan membawa dampak berbeda, terutama dalam pengaturan atau settingnya. Anda yang menggunakan komputer atau laptop lenovo dan ingin tahu bagaimana cara masuk BIOS lenovo dan cara setting BIOS nya, cara di atas mungkin Anda butuhkan. Cara berbeda juga akan berlaku pada jenis dan merek komputer yang berbeda pula.

Baca Juga: