Cara Menginstal Windows 7 + Gambar, Mudah dan Lengkap Untuk Pemula

Posted on

www.kuncikomputer.com – Saat ini, layanan jasa service yang menawarkan instalasi Windows memang banyak. Namun, untuk menggunakan jasa tersebut tidak sedikit yang memasang tarif tinggi. Maka dari itu, beberapa orang cenderung memilih untuk menginstall windows sendiri. Untuk yang mencari info bagaimana cara instalasi windows 7.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang cara instal windows 7, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Menginstal Windows 7 + Gambar



Untuk menginstall Windows 7, Anda bisa menggunakan CD/DVD-ROM. Untuk yang memiliki netbook, instalasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan flashdisk. Setelah memenuhi kriteria tersebut, Anda bisa melakukan langkah penginstalan seperti berikut ini.

baca juga: Cara membuat bootable usb untuk instal windows

Langkah-Langkah Instalasi Windows 7

  1. Langkah pertama pada cara instalasi windows 7 kali ini adalah menyalakan laptop atau netbook dan membuatnya masuk dalam mode BIOS. Caranya adalah dengan menekan Esc saat komputer sedang booting. Agar masuk ke Menu BIOS, Anda juga bisa menekan tombol F2 secara cepat dan terus-menerus. Komputer dengan merk berbeda mungkin akan menggunakan tombol yang berbeda pula, seperti F1, Del, F10, dan sebagainya.
  2. Berikutnya, Anda akan masuk menu BIOS. Pada bagian kedua cara instalasi windows 7 ini, Anda akan mengatur booting/Boot pertama ke CD/DVD-ROM atau flashdisk yang mengandung perangkat instalasi windows dan dimasukkan sebelum laptop dinyalakan.

  1. selanjutnya, simpan pengaturan yang telah dibuat dengan cara mengklik Exit lalu Exit Saving Changes lalu tekan Yes (perhatikan gambar diatas). Pada proses di panduan cara instalasi windows 7 ini komputer akan melakukan Restart dari CD/DVD setelah sebelumnya Anda memasukkan DVD Windows 7 Installer ke drive DVD.
  2. Selanjutnya, PC atau laptop akan memulai proses booting dari Installer DVD Windows 7. Anda bisa mengklik tombol bebas seperti Enter kurang dari 5 detik setelah layar menampilkan proses booting. Apabila tidak, sistem harus melakukan restart lagi. Perhatikan gambar dibawah ini, tekan tombol bebas.

  1. Karena layar akan menunjukkan bahwa Windows sedang memuat files, Anda bisa diam dan menunggu hingga selesai.
  2. Selanjutnya, layar akan menampilkan beberapa pilihan install Windows seperti bahasa instalasi, bahasa keyboard, dan seterusnya. Disini Anda bisa memilih English dan mengklik tombol next apabila pilihan sudah selesai.

  1. Untuk memulai proses instalasi, Anda perlu mengklik tulisan Install Now yang ada di bawah logo Windows 7.

  1. Apabila layar menampilkan jendela agar Anda mengkonfirmasi persetujuan instalasi, Anda bisa mengklik kotak dekat tulisan I accept the license terms. Selanjutnya, klik Next.

  1. Jendela kemudian akan menampilkan opsi lanjutan yang berisi jenis instalasi yang diinginkan. Dari dua pilihan yang ada, pilih Custom Advanced. Jenis instalasi ini akan menggunakan pengaturan Windows dari awal serta menghapus sistem yang pernah diterapkan di komputer tersebut sebelum-sebelumnya.

  1. Langkah berikutnya adalah mengatur partisi. Pada umumnya, sistem partisi dibuat menjadi 2 atau 3 dimana 1 partisi sebagai System reserved dan yang lain untuk data pribadi. Apabila ingin menghapus partisi sebelumnya, proses deleting bisa dilakukan dengan mengarahkan kursor pada pilihan delete lalu klik OK. Sementara itu, apabila ingin membuat partisi baru, Anda bisa mengarahkan kursor ke pilihan New lalu klik OK. Saat akan membuat yang baru, pastikan bahwa Byte Hardisk sudah diketahui.

  1. Apabila ingin menginstall windows 7 pada partisi yang baru, Anda bisa mengarahkan kursor ke partisi baru yang bertype Primary kemudian klik Next. Saat proses instalasi Windows 7 sedang berjalan, biarkan dan hindari agar tidak mengklik tombol sembarang. Berikut adalah gambar proses instalasi windows.

  1. Apabila instalasi menggunakan flasdisk, Anda harus mencabut flasdisk saat komputer memulai proses restart.

Setelah komputer restart dengan sendirinya, Anda harus membiarkan dan tidak menekan tombol apapun. Cara instalasi windows 7 ini kemudian disempurnakan dengan mengisi data-data seperti nama untuk laptop atau komputer. Jika sudah diisi, klik Next. Selanjutnya Anda dapat mengisikan password pada jendela yang muncul. Apabila memiliki produk key, Anda bisa mengisikannya. Pengaturan lain yang direkomendasikan juga perlu dipilih dengan mengklik pilihan Use recommended settings.

Sebelum menyelesaikan, atur pula waktu yang dikehendaki. Agar proses berjalan lancar hingga selesai, Anda harus mengikuti panduan cara instalasi windows 7 bahkan hingga ke hal yang sepele seperti membiarkan hingga layar menampilkan proses lanjutan. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengulanginya dari awal. Selamat mencoba.

sekian tutorial tentang cara instalasi windows 7 yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :