Cara Menghilangkan Startup dengan Mudah dan Cepat [100% Work]

Posted on

www.kuncikomputer.com – Beberapa komputer pasti mengalami proses yang menjengkelkan seperti yang akan dijelaskan pada ulasan ini. Saat akan menyalakan komputer atau biasa kita sebut dengan startup, terkadang muncul beberapa program yang dengan sendirinya akan langsung membuka program mereka sendiri (Proses Run). Padahal kita tidak membutuhkan program tersebut. Inilah hal menjengkelkan yang sering terjadi. Lalu bagaimana cara menghilangkan startup seperti itu? Berikut ini akan dijelaskan dua cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun, sebelumnya perlu diingat bahwa 2 cara ini hanya bisa digunakan pada windows vista, 7, 8 dan juga XP.

Cara Menghilangkan Startup dengan Mudah dan Cepat

Cara Pertama Menghilangkan Startup

  1. Klik button tombol start pada komputer.
  2. Pada kolom search yang ada di menu start silahkan ketik kata CMD lalu tekan enter. Selanjutnya akan muncul kolom hitam dengan tulisan putih yang dinamakan (Command Prompt).
  3. Cara lain adalah dengan membuka Program Run dengan cara menekan secara bersamaan tombol “Windows + R”.
  4. Ketikkan kata “msconfig”, tekan Enter sehingga akan muncul tampilan dari system configuration.
  5. Pindahkan kolom kepada Tab Startup
  6. Silahkan memilih program yang ingin dihilangkan dengan melakukan uncheck (hapus tanda centang)
  7. Klik tombol OK, kemudian Anda akan diarahkan untuk melakukan proses restart komputer Anda
  8. Lakukan proses restart komputer dan lihatlah apakah program yang ingin dihilangkan tadi masih tetap berjalan atau tidak

Cara menghilangkan Startup cara kedua

  1. Silahkan lakukan proses startup pada komputer Anda.
  2. Masukkanlah alamat browser sebagai berikut ini :

“(nama system Anda):\Users\(nama Uuer Komputer/Laptop Anda)\AppData\Roaming\Microsoft \Windows\Start Menu\Programs\Startup

  1. Lakukan proses penghapusan shortcut dari program startup pada folder tersebut
  2. Lakukan proses restart pada komputer/laptop Anda.

Cara kedua ini hanya boleh dilakukan apabila Anda benar-benar ingin menghapus program yang berjalan pada saat komputer melakukan startup secara permanen. Jika tidak ingin menghapus secara permanen silahkan melakukan cara yang pertama saja.

Selain kedua cara tersebut, Anda juga menghilangkan startup dengan bantuan software tertentu. Beberapa antivirus juga menyediakan fasilitas penghapusan aplikasi yang tidak diinginkan pada saat proses startup. Aplikasi lain adalah dengan menggunakan windows startup item remover. Penggunaannya juga mudah hanya dengan menginstal dan mengikuti langkah selanjutnya yang sudah disiapkan.

Cara menghilangkan startup baik cara yang pertama maupun cara yang kedua sama-sama mudah dan cepat untuk dilakukan. Jika mengalami masalah dalam proses penghapusan ini bisa diulangi dengan hati-hati sesuai dengan step-step yang sesuai dengan contoh. Perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa dilakukan pada komputer dengan OS Windows saja. Windows nya pun terbatas yaitu windows vista, windows 7, windows 8 dan juga XP.

Baca Juga: