Cara Menggabungkan kolom Menjadi Satu Tanpa Menghapus Isi Tulisannya Di Excel

Posted on

www.kuncikomputer.com – microsoft excel merupakan aplikasi yang memiliki fitur komplit yang dapat digunakan untuk mengolah data. nah di microsoft excel kita dapat menggabungkan dua kolom menjadi satu kolom. itu merupakan salah satu fitur yang tersedia didalam microsoft excel, atau sering disebut dengan merge & center. apabila kita menggabungkan kolom yang kosong tentu tidak ada masalah, akan tetapi apabila kita akan menggabungkan kolom yang terdapat isi tulisannya maka yang akan selamat data pada kolom pertama dan data kolom kedua akan terhapus. pertanyaannya bagaimana cara menggabungkan kolom tanpa menghapus isi data ??? pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menggabungkan kolom di excel akan tetapi datanya tetap selamat atau tidak terhapus. untuk lebih jelasnya anda dapat praktik langsung di komputer anda dengan mmengikuti yang akan saya bagikan dibawah ini.

Cara Menggabungkan kolom Menjadi Satu Tanpa Menghapus Isi Tulisannya Di Excel

tentu kita sudah tahu fitur merge & center yang sudah ada di excel, akan tetapi saya akan mengulas ulang agar kita lebih mengerti apa yang akan kita bahas kali ini. adapun langkah-langkahnya silahkan anda simak dibawah ini, dan saran saya langsung di praktikan.

Langkah-Langkah Menggabungkan Kolom Di Excel Tanpa Menghapus Isi Datanya

  1. pertama buka file yang akan anda gunakan sebagai bahan uji coba. perhatikan gambar dibawah ini untuk file uji coba saya.
  2. blok dua kolom kosong kemudian klik merge & center, maka kolom akan bergabung menjadi satu. nah untuk kolom yang isi, cara gabunginnya blok kolom PENA dan PENSIL klik home -> fill -> justify . perhatikan gambar dibawah ini.
  3. Setelah itu tulisan akan menjadi satu baris. yang harus di perhatikan pada cara ini yaitu pastikan kolom cukup untuk panjang tulisan, dan tidak bisa apabila  angka yang digabungkan.

sekian artikel tentang Cara Menggabungkan kolom Menjadi Satu Tanpa Menghapus Isi Tulisannya Di Excel yang dapat saya bagikan kali ini semoga bermanfaat. saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas, apabila anda mempunyai permasalahan yang berhubungan dengan komputer silahkan cari solusinya di website kami, di kuncikomputer.com .

Baca Juga: