Cara Mengetik Huruf Arab Di Microsoft Word Tanpa Software

Posted on

tahukah anda bahwa komputer tidak hanya dapat digunakan untuk mengetik huruf abzad saja. komputer juga dapat digunakan untuk mengetik huruf arab, tanpa menggunakan aplikasi. untuk menggunakan cara menulis huruf arab anda harus mengatur control panel nya dahulu. pada kasus ini saya akan membahasnya menggunakan sistem operasi windows.

selain menambah pengetahuan anda, semoga cara yang akan saya bagikan kali ini dapat berguna bagi anda. untuk lebih jelasnya silahkan anda baca dan praktikan langsung di komputer atau laptop anda. untuk langkah-langkahnya baca dengan teliti, apabila anda tidak paham coba lihat gambarnya yang sudah saya berikan nomor step by step di gambarnya.

Cara Mengetik Huruf Arab Di Microsoft Word Tanpa Software

windows yang saya gunakan di laptop saya yaitu windows 7, untuk windows yang lainnya caranya tidak jauh beda yaitu ataur pada bahasa di keyboard. untuk cara menggunakan bahasa arab di keyboard komputer anda silahkan ganti dahulu bahasanya dengan langkah dibawah ini.

Cara Menulis Huruf Arab Di Komputer

1. pertama kita akan atur control panel nya agar keyboard dapat digunakan mengetikhuruf arab
2. klik start -> control panel -> clock, language, and region.
3. setelah anda masuk ke halaman control panel clock, language, and region klik change keyboard or other input methods -> keyboard and language -> change keyboard.
4. kemudian anda akan masuk ke halaman general klik add -> pilih arabic (saudi arabia) -> keyboard -> ceklis arabic (101) -> klik ok -> ok -> ok. perhatikan gambar dibawah ini untuk tahap 2 sampai 4.

CARA MENULIS HURUF ARAB DI MICROSOFT WORD

5. setelah control panel di atur, sekarang ubah lah bahasa EN english (uniter state) menjadi AR arabic (saudi arabia) di pojok kanan bawah . perhatikan gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

6. sekarang anda sudah bisa menggunakan keyboard arab, atau anda bisa mengganti bahasa nya dengan cara tekan Shift + Alt bersamaan. untuk lebih jelasn huruf arabnya coba anda tampilkan keyboard bawaan laptop Baca caranya Disini.

Cara Memberi Harakat Pada Tulisan Arab Di Word

Shift + Q         : untuk harakat Fathah

Shift + A         : untuk harakat Kasrah

Shift + E         : untuk harakat Dammah

Shift + W        : untuk  harakat Fathah tanwin

Shift + R         : untuk  harakat Dammah tanwin

Shift + S         :  untuk  harakat Kasrah tanwin

Shift + X         : untuk  harakat Sukun

Shift + ~          : untuk  harakat Tasdid

untuk menambahkan harakat pada tulisan yang anda buat, yaitu dengan cara menulis satu huruf dan beri harakat, satu huruf dan berikan harakat lagi, begitu seterusnya hingga selesai. selemat mencoba kawan.

mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini tentang Cara Mengetik Huruf Arab Di Microsoft Word Tanpa Software semoga membantu anda dalam menulis bahasa arab di microsoft word. apabila anda ingin belajar lebih banyak lagi tentang teknologi komputer silahkan anda baca artikel-artikel kami di www.kuncikomputer.com.

Artikel Lainnya: