Cara Mengatasi Laptop Hang Serta Penyebabnya [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – permasalahan laptop hang memang membuat kita sangat kesal, biasanya dikarenakan laptop masih enak dipakai dan tiba-tiba hang dengan sendirinya. ada banyak penyebab laptop hang baik itudri hardware maupun software didalam laptop. pada artikel ini nantinya saya akan berbagi cara mengatasi laptop hang. bagi anda yang mengalami permasalahan laptop hang silahkan ikuti solusi yang akan saya bagikan nantinya. untuk lebih jelasnya anda dapat membaca dan mempraktikan langsunng pada artikel saya tentang Cara Mengatasi Laptop Hang Serta Penyebabnya.

seeperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Cara Mengatasi Laptop Hang Serta Penyebabnya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Mengatasi Laptop Hang Serta Penyebabnya



1. Banyaknya Aplikasi Yang Terinstall

biasanya didalam laptop terdapat aplikasi yang terinstal akan tetapi aplikasi tersebut jarang digunakan, saran saya uninstal aplikasi yang jarang digunakan karena hal ini akan membuat laptop anda hang. cara untuk melihat dan uninstal aplikasi yang terinstal anda dapat melakunnya di control panel -> program -> uninstall a program.

2. File Di Temporary Yang Terlalu Banyak

penyebab laptop hang salah satunya dikarenakan file yang terdapat pada temporary sudah membengkak. Cara mengatasi laptop hang kali ini yang harus anda lakukan yaitu hapus semua file yang ada didalam temporary dengan cara buka folder temporary caranya tekan windows + R dan ketikan %temp% lalu enter, maka secara otomatis akan masuk ke folder temporary, maka hapuslah file yang ada didalamnya.

3. Aplikasi Yang Digunakan Untuk Security Program Terlalu Banyak

security program memang sangat berguna untuk menjaga laptop anda akan tetapi apabila kebanyakan security programnya maka akan membuat laptop hang. contoh security program seperti antivirus dan firewall dan yang lainnya. apabila security program didalam laptop anda terdapat 2 atau lebih, saran saya uninstall aplikasinya dan sisakan satu security program yang tidak berat terhadap laptop.

4. Terdapat System File Yang Corrupt Atau Hilang

permasalahan ini biasanya disebabkan oleh virus yang telah menginveksi file system. dan file tersebut terdelete oleh antivirus atau menjadi rusak sehingga membuat laptop anda hang. solusi yang harus dilakukan yaitu repair system operasi yang anda gunakan.

5. Hardware Yang Overheat

cara mengatasi laptop hang yang disebabkan oleh hardware yang overheat yaitu coba cek sirkulasi udara yang terjadi didalam komputer atau laptop anda. bisa jadi sirkulasi udaranya terganggu dikarenakan oleh debu sehingga menyebabkan komponen perangkat keras seperti processor, VGA, Harddisk dan yang lainnya menjadi sangat panas dan membuat laptop hang.

6. Permasalahan Pada Koneksi Jaringan

biasanya laptop hang dikarenakan dari koneksi jaringan yang mempunyai traffic jaringan yang tinggi, dan bisa jadi juga diakibatkan adanya virus yang berusaha masuk kedalam laptop melalui kabel jaringan. solusi yang harus dilakukan yaitu lepaskan RJ45 yang terpasang atau kabel jaringannya di lepaskan dan pasang kembali. selanjutnya restart switch atau hub agar bekerja normal kembali serta gunakan program port scanner agar paket data yang masuk dan keluar dapat diatur.

7. Karena RAM Yang Kecil

permasalahan ini sangat sudah familiar dan sangat sering dialami oleh semua pengguna laptop yang memiliki RAM kecil. apabila anda menggunakan laptop yang memiliki RAM kecil saran saya jangan gunakan laptop anda untuk menjalankan program yang berat-berat seperti game dan yang lainnya. minimal RAM yang digunakan untuk laptop yaitu 1 GB, ini juga masih kecil jadi gunakan laptop anda sesuai dengan kemampuan.

8. Terlalu Banyak Startup Program

cara mengatasi laptop hang yang dikarenakan banyaknya startup program atau program yang berjalan di belakang layar monitor, cara mengatasinya yaitu bukalah startup program dengan cara tekan windows + R dan ketikan msconfig kemudian pilih service. dan hilangkan ceklis pada program yang berjalan di belakang layar. perhatikan gambar dibawah ini.

9. Laptop Hang Karena Harddisk Aus

harddisk biasanya akan terfragmentasi dikarenakan harddisk yang sudah sangat lama di pakai. biasanya gejala yang timbul yaitu laptop mati sendiri, laptop restart sendiri ataupun laptop hang. cara mengatsi harddisk agar lebih awet lakukan defragmentasi secara berkala paling tidak sebulan sekali. caranya yaitu klik start -> accesories -> system tool -> disk fragmenter ikuti proses sampai selesai.

sekian artikel tentang Cara Mengatasi Laptop Hang Serta Penyebabnya yang dapat saya bagikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: