Cara Mengatasi CD/DVD-Rom Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Laptop [100% efektif]

Posted on

www.kuncikomputer.com – Pernahkah Anda mengalami hal dimana CD/DVD-Rom yang ada di PC atau laptop tidak dapat terbaca atau tidak terdeteksi? Jika iya, seperti apa cara mengatasi CD/DVD-Rom tidak terbaca atau tidak terdeteksi di laptop tersebut? Bagi Anda yang belum pernah mengalami masalah seperti ini, ada baiknya untuk menyimak info penting berikut ini. Dengan begitu, ketika suatu kali terjadi masalah dengan CD/DVD-Rom yang tidak dapat terbaca di PC, Anda tahu bagaimana cara mengatasinya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Cara Mengatasi CD/DVD-Rom Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Laptop, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Mengatasi CD/DVD-Rom Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi di Laptop



Seperti yang kita tahu, CD/DVD-Rom merupakan salah satu fitur penting pada PC, khususnya bagi mereka yang berprofesi berkaitan dengan penggunaan CD/DVD. Karena itu, inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan apabila suatu kali CD/DVD tidak dapat terbaca. Apabila CD/DVD yang error disebabkan karena kesalahan driver, langkah-langkah yang bisa dilakukan yaitu:

Cara Mengatasi CD/DVD-ROM Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi Di Laptop

  1. Buka program Regedit. Caranya bisa dengan mengklik start dan ketik regedit, lalu klik kanan pilih Run as Administrator. Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu klik Window+R lalu ketikkan regedit dan pilih open.
  2. Setelah terbuka, silakan masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE>SYSTEM>CurrentControlSet>Control>Class>4d36e965-e325-11ce-bfc1-08002be10318>REG_MULTI_Z lalu hapus UpperFilters
  3. Terakhir, silakan restart pc Anda

Cara Mengatasi CD/DVD-ROM Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi Di Laptop Windows 10

Apabila tidak terbacanya CD/DVD-Rom terjadi di Windows 10, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka regedit atau tekan logo Windows di keyboard bersamaan dengan huruf R. Langkah pertama ini sama seperti langkah pertama di cara sebelumnya.
  2. Setelah regedit terbuka, masuk ke registry windows dan cari folder HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\services\atapi.
  3. Klik kanan di atapi kemudian pilih New. Klik Key untuk membuat kunci baru
  4. Beri nama Controller0 pada key yang dibuat
  5. Klik kanan Controller0 lalu pilih New dan DWORD (32-bit) Value.
  6. Nama diisi dengan kata EnumDevice1
  7. Klik kanan atau double klik EnumDevice1 kemudian pilih Modify
  8. Silakan buat Value data 1 kemudian klik OK
  9. Restart laptop atau PC.

Saat Anda mengaplikasikan kedua cara mengatasi CD/DVD-Rom tidak terbaca di laptop di atas, pastikan bahwa program lain tidak sedang berjalan. Apabila masing-masing langkah diikuti dengan benar, CD/DVD-Rom bisa terbaca kembali. Bagaimana jika gagal, periksa kembali apakah ada langkah yang Anda lewatkan. Kegagalan prosedur mungkin juga bisa disebabkan oleh masalah lain seperti kerusakan hardware atau ausnya hardware terkait. Masalah tidak terbacanya CD/DVD-Rom juga bisa disebabkan oleh gangguan pada support Microsoft. Jika demikian, Anda bisa mengakses http://support.microsoft.com/kb/314060 dan mengunduh dukungannya. Sayangnya, cara ini terkadang tidak berhasil untuk semua kalangan.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan bahwa ada beberapa cara mengatasi CD/DVD-Rom tidak terbaca atau tidak terdeteksi di laptop yang bisa dipraktekkan. Namun, berhasil tidaknya cara tersebut kembali pada orang yang mengaplikasikan dan faktor x dari PC atau laptop itu sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga: