Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Acer dengan Benar Dan Mudah

Posted on

www.kuncikomputer.com – Semua pengguna laptop merk Acer menggunakan mouse touchpad, sehingga ketika tidak merespon lagi, maka biasanya ada masalah dengan driver. Jika touchpad tidak lagi merespon, dan pengguna mempunyai masalah dengan tombol kanan dan kiri, lalu lakukan update pada driver supaya menyelesaikan masalah tersebut. Namun, bila yang bermasalah ada pada hardware, pengguna akan mencari asisten profesional dari teknisi terbaik. Penyebab paling umum dari rusaknya touchpad adalah karena air. Ketika tidak sengaja menumpahkan minuman keatas laptop, air tersebut bisa menyebabkan koneksi dan sensor pada touchpad menjadi tidak berfungsi. Jika hal ini terjadi, sebelum menyalakan komputer kembali, matikan laptop dan diamkan selama satu hingga dua hari. Itulah salah satu cara memperbaiki touchpad Laptop Acer. Sementara itu, untuk memperbaiki masalah pada software, lakukan langkah berikut. Persiapkan sebuah USB atau Bluetooth tambahan ketika touchpad tidak berfungsi atau tidak merespon.

Selain itu, masih ada beberapa metode lain yang bisa digunakan sebagai cara memperbaiki touchpad Laptop Acer. Salah satunya bisa dilakukan dengan menonaktifkan keyboard. Pada banyak sistem komputer, pengguna bisa mematikan atau menghidupkan touchpad menggunakan keyborad. Ikuti langkah-langkah berikut.

cara memperbaiki touchpad Laptop Acer

1. Pada sebagian besar laptop merk Acer, pengguna bisa menekan kunci Fn pada keyboard, kemudian tekan kunci F6 dan F7
2. Jika tidak bisa mencari kunci F6 dan F7, maka biasanya akan muncul ilustrasi kecil untuk sentuhan tangan pada touchpad.
3. Cobalah menggunakan touchpad setelah menggunakan kombinasi kunci tersebut. Jika tidak berhasil, maka bisa menggunakan metode yang lain.

Metode lain yang bisa dipilih adalah dengan mengganti baterai. Pada beberapa sistem Acer yang disertai dengan Gemstone Blue Audio Control, sangat memungkinkan untuk me-reset dengan cara memindah dan mengganti baterai. Caranya adalah sebagai berikut.

cara Lain memperbaiki touchpad Laptop Acer

1. Pastikan laptop dalam keadaan hidup dan sistem operasi siap kerja.
2. Pindahkan charger laptop.
3. Pindah baterai laptop dengan cepat, pastikan masih terhubung dengan listrik.
4. Ganti baterai kembali, kemudian lihat apakah touchpad sudah bisa menyala kembali.

Cara lainnya dilakukan dengan menghubungi contact Acer. Bila telah mencoba metode-metode diatas dan tidak berhasil, maka permasalahan ada pada hardware. Ketika muncul permasalahan tersebut, maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan service pada laptop. Pengguna bisa menghubungi contact Acer dan meminta saran dari pihak yang berwenang.

Informasi tentang berbagai cara memperbaiki touchpad Laptop Acer diatas bisa dilakukan ketika muncul permasalahan. Setiap metode yang disarankan diatas merupakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul. Namun, langkah terakhir yang bisa dilakukan ketika sudah tidak bisa dilakukan seorang diri, adalah dengan melakukan servis ke pihak Acer. Hal ini bisa dilakukan dengan mencari dan menghubungi contact Acer terdekat di wilayah masing-masing.

Baca Juga: