Cara Membuat Usb Bootable Atau DVD untuk Instalasi Windows

Posted on

bootable usb atau dvd merupakan tahapan awal pada saat kita akan melakukan proses instalasi sebuah sistem operasi. ada banyak apalikasi yang dapat digunakan oleh seorang yang akan melakukan portable, seperti rufus dan Windows USB/DVD Download Tool yang akan kita bahas dibawah atau DISINI. proses dan cara membuatnya dapat anda pilih salah satu saja, apabila cara pertama gagal coba lah cara kedua. karena kedua cara ini memiliki fungsi yang sama dan meskipun anda menggunakan usb atau dvd.

Cara Membuat Usb Bootable Atau DVD untuk Instalasi Windows

Cara untuk membuat bootable pada usb atau dvd  anda dapat menggunakan aplikasi pembantu seperti software windows usb/dvd download tool  atau bisa menggunakan rufus. Berikut adalah bahan yang diperlukan, anda dapat memilih satu aplikasi saja untuk proses nantinya. Pilih aplikasi nomor 2 atau nomor 3.

KUNCIKOMPUTER.COM

  1. USB Flasdisk minimal berkapasitas 8 GB / DVD
  2. Aplikasi USB Windows Installer dengan Windows USB/DVD Download Tool
  3. Aplikasi Rufus
  4. File ISO windows

Cara Membuat Bootable USB / DVD menggunakan Windows USB/DVD Download Tool

cara membuat bootable windows

  1. pertama yang harus dilakukan yaitu install software USB Windows Installer dengan Windows USB/DVD Download Tool sampai selesai, setelah itu coba buka aplikasi nya.
  2. apabila sudah dibuka aplikasinya selanjutnya adalah klik Browse untuk mencari file ISO berasal dari windows yang telah disiapkan oleh anda, kemudia klik Next untuk melanjutkan proses.
  3. apabila anda sudah sampai pada pilihan Start Over, USB Device atau DVD. Pilih USB Device untuk membuat Bootable USB Windows Installer bersama dengan Windows USB/DVD Download Tool.
  4. kemudian pilihlah usb yang akan dijadikan bootable windows, pastikan anda telah memindahkan data yang ada dalam flashdisk karena proses ini akan menghapus data flasdisk dengan cara di format. Kemudian klik Begin Copying. Maka proses akan berjalan dan tunggu sampai selesai.

Cara Membuat Bootable USB menggunakan rufus

cara membuat bootable rufus

  1. Download rufus terlebih dahulu, setelah itu klik dua kali untuk menjalankan rufus.
  2. Kemudian colokan flash disk ke komputer, dan rufus akan secara otomatis mendeteksi drive, proses file, ukuran cluster dan volume label flash disk yang ada.
  3. Apabila USB tidak terdeteksi oleh rufus, coba anda pindahkan lobang usb nya, atau tampilkan opsi tingkat lanjut bersama dengan menghimpit icon disebelah teks Format Options. Selanjutnya lakukan dengan cara menandai opsi List fixed (non-flash) or unpartitioned USB disks.
  4. Selanjutnya jika anda menggunakan flash disksebagai bootable sistem operasi, pada bagian opsi Create a bootable disk using, silahkan diklik ISO image. Setelah itu klik icon drive untuk memilih file ISO sistem operasi yang akan dimasukan ke dalam flash disk. Rufus akan menggunakan data ISO secara otomatis dan untuk kebutuhan pembuatan USB bootable. Biarkan opsi Quick formaat tetap aktif, agar proses format partisi berjalan dengan prosedur.
  5. Apabila anda sudah selesai mengatur, silahkan klik start untuk memulainya.
  6. Klik tombol OK apabila terdapat perintah dirufus untuk memulai proses pembuatan bootable USB dan klik Cancel untuk membatalkan proses.
  7. Apabila sudah diklik OK, maka rufus akan melakukan format pada USB flash drive yang ditentukan. Setelah selesai, baru melakukan penyalinan file-file yang tersedia dalam file ISO untuk proses bootable.
  8. Setelah proses pembuatan bootable USB selesai, silahkan tutup aplikasi rufus

Baca Juga: Cara Menginstal Windows 7 + Gambar, Mudah dan Lengkap Untuk Pemula

munngkin itu yang dapat saya bagikan cara membuat bootable usb untuk proses instalasi. silahkan anda coba dan praktik sendiri agar mempunyai pengetahuan baru.

Artikel Lainnya: