Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word [insert, merge cells, delete]

Posted on

www.kuncikompute.com – pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara membuat tebel di microsoft word. yang harus anda tahu di dalam tabel itu terdapat kolom dan baris, dan tabel juga dapat kita tambah kolom atau barisnya atau disebut insert. marge cells digunakan untuk menggabungkan kolom atau baris di dalam tabel, dan didalam tabel juga dapat dihapus kolom atau barisnya. kalo anda belum maksud, mending kita langsung saja mempraktiknya bersama. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang  Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word [insert, merge cells, delete].

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



 Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word [insert, merge cells, delete]



sebelum saya menuliskan langkah langkah membuat tabel, anda harus tahu dulu perbedaan baris dan kolom pada microsoft word. baris yaitu kotak kotak kotak pada tabel yang bersifat vertikal atau dari atas ke bawah, sedangkan kolom yaitu kotak kotak pada tabel yang besifat horizontal atau dari kiri ke kanan.

  1. pertama yang harus anda lakukan yaitu bukalah microsoft word anda, kemudian klik insert dan pilih tabel, tentukan jumlah kolom dan baris yang akan anda buat. disini saya akan membuat tabel dengan kolom 5 dan baris 5. perhatikan gambar dibawah ini.
    membuat tabel di word
  2. setelah itu tabel anda sudah jadi, sekarang bagaimana cara mengedit kolom atau baris agar menjadi lebih menarik. pertama isilah data terlebih dahulu didalam tabel. perhatikan gambar dibawah ini.
    isi tabel di word
  3. perhatikan pada kolom atau baris yang berwarna kuning, bagaimana cara menggabungkan kolom atau baris tersebut agar lebih bagus atau enak di lihat mata. berikut adalah caranya.

cara menggabungkan dan menambah kolom atau baris di microsoft word

  1. sekarang kita akan menggabungkan baris, caranya blok kolom A1 sampai A2, kemudian klik layout dan pilih merge cells setelah itu klik align center pada aligment. perhatikan gambar dibawah ini.
    menggabungkan baris di word
  2. setelah itu lakukan hal yang sama pada tulisan data pembelian dan total, merge center berguna untuk menggabungkan kolom dengan kolom, baris dengan baris, atau baris dengan kolom.
  3. setelah anda ubah langkah selanjutnya menambahkan kolom atau baris. sebagai contoh kita akan menambahkan baris sihingga akan menambah kebawah. letakan kursor di dalam baris Baju setelah itu klik layout dan pilih insert bellow. perhatikan gammbar dibawah ini.
    tambah baris
  4. dan untuk menambahkan kolom sama saja langkahnya. insert above ( untuk menambah baris ke atas), insert bellow ( untuk menambah baris ke bawah), insert left (untuk menambahkan kolom ke kiri) dan insert right (untuk menambahkan kolom ke kanan). penambahan baris atau kolom dapat dilakukan di tengah tengah baris atau kolom juga.
  5. setelah itu untuk memberi warna pada judul atau kolom cara nya blok judul atau kolom yang ingin diberi warna dan klik Home dan klik shading, pilih warna yang anda inginkan. perhatikan gambar dibawah ini.
    warna judul
  6. untuk menghapus data di dalam tabel, blok tabel tekan tombol delete di keyboard, dan untuk menghapus kolom atau baris di dalam tabel, blok kolom kemudian tekan backspace pada keyboard. coba coba saja untuk mengembalikan apabila anda salah tekan ctrl + Z atau klik undo typing.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

 Baca Juga :