Cara Membuat Tabel Di Microsoft Excel Dengan Mudah [Pemula]

Posted on

www.kuncikomputer.com – bagi anda yang masih dalam tahap belajar menggunakan komputer pasti banayakterdapat kesulitan, salah satunya seperti membuat tabel di microsoft excel. untuk itu disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat tabel di microsoft excel dengan mudah dan menarik. didalam tabel terdapat kolom dan baris, untun yang dapat kita tambah dan dapat kita hapus. pada pembahasan saya nanti, akan membahas bagaimana cara membuat tabel dan bagai mana cara mengatur kolom dan baris dari tabel tersebut pada microsoft excel. oke mending kita langsung saja ke pembahasan tentang Cara Membuat Tabel Di Microsoft Excel Dengan Mudah [Pemula].

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Membuat Tabel Di Microsoft Excel Dengan Mudah [Pemula]



sebelum saya menuliskan langkah langkah membuat tabel, anda harus tahu dulu perbedaan baris dan kolom pada microsoft excel. baris yaitu kotak kotak kotak pada microsoft excel yang bersifat vertikal atau dari atas ke bawah, sedangkan kolom yaitu kotak kotak pada microsoft excel yang besifat horizontal atau dari kiri ke kanan. berikut ini adalah gambar perbedaanya.
BARIS DAN KOLOM

Langkah Langkah Membuat Tabel Di Microsoft Excel

  1. pertama buka terlebih dahulu microsoft excel anda, setelah itu blok kolom yang ingin anda buat tabel kemudian pada Home klik all boders. perhatikan gambar dibawah ini.
    membuat tabel
  2. tabel anda sudah jadi, kemuadian untuk membuat garis tabel menjadi tebal blok kembali tabel yang telah anda buat kemudian klik kanan di tengah tengah tabel yang di blok dan pilih format cells. dan akan tampil format cells, kemudian pilih border, terus pada style pilih garis yang tebal kemudian klik inside dan outline, kemudian ok (harus dipilih garis tebal dahulu pada style kemudian klik inside dan outline dan klik ok). perhatikan gambar dibawah ini.
    menebalkan garis tabel

mengatur lebar, menyisipkan dan menggabungkan dari kolom atau baris di tabel

  1. setelah tabel terbentuk seperti diatas, sekarang kita akan membuat lebar kolom supaya sama semua, blok kolom dari B sampai E (tehnik ngbloknya berbeda dengan yang pertama, klo ini letakan kursor pada kolo B hingga membentuk panah kecil kemudian tarik sampai kolom E sehingga ke blok semua smpai bawah), kemudian klik kanan dan pilih column width. perhatikan gambar dibawah ini.
    column width
  2. setelah itu isikan angka 20 pada column width lalu klik ok. dan untuk melebarkan garis tehniknya sama saja, akan tetapi di baris, cara ngebloknya letakan kursor di angkanya. ikuti contoh ini, letakan kursor di angka 2 kemudian tarik sampai angka 12 setelah itu klik kanan dan pilih Row Height dan ketikan angka 20 lalu ok. perhatikan gambar dibawah ini.
    row hight
  3. untuk menyisipkan baris , ikuti contoh klik kanan pada angka 5 (setelah kursor berubah menadi panah kecil) setelah itu klik insert, otomatis baris akan bertambah di sebelum baris yang di blok tadi. begitu pula dengan kolom, cara insert kolom sama saja akan tetapi klik kanannya di huruf. perhatikan contoh di barisnya.
    insert
  4. menggabungkan kolom, blok dua kolom atau tiga kolom atau lebih yang ingin digabungkan, kemudian klik merge & center. perhatikan gambar berikutini.
    merge & center
  5. merge & center bisa menggabungkan baris dengan baris, kolom dengan kolom dan baris dengan kolom.

 

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

 

Baca juga :