Cara Membuat Surat Masal Menggunakan Ms Word [100% Mudah]

Posted on

www.kuncikomputer.com – pada artikel saya kali ini saya akan membuat contoh tentang pembuatan surat masal menggunakan microsoft word 2007. saat kita akan membuat surat masal kita akan menggunakan toolbar yang tersedia di microsoft word yaitu Mailing. oke saya rasa cukup pengenalannya mending kita langsung saja ke paraktik tentang Cara Membuat Surat Masal Menggunakan Ms Word.

seperti biasa sebelum saya menulis lebih banyak lagi tentang artikel kali ini saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya, karena saya juga sama seperti anda tempatnya salah dan dosa :-).



Cara Membuat Surat Masal Menggunakan Ms Word

  1. petama yang harus anda lakukan yaitu  bukalah Microsoft word anda, disini saya memakai Ms word 2007.
  2. setelah itu buat lah surat pemberi tahuan seperti di bawah ini.
     
  3. setalah anda membuat surat pemberitahuan sekarang buatlah marge field nya seperti nama, alamat, nomor_telepon.
  4. klik mailings pada toolbar Ms Word setelah itu klik select recipient -> type new list. lihat gambar dibawah ini.
    mailings
  5. setelah itu akan tampil halaman lalu klik customize collum dan akan tampil halaman untuk membuat marge fieldnya. perhatikan gambar di bawah ini.
    surat-masal
  6. hapus semua marge field yang ada lalu bikin lah yang anda inginkan dengan cara klik add lalu buatlah, karena disini saya hanya memerlukan nama, alamat dan nomor_telepon maka buatlah tiga itu saja lalu klik ok.
  7. setelah  itu akan kembali kehalaman untuk mengisi data yang akan anda masukan. masukan nama lalu tab alamat tab begitu seterusnya. setelah anda memasukan datanya klik oke lalu simpan data tersebut, data akan tersimpan dalam bentuk ms acces. lihat gambar input data dibawah ini .
    data-mailing
  8. setelah itu kita akan membuat surat masalnya, setelah anda menyimpan data tadi anda akan kembali di halaman ms word surat anda. letakan kursor setelah saudara (i) dan hapus titik titiknya. lalu klik mailings -> insert marge field pilih lah field nama. hasilnya akan seperti  di bawah ini .
  9. setelah seperti itu langkah selanjutnya yaitu klik finish & marge  -> edit individual document. lihat gambar dibawah ini.
    finish-marge
  10. setelah itu akan tampil halaman baru klik saja all lalu ok maka Ms word akan membuka data baru yang isinya surat dari masing masing nama yang telah anda masukan. selesai

Cara Menambahkan data Di Marge Field

adapun cara untuk menambahkan data apabila ada data yang perlu ditambahkan anda dapat membuka file ms acces yang telah anda simpan tadi lalu masukan data di ms acces lalu simpan. klik finish & marge lagi pada file surat anda maka data akan bertambah sesuai yang anda inginkan.

 

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya.

 

Baca  Juga: