Cara Membuat Relasi Antar Tabel Dengan Mudah Untuk Pemula

Posted on

seperti biasa sesuai judul diatas yaitu Cara Membuat Relasi Antar Tabel Dengan Mudah Untuk Pemula berarti saya akan membuat relasi antar tabel untuk pembelajaran bagi pemula. disini saya akan memperaktikan langsung cara pembuatan relasi antar tabel. setelah saya membuat artikel cara pembuatan database beserta tabel yang ada didalamnya saya juga membuat artkel tentang perintah Mysql, sekarang saya akan membuat artikel tentang merelaskan antar tabel agar saling terkait. jangan lupa sering sering maen ke www.kuncikomputer.com

sebelum saya menulis lebih banyak lagi tentang bagaimana cara merelasikan tabel, saya sebagai penulis merasa sebagai mahluk yang hina jadi apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya saya meminta maaf sebesar besarnya hehe.

Pada tutorial kali ini saya membuat relasi antar tabel menggunakan tools atau aplikasi yang digunakan untuk pembuatan database mysql yaitu SQL yog enterprise. yang perlu diperhatikan dalam pembuatan relasi antar tabel yaitu pada saat penginstalan tools SQL yog enterprise INO DB harus terinstal.

Cara Membuat Relasi Antar Tabel

  1. buka SQL yog enterprise dengan memasukan host adress  : localhost, username : root, password : psw anda, atau dikosongin lalu klik connect.
  2. setelah masuk pada tulisan pojok kiri atas “root@localhost” klik kanan lalu create database untuk membuat database.
  3. setelah jadi klik database yang telah anda buat lalu klik folder tabel stelah itu copykan query dibawah ini untuk pembuatan tabelCREATE TABLE mk (
    kode int(10) NOT NULL DEFAULT ‘0’,
    nama varchar(50) DEFAULT NULL,
    dosen varchar(50) DEFAULT NULL,
    nohp char(12) DEFAULT NULL,
    PRIMARY KEY (kode)
    ) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1lihat gamabar dibawah ini letakan query seperti gambar lalu kllik icon excute.tabel
  4. selanjutnya buatlah tabel lain dengan cara yang sama berikut adalah query nyaCREATE TABLE mhswa (
    npm char(10) NOT NULL,
    nama varchar(50) NOT NULL,
    kode int(10) NOT NULL,
    PRIMARY KEY (npm),
    KEY FK_mhswa (kode),
    CONSTRAINT FK_mhswa FOREIGN KEY (kode) REFERENCES mk (kode) ON DELETE CASCADE ON UPDATE CASCADE
    ) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1 CHECKSUM=1 DELAY_KEY_WRITE=1 ROW_FORMAT=DYNAMIC
  5. selanjutnya untuk melihat apakah tabelnya berelasi tau tidak ikuti langkah berikut ini.

    Cara Melihat Relasi Antar Tabel

relasi
perhatikan gambar diatas, pada kolom query terdapat juga query builder dan scemadesigner. untuk mmbuat relasi pada scemadesigner samping kanan query. setelah diklik scemadesigner lalu double klik pada tabel mk dan mhsswa agar muncul di scemedesigner. maka akan terlihat relasinya, setelah direlasi anda dapat memanggil data pada tabel mk dengan forign key kode pada tabel mhsswa. adapun cara memanggil fieldnya anda dapat membuatnya di querybuilder setelah anda buat tabel sama tentukan fieldnya anda dapat mengambil query inner joinnya. lihat gambar dibawah ini.

 innerjoint

pada gambar diatas pada querybuilder tampilkan dahulu tablenya dengan double klik pada tabel mk dan mhsswa. setelah itu tentukan tabel dan pilih filed yang akan diambil. setealh anda tentukan inner join akan muncul apada kolom dibawahnya. pada tabel mk terdapat nama sebenarnya itu nama matakuliah hehe:-).

sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat bagi pembacanya, sekali lagi saya minta maaf apabila banyak kesalahan dalam penulisan saya. semoga anda tidak bosan untuk berkunjung di blog ini.

BACA JUGA :