Cara Membuat Power Point Untuk Pesentasi Yang Menarik

Posted on

www.kuncikomputer.com – pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat slide presentation yang menarik menggunakan microssoft power point. microsoft power point memiliki fungsi untuk membuat presentasi berbeda dengan microsoft word dan microsoft excel. pada slide presentasi di power point anda dapat menginputkan gambar, memberi animasi pada tulisan atau animasi pada gambar serta anda dapat membuat link ke file atau halaman yang dinginkan atau disebut hyperlink di power point. untuk anda yang ingin membuat slide presentasi yang menarik ikuti tutorial yang akan saya berikan kali ini. oke mending kita langsung saj ke artikel saya tentang Cara Membuat Power Point Untuk Pesentasi Yang Menarik.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya akan meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Membuat Power Point Untuk Pesentasi Yang Menarik



 

  1. pertama yang harus anda lakukan yaitu bukalah microsoft power point anda, dan tardapat lembar kosong putih atau slide. untuk memberi baground pada slide klik design dan tentukan baground yang anda inginkan, pada panah kecil pojok kanan di baground digunakan untuk menampilkan semua slide atau anda dapat menggunakan slide yang anda simpan dengan cara klik tulisan brose for themes di dalam panah kecil tadi. perhatikan gambar dibawah ini.
    baground power point
  2. setelah itu kita akan membuat slide kedua, dengan cara klik kanan di slide pertama yang telah anda buat, kemudian pilih new slide perhatikan gambar dibawah ini.
    slide power point kedua
  3. cara cepat menambah slide power point anda juga dapat menggunakan tombol enter di keryboard.
  4. selanjutnya untuk memberi baground yang berbeda pada slide kedua, cara nya dengan cara klik slide kedua kemudian klik design dan pilih baground yang anda inginkan dan klik kanan -> apply to selected slide. perhatikan gambar dibawah ini
    baground power point kedua
  5. setelah itu kita akan membuat tulisan Judul Pada halaman Pertama, Tulislah judul yang anda inginkan dan letakan di tenngah seperti contoh, dan apabila anda ingin menambah tulisan klik insert dan pilih text box. perhatikan gambar gi bawah ini.
    judul power point
  6. setelah itu kita akan menginputkan gambar di slide pertama dengan cara klik insert dan pilih picture dan cari gambar yang ingin anda masukan dan klik insert. perhatikan gambar dibawah ini.
    picture power point
  7. untuk mengedit bentuk gambar klik gambar kecilkan gambar dan klik format kemudian pilih bentuk yang diinginkan. perhatikan gambar dibawah ini.
    edit picture power point
  8. setelah itu kita akan mengubah baground judul pada tulisan Target Penjualan, caranya klik tulisan target penjualan kemudian klik kanan dan pilih format shape. pada format shape pilih fill -> gradient fill dan tentukan warna color, serta anda dapat memilih kombinasi warnanya di preset colors dan direction. perhatikan gambar di bawah ini.
    baground judul power point

Hyperlink Power Point Dan Animasi Power Point

  1. buatlah design tulisan dan gambar pada slide kedua seperti langkah yang telah saya jelaskan di atas.
  2. setelah itu buatlah simbol bulet untuk tombol hyperlink di slide kedua dengan cara klik insert -> shapes dan pilih bulet, lalu tarik di slide kedua. untuk memberi tulisan di simbol klik kanan -> add text perhatikan gambar dibawah ini.
    tombol hyperlink
  3. untuk mengganti warna simbol bulet klik simbol lalu pilih format dan pilih shape fill kemudian pilih warnanya.
  4. untuk memberi hyperlink atau link menuju ke slide sebelumnya atau gambar anda tinggal klik simbol trus klik insert dan pilih hyperlink kemudian pada halaman insert hyperlink terdapat existing file or web page ( digunakan untuk link ke data yang kita simpan atau halaman web), place in this document ( digunakan untuk link ke documen di power point), create a new documet (membuat document baru), email address ( alamat email). karena kita akan link ke slide power point halaman pertama makan pilih place in this document dan pilih nomor satu pada slide titles. perhatikan gambar dibawah ini.
    hyperlink power point
  5. setelah itu untuk membuat animasi di slide klik animation dan pilih animasinya per slide. dan agar tulisan atau gambarnya bergerak saat di jalankan power pointnya, klik kotak tulisan atau gambar lalu pilih animation -> custom animation -> add effect -> entrance -> blinds. perhatikan gambar dibawah ini.
    animasi power point
  6. untuk halaman pertama sama saja, pilih animasi slide pertama, setelah itu pilih animasi tulisan dan gambar, perhatikan gambar dibawah ini.
    animasi power point 1
  7. kemudian jalankan dengan cara klik slide show di power power point. perhatikan gambar berikut ini.
    slide show
  8. setelah itu anda juga dapat menggunakan tombol bulet untuk menuju ke halaman pertama dan menggunakan arah atas bawah untuk menjalankan slide atau animasi. untuk selanjutnya anda dapat kembangkan sendiri. terimaksih
  9. selesai..

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :