Cara Membuat Label Undangan Dan Mengatasi Kesalahan Alamatnya

Posted on

www.kuncikomputer.com Рpembuatan label undangan biasanya digunakan untuk orang orang yang akan mengadakan acara seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun dan lain sebagainya. meskipun beberapa dari orang membuat undangan di tempat percetakan tapi saya yakin pati ada beberapa juga yang ingin belajar untuk membuat sendiri. pembuatan label sebenarnya mudah akan tetapi banyak orng yang belmu tahu karena kegunaan label sangat jarang digunakan, maksdnya tidak dibuat sehari hari tidak seprti kita mengetik laporan dan lain sebagainya. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Cara Membuat Label Undangan Dan Mengatasi Kesalahan Alamatnya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.

 



Cara Membuat Label Undangan Dan Mengatasi Kesalahan Alamatnya



  1. pertama yang harus anda lakukan yaitu buatlah data daftar nama yang akan diundang di microsoft excel, kemudian simpan. yang perlu diperhatikan ganti sheet dengan nama yang mudah diingat dan simpan daftar nama dengan nama yang mudah diingat. perhatikan data excel dibawah ini dan cara mengganti nama sheet nya.
    daftar nama undanganketerangan :
    ganti nama sheet dan pastikan header nama dan alamat berada diatas pojok kanan atau jangan ada baris diatasnya. ingat nama file dan nama sheet dari data anda.
  2. kemudian close microsoft excel dan bukalah microsoft word, kemudian klik mailing -> labels -> options ->new label -> atur ukuran label. perhatikan gambar berikut ini.
    masuk ke label
  3. kemudian atur label seperti pengaturan dibawah ini. perhatikan gambar dibawah ini.
    atur label
  4. setelah anda atur label sesuai diatas, selanjutnya klik ok dan klik ok lagi pada label option kemudian klik new document pada halaman envelopes and labels dan akan tampil seperti dibawah ini.
    lembar kerja labels
  5. setelah anda masuk ke halaman kerja untuk buat label seperti diatas. sekarang kita akan memanggil data excel kita, cara nya klik mailing -> select recipients -> use exixting list -> cari data excel anda -> open. peratikan gambar dibawah ini.
    memenggil data daftar undangan
  6. setelah klik open akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian pilih sheet yang anda ganti namanya tadi dan klik ok. perhatikan gambar dibawah ini.
    sheet
  7. setelah anda klik ok, anda akan masuk ke halaman lembar kerja label lagi, sekarang letakan kursor pada label pertama lalu klik insert marge field -> klik nama, enter tulis “di” dan masukan alamat. perhatikan gambar dibawah ini.
    insert merge field
  8. setelah anda masukan nama dan alamat, label selanjutnya berbeda sedikit, yaitu dengan cara klik rules -> next record -> insert merge field -> nama. lalu tulis “di” dan insert alamat langsung tanpa next record. perhatikan gambar dibawah ini.
    next record
  9. setelah itu copy saja pada label kedua sampai dan pastekan pada label label selanjutnya, hingga penuh semua. setelah itu klik preview result dan akan tampil daftar nama dan alamat yang anda undang. perhatikan gambar dibawah ini.
    preview result
  10. setelah muncul, dan anda akan finish caranya klik finish & merge -> edit individual document -> pilih all dan ok. selesai.

Permasalahan Label Undangan

biasanya permasalahan pada pembuatan label undangan yaitu nama sama alamat yang tidak sesuai, itu dikarenakan kesalahan pada saat insert field dan memasukan next record yang tidak pas. kalau diperhatikan diatas terdapat pada tahap nomor 8 coba anda perhatikan label pertama dan kedua dan selanjutnya, yang berbeda pada labels pertama. apabila sama semua maka tidak akan benar alamatnya.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :