Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel Dengan Cepat dan Mudah

Posted on

www.kuncikomputer.com Рada beberapa jenis bentuk grafik yang tersedia di microsoft excel seperti line, pie, bar, column dan lain sebagainya. pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan bagimana cara membuat grafik di microsoft excel berdasarkan data yang telah kita punya. biasanya data data yang sering di jadikan grafik yaitu data penjualan atau data pembelian. untuk itu sebulum kita praktek, lebih baiknya anda membuat data berbentuk tabel terlebih dahulu untuk dijadikan grafik. apabila anda tidak punya anda ketik lagi saja data yang saya gunakan untuk praktik kali ini. oke mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel Dengan Cepat dan Mudah.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Membuat Grafik Di Microsoft Excel Dengan Cepat dan Mudah



 

  1. pertama siapkan data yang akan di buat menjadi grafik, jika tidak mempunyai data ikuti contoh seperti digambar, setelah itu blok data dari A3 sampai dengan D5. perhatikan gambar dibawah ini.
    data grafik
  2. setelah dibuat datanya dan di blok, kemudian klik insert dan pilih column kemudian pilih 3-D column sebagai contoh. perhatikan gambar dibawah ini.
    pilih grafik
  3. setelah itu data anda sudah menjadi garfik, sekarang tinggal mengedit grafiknya. agar nama barang pindah dibawah grafik dan angka diganti menjadi merk barang dan pindah di samping, ikuti langkah selanjutnya di mengedit grafik.

Mengedit grafik di microsoft excel

  1. setelah itu untuk mengganti tulisan angka 1, 2, 3 menjadi tulisan adidas, rebook, nike, klik area angka 1, 2, 3 di bawah grafik kemudian klik disign dan klik select data. perhatikan gambar dibawan ini.
    edit merk
  2. setelah anda masuk ke halaman select data source klik edit di horizontal sebelah kanan. perhatikan gambar di bawah ini.
    select data
  3. setelah itu anda akan masuk ke halaman Axis labels untuk memilih data , kemudian blok lah data dari B2 sampai D2 yang berisi merk barang dan klik ok. perhatikan gambar dibawah ini.
    axis labels
  4. setelah anda klik ok, anda akan masuk ke halaman select data source lagi, kemudian klik ok. otomatis angka tadi sudah ganti menjadi merk barang.
  5. selanjutnya untuk memindah kan merk barang menjadi kesamping dan nama barang dibawah grafik. caranya klik grafik kemudian pilih disign dan klik switch Row/column. perhatikan gambar dibawah ini.
    edit grafik
  6. setelah itu untuk memberi judul di grafik, klik grafik kemudian klik layout dan klik shart title kemudian pilih above chart. perhatikan gambar dibawah ini.
    judul grafik
  7. kemudian beri judul grafik dengan judul Grafik pembelian pada chart title, sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.
    hasil grafik

 

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :