Cara Membuat Database Dengan MySQL Paling Mudah

Posted on

belajar-php-dan-mysql

Cara Membuat Database Dengan MySQL Paling Mudah – disini saya akan menuliskan tutorial bagaimana cara membuat data base mysql. saya membuat database menggunakan Xampp . MySQL adalah merupakan software RDBMS (atau server database) yang dapat mengolah database dengan sangat cepat, dapat menampung data dalam jumlah yang sangat besar, data diakses oleh banyak user (multi user) dan dapat melakukan proses secara sinkron atau berbarengan. jadi dapat disimpulkan bahwa database adalah alat yang digunakan dalam penyimpanan data, pengolahan data dan memanagenment data. dengan adanya database anda dapat menyimpan data sangat banyak dan mempermudah anda dalam menggunakan data tersebut. biasanya database di koneksikan dengan program atau sistem hehe :-). jangan lupa kunjungi selalu www.kuncikomputer.com

sebelum saya menjelaskan bagimana cara membuat database dengan mysql paling mudah, ada baiknya saya meminta maaf terlebih dahulu apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya, karena saya hanya manusia biasa dan tidak sempurna karena sempurna hanya miliknya rokok :-). sebelumnya yang harus dilakukan anda yaitu menginstal terlebih dahulu Xampp sebagi tool untuk membuat database MySQL. setelah itu ikuti langkah pembuatan database di bawah ini.

Cara Membuat Database Dengan MySQL Phpmyadmin

  1. buatlah database  dengan nama belajar, berikut adalah cara pembuatannya.
  2. buka Xamp terlebih dahulu lalu star Apache dan Mysql, perhatikan gambar berikut yang berada dibawah

star-xamp

3. setelah itu coba buka “localhost/phpmyadmin” pada browser (google chrome, mozila firefox atau yang lainnya) agan semua.

 

4. lalu cari dan klik new pada pojok kiri atas untuk membuat database baru, ketik nama database “belajar” setelah itu lalu klik create, perhatikan gambar dibawah ini.

.new-database

5. setelah itu kita akan membuat tabel dengan cara klik nama database “belajar” untuk membuat tabel, lalu isikan nama tabel dan tentukan jumlah kolom tabel yang akan dibuat setelah itu klik go. seperti gambar dibawah ini

new-tabel

6. setelah itu buat isi tabel sesuaikan dengan contoh yang berada pada gambar dibawah ini.

isi-tabel

7. setelah itu klik save pada pojok kanan bawah untuk menyimpan tabel yang telah dibuat. pembuatan database dan tabel telah selesai.

 

Catatan Pembuatan Database MySQL

tutorial diatas sudah mencakup pembuatan tabel yang berada didalam database. apabila anda ingin membuat tabel tambahan anda dapat melakukan nya sama seperti pembuatan tabel diatas. di phpmyadmin anda dapat membuat database atau import database dan masih banyak yang lainnya. setelah anda mebuat database diatas sekarang anda harus belajar menggunakan database tersebut. untuk belajar menggunakan database atau mengkoneksikan database dengan PHP dapat anda baca disini.

sekian tutorial yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi pembaca. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabil terdapat kesalahan dalam penulisan saya, karena saya hanya manusia biasa hehe

BACA JUGA :