Cara Membuat Daftar Isi Otomatis, Cepat Dan Rapi Serta Cara Membuat Daftar Isi Manual Di Mc. Word

Posted on

www.kuncikomputer.com – daftar isi merupakan lembaran yang wajib ada didalam sebuah laporan skripsi, kantor, tugas kuliah dan lainnya. dengan daftar isi akan memudahkan pembacanya untuk menemukan halaman yang dicari. didalam microsoft word terdapat fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis tanpa harus melihat satu persatu halaman setiap babnya. setalah saya menulisakan tutorial belajar microsoft word mencari kata dan yang lainnya, kali ini saya akan memberikan tutorial untuk membuat daftar isi secara otomatis dengan cepat dan rapih serta cara membuat daftar isi secara manualnya. keduanya memiliki tujuan yang sama akan tetapi cara pembuatannya berbeda. untuk yang cara membuat daftar isi otomatis anda dapat mensetting file terlebih dahulu kemudian tinggal satu kali klik langsung terbentuk daftar isinya, anda tinggal rapihkan sedikit. apabila anda melakukan cara membuat daftar isi secara menual anda harus melihat satu persatu halamannya, akan tetapi saya akan memberikan cara agar mudah melihat satu persatu halamannya. oke untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel saya tentang Cara Membuat Daftar Isi Otomatis, Cepat Dan Rapi Serta Cara Membuat Daftar Isi Manual Di Mc. Word.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Cara Membuat Daftar Isi Otomatis, Cepat Dan Rapi Serta Cara Membuat Daftar Isi Manual Di Mc. Word, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Membuat Daftar Isi Otomatis, Cepat Dan Rapi Serta Cara Membuat Daftar Isi Manual Di Mc. Word



Daftar Isi Otomatis

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

1. pertama siapkan file yang akan dibuatkan daftar isinya.
2. selanjutnya untuk cara membuat daftar isi otomatis, setting terlebih dahulu bagian judul besarnya, seperti BAB I, BAB II, BAB III, menjadi headling 1. perhatikan gambar dibawah ini.

untuk mengeblok judul besarnya anda dapat menekan CTRL sambil di blok judulnya kemudian klik headling 1. atau dapat anda lakukan satu persatu contohnya blok BAB I PENDAHULUAN terus klik headling 1, dan seterusnya apabila tidak bisa secara langsung.

3. langkah selanjutnya untuk cara membuat daftar isi otomatis, setting sub-sub terkecil dibawah judul besar atau dibawah BAB, seperti latar belakang, identifikasi masalah, pengertian xyz, pengertian ABC, Latar Belakang Perusahaan, Struktur organisasi atur menjadi hedling 2. perhatikan gambar dibawah ini.

caranya sama dengan langkah ketiga, akan tetapi ini klik headling 2.

4. selanjutnya utuk menambahkan point terkecilnya lagi seperti profil, visi dan misi dapat anda blok dan jadikan headling 3. perhatikan gambar dibawah ini.

langkah yang dilakukan juga sama dengan yang sebelumnya, pada point 2 dan point 3.

5. setelah di atur seperti diatas, sekarang yang harus anda lakukan yaitu membuat daftar isinya. cara membuat daftar isi otomatis, caranya letakan kursor pada halaman pertama, dan klik references -> table of contents -> automatic table 2. perhatikan gambar dibawah ini.

6. Daftar Isi yang anda inginkan sudah jadi, sekarang tinggal ganti Table Of Contents Menjadi Daftar Isi. dan hasilnya akan seperti gambar diatas (Hasil Daftar Isi Otomatis).

7. selamat anda telah selesai mengikuti cara membuat daftar isi otomatis dan telah selesai.

Cara Membuat Daftar Isi Manual

1. untuk cara membuat daftar isi manual, yang harus anda lakukan pertama kali yaitu membuka file yang akan dibuat daftar isi (file data), dan membuka lembar kerja microsoft word baru (untuk daftar isi sementara) jadi terdapat dua file microsoft word.

2. pada file data pastikan sisipkan satu lembar awal untuk letak daftar isi dan agar halaman daftar isi sesuai. sedangkan lembar kerja microsoft word kosong digunakan untuk membuat daftar isi nya, yang nantinya akan di pindahkan di halaman daftar isi yang telah disediakan di file data.

3. muncul pertanyaan mengapa untuk cara membuat daftar isi manual harus terpisah file nya?? disini bertujuan untuk memudahkan dalam mencari halamannya, apabila file data terdapat halaman yang terlalu banyak maka akan memperlambat pencarian.

4. untuk mempercepat pencarian halaman, anda dapat menggunakan tombol ALT + TAB (pindah halaman dari file data ke daftar isi sementara) dengan demikian anda tidak susah payah menscrool kebawah dan naik lagi ke halaman atas untuk menulis halamannya.

5. MULAI CARA MEMBUAT DAFTAR ISI MANUAL, Buka Lembar microsoft word baru (tempat daftar isi sementara), dan Tuliskan Daftar Isi dan letakan di tengan (CTRL + E).

6. kemudian tekan ALT + TAB maka akan pindah ke halaman file data dan copy BAB I PENDAHULUAN, tekan ALT + TAB untuk kembali ke lembar daftar isi sementara dan paste kan yang telah di copy, lakukan sampai BAB-BAB nya Selesai serta SUB BAB nya juga. sampai seperti gambar dibawah ini untuk tahap awal cara membuat daftar isi manual.
l
point enam apabila tidak dapat melakukan, dapat anda ketik satu persatu. akan tetapi untuk melihat halaman anda akan menggunakan ALT + TAB, agar lebih mudah.

7. setelah itu untuk cara membuat daftar isi manual blok isi daftar isi, kemudian klik pada angka 16 di ruller dua kali, sampai keluar settingannya. perhatikan gambar dibawah ini.

keterangan : untuk setting halaman tabs, isikan 16 cm pada tab stop position, ceklis left, ceklis titik-titik nomor 2, klik set dan klik ok.
NB: apabila halaman Tabs tidak keluar-keluar, dan yang keluar page setup, close page setup dan coba terus double klik pada angka 16 di ruller atau double klik dibawahnya angka 16 pada ruller (coba terus sampai keluar).

8. setelah point 7 kelar, sekarang untuk cara membuat daftar isi manual letakan kursor pada akhir tulisan BAB I PENDAHULUAN kemudian klik TAB, lakukan semuanya. perhatikan caranya di gambar dibawah ini dan maka akan seperti gambar dibawah ini.

9. sekarang tinggal lihat nomor halamannya, kita menggunakan fungsi ALT + TAB, lihat halaman BAB I PENDAHULUAN, tekan ALT + TAB lagi ketikan halamannya di daftar isinya. lakukan sampai selesai.

10. setelah selesai, copy daftar isi dan letakan di space daftar isi pada file data. perhatikan gambar dibawah ini akan tampil hasil dari cara membuat daftar isi manual.

Catatan : Cara yang saya lakukan untuk cara membuat daftar isi manual diatas, saya pakai saat saya membuat daftar isi untuk skripsi yang terdapat banyak halaman. dengan menggunakan ALT + TAB saya tidak harus kebawah untuk melihat nomor halaman dan keatas di halaman file data saat menuliskan nomor halaman, hal ini akan memperlambat pencarian halaman. akan tetapi apabila kita menggunakan dua file yang berbeda untuk meletakan daftar isi sementara dan satunya file data, kita tidak terlalu capek dan lebih cepat karena kita tinggal scrol kebawahnya lagi dan lagi, tanpa harus scrol ke atas.

sekian artikel yang dapat saya berikan kali ini tentang Cara Membuat Daftar Isi Otomatis, Cepat Dan Rapi Serta Cara Membuat Daftar Isi Manual Di Mc. Word semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :