Cara Instal Mysql Dengan Cepat Dan Mudah

Posted on

www.kuncikomputer.com – pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel bagimana cara instalasi mysql sebagai database. setelah saya membuat banyak artikel tentang mysql, sekarang saya mencoba untuk membuat artikel tentang Cara Instal Mysql Dengan Cepat Dan Mudah. adapun tools yang dapat digunakan untuk pembuatan database mysql diantaranya taitu, sqlyog enterprise, xampp, navicat premium, dan sebagainya. disini saya akan membuat instalasi database menggunakan xampp, alasannya karena xampp sudah mencakup sebagai web server. beda halnya dengan sqlyog enterprise, tools ini memerlukan web server.

seperti biasanya, sebelum saya menulis banyak tentang artikel ini saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya, karena saya sama dengan anda sama sama manusia :-).



Cara Instal Mysql Dengan Cepat Dan Mudah

  1. pertama yang harus disiapkan yaitu download terlebih dahulu xampp, untuk diinstal.
  2. disini saya menggunakan xampp-win32-5.6.3-0-VC11-installer. instal aplikasi tersebut lalu next pada halaman instal awal.
  3. pada halaman kedua perhatikan mysql dan apache, pastikan kedua tersebut di ceklis. perhatikan gambar dibawah ini. ceklis semuanya saja, biasanya sudah terceklis langsung.xampp-instal
  4. setelah semua di ceklis, lalu klik next untuk melanjutkan instalasi.
  5. setelah itu anda akan masuk ke halaman selanjutnya yang berfungsi untuk meletakan lokasi aplikasi yang diinstal.
  6. apabila anda sudah meletakan di local c, lalu klik next  maka proses instalasi akan berjalan. tunggu proses instalasi sampai selesai.
  7. setelah instalasi selesai buka xampp, lalu klik start pada mysql dan apache. perhatikan gambar dibawah ini.
    star-xamp
  8. setelah di start, anda dapat membuat database mysql di komputer anda dengan cara buka web browser anda lalu ketikan localhost/phpmyadmin. baca artikel saya tentang membuat database.

    Catatan Membuat database menggunakan Xampp

    setelah anda instal xampp, sewaktu anda akan membuat database pastikan xampp berjalan, start mysql dan apachenya. apabila xampp tidak aktif maka phpmyadmin anda tidak bisa digunakan.

sekian tutorial yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya, karena saya sama saja dengan anda :-).

 

BACA JUGA :