Cara Insert Setiap Transaksi Di excel Dengan Cepat Tanpa Merubah Transaksinya

Posted on

www.kuncikomputer.com – sebenarnya saya bingung mau bikin judulnya hehe, yang pada dasarnya saya ingin membagi ilmu saya tentang bagaimana cara menyisipkan baris kosong pada setiap transaksi di excel dengan cepat dan tanpa harus merubah transaksinnya. sebenarnya kita bisa  saja insert  secara manual satu persatu setiap transaksinya, akan tetapi apabila transaksinya ribuan apa tidak muntah ente gan 🙂 . saya juga dulu begitu satu persatu, tapi itu duluuuu sekarang mah sudah punya cara cepatnya. pasti anda ingin tahu cara insert baris dengan cepat di excel. sebenarnya ini hanya permainan logika aja gan dan memanfaatkan fitur short and filter. untuk lebih jelasnya ikuti langkah yang akan saya bagikan dibawah ini. jangan dipikir pakek logika gan, mendingan langsung di praktekin aja langsung.

Cara Insert Setiap Transaksi Di excel Dengan Cepat Tanpa Merubah Transaksinya

cara yang akan saya bagikan ini cocok digunakan untuk transaksi yang banyak dan semua transaksinya akan di inset kolom kosong dibawahnya. sebelum anda praktek, silahkan siapkan data yang akan anda insert. apabila anda tidak mempunyai data, silahkan tulis ulang data contoh yang akan saya gunakan pada gambar dibawah ini.

Langkah-Langkah Cara Insert Baris Di Excel Dengan Cepat

  1. pertama buka file yang akan anda insert, sebagai contoh saya akan menggunakan data sedikit saja, dan anda dapat menulis ulang data yang akan saya gunakan pada gambar apabila anda tidak memiliki datanya.
  2. anda tulis data CONTOH AWAL saja karena data diatas sebagai contoh saja. setelah pertama anda tulis data nya tambah kan satu kolom di samping jumlah keterangannya Pembantu dan isi angka 1 sampai 5 dua kali (copy saja bawahnya) angka mengikuti jumlah file transaksi. setelah itu kedua, klik keterangan tanggal agar kolom fokus ke kolom tanggal danketiga dan empat klik short & filter -> custom short . seperti gambar dibawah ini
  3. setelah anda klik custom short, maka akan ada jendela short pilih short by “pembantu” kemudian ok. perhatikan gambar dibawah ini.
  4. setelah itu semua transaksi akan ter insert semua. perhatikan hasilnya dibawah ini,
  5. dan anda dapat menghapus kolom pembantu yang isinya angka.

pada dasarnya langkah diatas yaitu meng short angka yang ada akan tetapi kita hanya memerlukan insert cepatnya, itu yang saya bicarakan menggunakan logika. yang harus diperhatikan pada cara diatas angka harus sama dengan jumlah transaksinya kemudian copy dibawahnya agar dua kali.

mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kali ini tentang cara insert baris dengan cepat di microsoft excel semoga membantu anda. bagi anda yang memiliki permasalahan lain yang masih berkaitan dengan komputer silahkan cari di website kami untuk solusinya di kuncikomputer.com .

Baca Juga: