Cara Cepat Mencari Data Dan Menghapus Data Yang Sama Di Ms. Excel

Posted on

www.kuncikomputer.com – microsoft excel merupakan program aplikasi yang sering digunakan untuk mengolah data yang berbentuk tabel atau mengolah angka. salah satu data tabel yang biasanya diolah diexcel seperti nama penduduk, nama siswa, atau yang lainnya. biasanya apabila mendata nama seseorang data yang diinput harus satu saja dan permasalahan yang sering dialami yaitu terdapat satu orang yang diinput lebih dari satu atau ganda. data yang ganda atau dalam bahasa  programernya redudansi merupakan data yang sama yang dapat mengakibatkan pemborosan atau hanya memerlukan satu data saja. nah apabila anda mengalami permasalahan data ganda dan ingin menghapusnya dengan cepat di microsoft excel, saya akan mencoba untuk membantu. untuk caranya silahkan anda baca artikel saya tentang cara cepat Mencari Data Dan Menghapus Data Yang Sama Di Ms. Excel. dengan demikian anda akan mengetahui bagaimna cara mencari data yang sama dan menghapusnya dengan cepet, karena kita hanya membutuhkan satu data saja.

sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang materi ini, saya sebagai penulis meminta maaf jikalau terdapat kesalahan dalam pembahasan saya nantinya.

Cara Cepat Mencari Data Dan Menghapus Data Yang Sama Di Ms. Excel

Sebenarnya Permasalahan yang anda alami dapat dilakukan secara manual atau satu persatu. akan tetapi cara manual dilakukan apabila data anda sedikit, apabila datanya banyak tentunya akan memakan waktu yang lebih lama. untuk itu anda dapat menggunakan cara yang akan saya bagikan agar lebih cepat dan lebih menghemat waktu anda. berikut ini adalah langkah-langkahnya yang akan saya bagi dua cara. pertama cara mencari data yang sama cara kedua cara menghapus data yang sama, semoga bermanfaat dan membantu anda.

Langkah-Langkah cara Mencari Data Yang Sama Di Ms. Excel

  1.  pertama bukalah file excel anda yang berisi data data yang terdapat data yang sama.
  2. selanjutnnya blok kolong yang berisi data yang kosong kemudian klik HOME -> conditional formatting -> highlight cells rules -> duplicate values -> anda akan masuk ke halaman duplicate values, kemudian ok.  perhatikan gambar dibawah ini agar lebih jelasnya.
  3. setelah anda klik ok maka data yang sama akan berwarna . setelah itu anda dapat menghapus dengan cepatnya dengan cara dibawah ini.

Langkah-Langkah cara Menghapus Data Yang Sama Di Ms. Excel

  1. setelah anda temukan data yang sama sekarang kita akan menghapus data yang sama tersebut.
  2. pastikan data masih di blok dan klik Data -> Remove Duplicates -> ceklis nama dan alamat -> Ok. perhatikan gambar dibawah ini agar lebih mudah dipahami.
  3. setelah anda klik ok maka, data yang sama akan terhapus dan akan tersisa satu data saja.

sekian artikel tentang Cara Cepat Mencari Data Dan Menghapus Data Yang Sama Di Ms. Excel yang dapat saya bagikan kali ini semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mengerjakan pekerjaan. untuk cara tentang komputer yang lainnya silahkan anda cari di kuncikomputer.com .

Baca Juga: