Cara Cek Ping Internet untuk PC dan Laptop Tanpa Software

Posted on

www.kuncikomputer.com – Untuk pengguna internet, kelancaran internet lebih penting dibandingkan besarnya kecepatan internet. Percuma jika kecepatan internet tinggi namun kestabilannya tidak. Karena itu berarti ada kalanya koneksi akan terputus dan pengguna tidak akan puas menggunakan internet. Maka, Anda harus mengecek dan menstabilkan internet dengan berbagai cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah menggunakan Ping. Ping ini bisa menstabilkan internet Anda sehingga koneksi tidak akan terputus selama Anda masih menyambungkannya dengan koneksi internet. Untuk mendapatkan kestabilan internet untuk PC atau laptop Anda, maka yang harus dilakukan adalah mengikuti langkah-langkah dari cara cek Ping internet di bawah ini.

Cara Cek Ping Internet untuk PC dan Laptop Tanpa Software

Cara Ping Internet Menggunakan CMD

CMD atau command prompt adalah salah satu cara cek ping internet yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Caranya adalah mencarinya di Windows start dengan mengetik CMD. Kemudian Anda klik CMD tersebut. Jika sudah muncul halaman CMD, maka langsung ketik ping alamat website –t (contoh ping www.kuncikomputer.com –t) yang ingin Anda cek koneksinya. Cara lainnya adalah dengan mengetikkan (ping 8.8.8.8 –t –l 1). Setelahnya tab enter dan lihat hasil dari diagnosa Ping terhadap koneksi website tersebut. jika angka yang tertera semakin besar maka koneksi internet semakin kecil kecepatannya. Jika angka yang tertera semakin kecil, maka koneksi internet semakin tinggi. Jika ada tulisan ‘Request time out’, Anda sudah tahu apa artinya. Artinya koneksi internet terputus-putus dan tidak stabil.

Cara Cek Ping Internet Menggunakan RUN

RUN adalah cara lain untuk mendeteksi Ping internet. Caranya sama, yaitu dengan membuka RUN. Run ini bisa dibuka dengan dua cara. Mencarinya di Start Windows atau menekan tombol Windows di keyboard bersamaan dengan tombol R. Setelah kotak dialog terbuka, dan ketikan ping www.kuncikomputer.com –t atau ping 8.8.8.8. –t –l 1 maka barulah Anda bisa melihat kestabilan koneksi internet dari provider yang Anda gunakan. Selanjutnya sama, Anda hanya harus mengetik alamat website lainnya atau mengetik 8.8.8.8. setelah ping. Setelah ping dan nama website kemudian silahkan menekan tombol Enter. Selanjutnya, pengaritan diagnosis akan sama dengan CMD.

Untuk menstabilkan koneksi Anda bisa memutus koneksi terlebih dahulu. Setelah beberapa saat dibiarkan, cobalah sambungkan koneksi tersebut sekali lagi untuk melihat apakah koneksi sudah direset dan sudah stabil. Setelahnya lakukan cara cek Ping internet sekali lagi.

Baca Juga: