Cara Cek Bad Sector Hardisk, Penyebab Bad Sector Dan Cara Memperbaikinya [100% Mudah]

Posted on

www.kuncikomputer.com – Kini, banyak profesi yang menggunakan hardisk sebagai media untuk melancarkan pekerjaannya. Namun, apabila hardisk yang digunakan tersebut mengalami masalah seperti bad sector, pekerjaan yang harus segera diselesaikan menjadi terkendala. Sebagai bantuan atas masalah tersebut, Anda bisa menyimak informasi tentang cara cek bad sector hardisk, penyebab bad sector dan cara memperbaikinya pada uraian berikut ini.

 sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang Cara Cek Bad Sector Hardisk, Penyebab Bad Sector Dan Cara Memperbaikinya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Cara Cek Bad Sector Hardisk, Penyebab Bad Sector Dan Cara Memperbaikinya



Penyebab dan Cara Cek Bad Sector Hardisk

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara cek bad sector hardisk, penyebab bad sector dan cara memperbaikinya, masih ada beberapa kalangan yang belum tahu pasti apa itu bad sector. Bad sector merupakan masalah pada satu atau beberapa sektor yang ada di hardisk. Jika hardisk terkena masalah ini, data yang ada di dalamnya tidak akan bisa dibaca atau dimodifikasi. Ada dua jenis bad sector yang biasa dialami, yaitu secara fisik dan non fisik. Kerusakan fisik terjadi pada hardware dan cenderung sulit diperbaiki. Sementara itu, untuk kerusakan pada software mungkin masih bisa Anda perbaiki.

Apa saja penyebab dari bad sector? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya masalah bad sector. Kerusakan software biasanya disebabkan oleh perangkat lunak dan perbaikannya bisa dilakukan dengan software. Sementara itu, masalah pada hardware bisa disebabkan oleh benturan, kelistrikan, dan sebagainya sehingga menyebabkan hardisk tidak terdeteksi, tidak dikenali, dan sebagainya. Jika terjadi masalah seperti ini, upaya perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan bantuan teknisi perangkat komputer.

Apabila Anda ingin melakukan pengecekan sendiri apakah bad sector melanda hardisk yang dimiliki, ada beberapa perangkat yang bisa digunakan. Contoh dari perangkat yang bisa digunakan untuk mengecek bad sector adalah Crystal disk info dan Hard disk Sentinel. Apabila benar terjadi kerusakan, Anda bisa melakukan upaya perbaikan yang informasinya akan disampaikan berikut ini.

 

Cara Memperbaiki Bad Sector Hardisk

Pada penjelasan mengenai cara cek bad sector hardisk, penyebab bad sector dan cara memperbaikinya ini, ada dua cara yang yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah bad sector di hardisk. Kedua cara tersebut yaitu:

  • Menggunakan Windows built-in tool

Apabila Anda menggunakan Windows built-in tool, langkah-langkah yang harus diikuti yaitu:

  1. Buka My Computer dan pilih disk yang ingin diperbaiki. Apabila Anda tidak tahu disk mana yang ingin diperbaiki, sebaiknya perbaiki semua disk satu per satu.
  2. Pada disk yang dipilih, klik kanan dan pilih Properties. Pada jendela yang muncul, pilih tab Tools.
  3. Pilih Check now
  4. Pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors lalu klik Start
  5. Setelah proses selesai, hardisk berarti telah diperbaiki
  • Menggunakan software bantuan

Selain menggunakan fitur bawaan pada komputer atau laptop, Anda juga bisa menggunakan aplikasi bantuan seperti HDD Regenerator dan Liveboot. Aplikasi tersebut harus diunduh terlebih dahulu. Apabila menggunakan HDD Regenerator, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  1. Install HDD Regenerator sesuai versi windows ke komputer
  2. Buka programnya lalu klik Regeneration dan Start Process under Windows
  3. Berikutnya, pilih Drive yang ingin diperbaiki
  4. Start atau mulai proses perbaikan
  5. Pada menu berikutnya, pilih Scan and Repair. Masih pada menu yang sama, isikan nominal megabyte (mb). Untuk hardisk berukuran 500gb, Anda bisa mengisikan 10 dan tekan M
  6. Selanjutnya biarkan proses berjalan dengan sendirinya. Proses ini biasanya memakan waktu hingga berjam-jam.

Apabila menggunakan aplikasi atau program recovery dengan hard drive eksternal, Anda mungkin perlu melakukan recovery data dari hard drive eksternal. Anda bisa menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Selanjutnya, jalankan aplikasinya sesuai panduan penggunaan aplikasi tersebut.

Sebagai tips tambahan, akan lebih baik apabila Anda memperbaiki masalah bad sector pada hardisk pada saat yang tepat dimana kendala minimal terjadi. Contohnya, Anda bisa melakukan perbaikan pada malam hari. Dengan begitu, saat bangun, proses repairing sudah selesai. Hal ini karena proses perbaikan bad sector yang dilakukan memakan waktu hingga berjam-jam.

Itulah cara cek bad sector hardisk, penyebab bad sector dan cara memperbaikinya. Sudahkah Anda mengecek hardisk yang dimiliki dari bad sector?

Baca Juga: