Cara Aktivasi Windows 7 Secara Rinci [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – Ketika Windows telah diinstal secara otomatis, maka pengguna kadang perlu untuk cara aktivasi Windows 7 secara manual. Mengaktifkan verifikasi Windows tersebut dimana copy dari Windows tersebut telah digunakan pada hardware komputer, sehingga membantu pencegahan privasi. Jika pengguna baru saja melakukan upgrade pada komputer, atau bila tidak sedang online setelah menginstal Windows, pengguna perlu untuk mengaktifkan copy tersebut secara manual. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk aktivasi windows 7.

Cara aktivasi Windows 7 pertama bisa dilakukan melalui sambungan internet

  1. Klik pada tombol “START”. Klik kanan pada komputer dan pilih Properties. Dengan langkah ini akan membuka window pada sistem Properties.
  2. Klik pada link “Activate Windows now” yang terletak di bawah window. Software akan mencoba untuk mendeteksi adanya jaringan internet yang aktif. Bila telah terdeteksi, pilihan “Activate Windows online now” akan tersedia sebagai pilihan. Jika tidak tersedia, periksa jaringan internet.
  3. Masukkan kunci produk Windows 7 pada perintah. Masukkan 25 kunci karakter yang valid untuk mengaktifkan Windows copy. Kunci produk mungkin ditempatkan dibawah laptop di bagian bawah komputer, pada bagian disc case untuk Windows 7, yaitu pada instalasi DVD, atau pada bagian manual Windows 7.
  • Jika mengunduh sotfware lewat online, maka akan ditemukan pada konfirmasi email.
  • Bila pengguna tidak menemukan kunci produk, maka akan memerlukan produk yang baru lagi.
  1. Klik “Next” untuk mengaktifkan Windows copy. Proses aktivasi memerlukan waktu beberapa lama. Ketika telah selesai, aktivasi window akan memunculkan pesan konfirmasi. Untuk mengecek yang kedua kali apakah telah diaktivasi, buka kembali “System Properties”. Klik kanan pada komputer, kemudian pilih properties. Tombol window akan menunjukkan pesan “Windows is activated”.

Cara aktivasi Windows 7 kedua bisa menggunakan telepon

  1. Klik tombol “Start”, klik kanan pada komputer dan pilih “Properties”. Dengan langkah ini bisa membuka window System Properties. Bisa juga dengan menekan: Win+Pause.
  2. Klik link “Activate Windows now” pada bagian bawah window.
  3. Pilih “Show me other ways to activate” dari menu aktivasi.
  4. Masukkan kunci produk Windows 7 pada tempat yang telah disediakan. Pengguna harus memasukkan 25 kunci karakter untuk mengaktifkan Windows copy.
  5. Klik “Next”. Pilihlah “Use automated phone system” dari pilihan yang tersedia. Pengguna mungkin disuruh untuk memasukkan password administrator. Jika demikian, maka masukkan password, kemudian klik “OK”.
  6. Pilih lokasi terdekat. Pengguna akan diberikan daftar angka untuk bisa memanggil, kemudian instalasi ID number akan terlihat pada window.
  7. Telepon nomor tersebut. Pengguna akan terhubung secara otomatis ke sistem yang akan memandu hingga proses aktivasi. Pengguna akan disediakan ID instalasi yang terlihat di layar.
  8. Gunakan keypad telepon untuk memasukkan instalasi ID.
  9. Tulis angka konfirmasi. Setelah memasukkan instalasi ID, pengguna akan disediakan angka konfirmasi. Tuliskan atau ketik pada Notepad.
  10. Masukkan angka konfirmasi ke dalam aktivasi window, kemudian klik “Next”.

Itulah Cara aktivasi Windows 7 secara manual yang bisa dilakukan. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda dan apabila terdapat kesalahan dalam penulisan diatas saya meminta maaf.

Baca Artikel Lainnya: