Belajar Microsoft Word Cara Membuat Tabel Dan Menggunakan Rumus Formula

Posted on

www.kuncikomputer.com – selain mengolah kata, microsoft  word juga dapat digunakan untuk membuat tabel dan dapat menggunakan rumus seperti di excel. akan tetapi rumus pada microsoft word fungsinya tidak sepintar pada rumus microsoft excel. bagi anda yang membuat sebuah laporan penjualan di microsoft word anda dapat menggunakan tabel dan juga rumus yang ada di word. pertanyaannya bagaimana cara membuat tabel dan menggunakan rumus formula di microsoft word ??. pada kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan tentang  cara belajar microsoft word yaitu cara membuat tabel dan menggunakan rumus formula. selain membuat tabel nantinya kita akan sedikit menyinggung cara mengedit tabel nya, seperti menggabungkan dua kolom menjadi satu kolom dan lainnya. untuk lebih jelasnya dan menambah wawasan anda silahkan anda simak dan ikuti cara yang akan saya bagikan dibawah ini.

Belajar Microsoft Word Cara Membuat Tabel Dan Menggunakan Rumus Formula

sebelum anda praktik, pastikan anda mempunyai tabel yang terdapat data dan nominal harga, karena kita akan menggunakan data tersebut untuk  praktik. apabila anda tidak mempunyai data tabel, silahkan anda ketik ulang gambar contoh tabel yang akan saya gunakan dibawah ini. selamat mencoba dan selamat belajar semoga menambah pengetahuan anda.

Cara Membuat Tabel Dan Menggunakan Rumus Formula Di Microsoft Word

  1. Pertama buatlah table dengan cara klik insert -> table dengan banyak kolom 5 dan baris 8. Perhatikan gambar dibawah ini.
  2. Setelah table terbuat sekarang isi data nomor, nama barang, jumlah, harga. Sedangkan total harga, total, harga tertinggi dan harga terendah kita akan menggunakan rumus. Perhatikan gambar dibawah ini. (untuk huruf A,B,C,D,E digunakan untuk acuan kita dalam membuat rumus nantinya(biarkan saja)).
  3. Setelah anda isi datanya, sekarang kita akan belajar mengedit tabelnya, pertama kita akan menambah jumlah baris kebawah (letakan kursor didalam baris terakhir, kemudian klik layout -> insert bellow. Perhatikan gambar dibawah ini agar lebih dimengerti.

Keterangan :

* insert above (digunakan untuk menambahkan baris keatas(caranya letakan kursor di dalam baris paling atas atau di tengah kemudian dan klik insert above, maka baris akan bertambah diatas baris yang ada kursornya)).

* insert below (digunakan untuk menambahkan baris kebawah(caranya letakan kursor didalam baris paling bawah atau di tengah kemudian klik insert below, maka baris akan bertambah tepat dibawah baris yang ada kursornya)).

* insert left (digunakan untuk menambahkan kolom kekiri(caranya letakan kursor di dalam kolom paling kiri atau ditengah kemudian klik insert left, maka kolom akan bertambah sebelah kiri kolom yang ada kursornya)). )

* insert right (digunakan untuk menambahkan kolom kekanan(caranya letakan kursor didalam kolom paling kanan atau ditengah kemudian klik insert right, maka kolom akan bertambah disebelah kanan kolom yang ada kursornya)).

* merge cells (berguna untuk menggabungkan dua kolom atau dua baris atau lebih menjadi satu kolom (caranya blok dua kolom yang akan digabungkan kemudian klik merge cells, maka kolom akan tergabung)).

* split cells (berguna untuk membagi kolom atau baris menjadi dua atau tiga  atau lebih (caranya letakan kursor didalam kolom dan klik split cells dan isi jumlah kolom atau baris yang akan dibagi dan klik ok, maka kolom atau baris akan terbagi)).

* split table (digunakan untuk memotong tabel atau memisahkan tabel (caranya blok satu baris tabel atau lebih kemudian klik split table, maka tabel akan terpisah)).

  1. Saya rasa cukup untuk belajar edit tabelnya, sekarang kita akan mencoba cara membuat rumus formula di Microsoft word. Caranya letakan kursor di dalam kolom E2 kemudian klik layout -> formula ->  masukan rumus “=(c2*D2)”. Perhatikan gambar dibawah ini, untuk cara membuat rumusnya silahkan lihat tulisan yang berwarna merah, dan yang warna biru sebagai acuan kolom nya saja.

Setelah rumus kolom E2 sudah selesai, sekarang masukan rumus yang lainnya sesuai dengan tulisan warna merah setiap kolomya dengan cara yang sama (letakan kursor didalam kolom -> layout -> formula -> masukan rumus -> ok).

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kali ini  tentang cara membuat tabel dan menggunakan rumus formula di microsoft word semoga bermanfaat. Apabila  anda mempunyai permasalahan yang berhubungan dengan computer silahkan anda cari solusinya diwebsite kami di kuncikomputer.com .

Baca Juga: