Apa Itu Cloud Storage dan Pengertian Cloud Storage? Inilah Penjelasannya

Posted on

www.kuncikomputer.com – Masalah yang sering dialami oleh pengguna komputer dan gadget adalah kapasitas penyimpanan yang terbatas. Sebagian orang akan menyimpan data-datanya pada harddisk atau flash disk. Bahkan ada yang sengaja menghapus data-data yang dianggap tidak terlalu penting. Hal ini tentunya sangat merepotkan bukan? Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan cloud storage. Apa itu cloud storage dan pengertian cloud storage? Sebenarnya, cloud storage adalah media penyimpanan modern yang sedang hits beberapa waktu belakangan ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pengertian tentang cloud storage yang harus Anda ketahui.

Penjelasan Lengkap Terkait Apa Itu Cloud Storage dan Pengertian Cloud Storage

Apa itu cloud storage dan pengertian cloud storage? Cloud storage adalah media penyimpanan yang bisa diakses dengan mudah hanya dengan jaringan internet. Untuk bisa menggunakannya, terlebih dahulu Anda harus membuat akun cloud storage. Cloud Storage juga dikenal sebagai media penyimpanan online. Pasalnya, Anda bisa menyimpan berbagai macam data pada sebuah server virtual. Dengan menggunakan media penyimpanan ini, Anda tidak perlu kerepotan menyimpan data pada flash disk, CD dan media penyimpanan lainnya. Cukup dengan menyimpan data pada remote database dari pihak ketiga maka Anda bisa mengaksesnya dengan mudah dimanapun dan kapanpun hanya dengan menggunakan koneksi internet. Dengan begitu, Anda bisa mengefesiensikan tempat dan waktu daripada memakai media penyimpanan konvensional seperti flashdisk ataupun CD.

Disamping itu, penyimpanan ini juga lebih aman karena tidak akan rusak meskipun sudah disimpan dalam waktu yang lama. Berbeda dengan hardware penyimpan data yang bisa saja rusak jika terkena air, hancur dan lain sebagainya. Kapasitas yang disediakan pada cloud storage juga sangatlah besar sehingga Anda bisa menyimpan berbagai macam data melalui media ini. Jika terasa kurang, Anda bisa membuat akun baru dengan kapasitas yang juga sama besarnya. Hanya saja, untuk bisa mengakses media penyimpanan ini Anda harus memiliki akun cloud storage. Akun ini akan diamankan menggunakan password, jadi pastikan jika Anda mengingat nama akun dan passwordnya. Selain itu, jangan sampai orang lain mengetahui password Anda. Karena hal ini berkaitan dengan keamanan data-data Anda dalam media penyimpanan online ini.

Dari penjelasan mengenai apa itu cloud storage dan pengertian cloud storage, tentu bisa ditarik kesimpulan bahwa cloudd storage dapat memudahkan siapa saja untuk menyimpan data sekaligus memback up data dengan mudah dan aman. Keuntungan yang akan dirasakan saat menggunakan cloud storage adalah Anda tidak perlu bersusah payah membawa harddisk ataupun banyak CD kemana-mana. Selain itu, data yang tersimpan juga bisa diakses dimanapun dan juga kapanpun selama ada jaringan internet. Dan yang pasti, Anda juga bisa melakukan share data yang ada pada cloud storage dengan pengguna akun lainnya. Berikut ini adalah beberapa jenis cloud storage yang banyak digunakan oleh para pengguna internet.

Jenis-Jenis Cloud Storage Yang Banyak Digunakan

  • Google Drive

Hampir semua pengguna internet pastinya mengenal Cloud storage buatan Google yang satu ini. Menggunakan Google Drive, Anda bisa menyimpan video, gambar, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Anda juga bisa membagikan data yang tersimpan melalui google mail, google apps,  dan lain sebagainya. Menggunakan Google drive, tentunya Anda akan semakin memahami apa itu cloud storage dan pengertian cloud storage.

  • Mozy

Cloud storage yang bisa dipilih selanjutnya adalah Mozy. Media penyimpanan ini dapat memudahkan Anda untuk membackup data secara online. Melalui Mozy, Anda bahkan bisa mengirimkan data melalui facebook.

  • Microsoft OneDrive

Tidak ingin kalah dengan para pesaingnya, Microsoft juga membuat Cloud Storage dengan kapasitas besar untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet terkait dengan media penyimpanan yang mumpuni. Ada versi gratis untuk Anda yang ingin menyimpan data di Cloud Storage ini.

  • Box

Sekedar informasi bahwa Box adalah media penyimpanan data online yang pertama kali muncul di dunia maya. Dimana tempat penyimpanan ini dirilis tahun 2005. Sampai dengan saat ini, banyak pengguna internet yang memanfaatkan layanan penyimpanan dari Box.

  • Apple iClouds

Apple iClouds adalah tempat penyimpanan yang sengaja dibuat oleh Apple untuk perangkat buatannya. Media ini hanya bisa Anda gunakan pada produk Apple mulai dari iPhone, Macbook, iPad, iMac, dan lain sebagainya.

Sekian penjelasan mengenai apa itu cloud storage dan pengertian cloud storage. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda. untuk materi komputer yang lainya dapat anda temukan di website kami di kuncikomputer.com .

Baca Juga: