Apa Itu Cloud Computing? Berikut Penjelasannya [Lengkap]

Posted on

www.kuncikomputer.com – Bagi masyarakat awam, cloud computing adalah hal yang sangat jarang didengar. Istilah ini mungkin memang sangat asing bagi alat pendengaran masyarakat awam. Lantas, apa itu cloud computing? Cloud computing atau yang dikenal dengan nama komputasi awam adalah suatu kombinasi dari berbagai pemanfaatan teknologi berbasis komputer yang bekerja dengan sistem pengembangan dari internet. Istilah cluod sendiri dikenal sebagai istilah yang dikhususkan untuk teknologi dari suatu jaringan internet. Atau mudahnya, semua data pada teknologi ini ada dan disimpan pada server jaringan internet yang digunakan tersebut. Bukan hanya data saja, aplikasi dan berbagai software juga tersimpan pada komputer server jaringan tersebut itu yang dimaksud dengan cloud computing. Dengan demikian, pengguna tidak harus instalasi kedalam server. Namun, hanya perlu terhubung dengan internet saja saat ingin mengakses dan juga menjalankan sofware, aplikasi dan data tersebut. untuk lebih jelasnya silahkan anda baca materi cloud computing dibawah ini.

Apa Itu Cloud Computing Dalam Dunia Teknologi

Jika diamati lebih dalam mengenai fungsinya, cloud computing memudahkan setiap pengguna yang ingin mengakses aplikasi dan sofware yang ia inginkan. Hal tersebut dikarenakan pengguna tersebut hanya perlu menyediakan komputer dan jaringan internet saat ingin mengakses dan menjalankan aplikasi dan software tersebut. Bukan hanya bisa mengakses saja, pengguna juga bisa menyimpan berbagai informasi penting yang tersedia didalamnya pada komputer milik server. Pada saat ingin menyimpannya, pengguna tidak perlu memiliki hard-disk dengan kapasitas terbesar saat ingin menyimpan berbagai data yang dibutuhkan tadi.

Contoh, jika pengguna ingin bekerja dengan Microsoft Office, dirinya bisa langsung mengakses dan menjalankan sofware ini pada server internet tanpa perlu instal sofware tersebut kedalam laptop ataupun komputernya. Atau dengan kata lain, apa itu cloud computing dalam dunia teknologi ini akan memberikan kepraktisan dan keefisienan pekerjaan yang lebih akurat dan terukur. Hal inilah yang menyebabkan cloud computing ini sangat membantu pekerjaan para penikmat teknologi internet. Ada beberapa jenis cloud computing yang harus Anda tahu. Menurut jenis layanan yang dimilikinya, cloud computing terbagi menjadi beberapa bagian, salah satu diantaranya adalah:

Jenis-Jenis Layanan Cloud Computing

  1. SaaS

Dikenal sebagai layanan yang berasal dari cloud computing yang mana Anda bisa memakai perangkat lunak yang sudah disediakan sebelumnya. Penggunanya hanya akan tahu jika setiap perangkat lunak dapat bekerja dengan baik dan juga berjalan dengan optimal. Salah satu layanan yang masuk ke dalam SaaS adalah Gmail, Facebook, Yahoo Messenger, Twitter dan sebagainya.

  1. PaaS

Merupakan layanan dari cloud computing yang bisa dianalogikan menjadi sebuah rumah sewa dan berbagai lingkungannya yang dijadikan sebagai jalannya pengoperasian aplikasi tersebut. Dengan adanya layanan ini, pengguna tidak perlu menyiapkan rumah terlebih dahulu dan juga pemeliharaannya. Yang termasuk penyedia layanan ini adalah Amazon dan Windows Azure.

  1. IaaS

Apa itu cloud computing untuk jenis layanan IaaS? Dasarnya, layanan ini merupakan layanan yang bisa diartikan penggunanya bisa melakukan penyewaan pada setiap infrastruktur IT yang ia gunakan. Kita juga bisa mengidentifikasikan besaran unit komputasi yang digunakan, baik itu dari CPU, RAM, bandwith dan berbagai layanan lainnya. Salah satu layanan cloud computing ini adalah TelkomCloud, Amazon EC2, BizNetCloud dan Windows Azure.

Selain itu, ada banyak layanan lain dalam cloud computing lainnya yang bisa Anda temukan. Misal, layanan Public Cloud, Private Cloud, Hybrid Cloud dan lain sebagainya. Tujuan adanya layanan cloud computing ini sendiri adalah untuk membantu kenyamanan pengguna internet saat menggunakan teknologi terbaru ini. Bagaimana, apakah Anda sudah tahu apa itu cloud computing dan peranannya dalam dunia teknologi?

Baca Juga: