5 Cara Screenshot di Laptop Dengan Mudah [100% Efektif]

Posted on

www.kuncikomputer.com – kali ini saya akan membuat artikel bagaimana cara cepat untuk screenshot di laptop atau di komputer. biasanya sreenshot digunakan saat kita mengerjakan tugas bagi yang kuliah atau mebuat artikel tutorial bagi para blogger. untuk memudahkan anda dalam mengambil gambar yang ada di layar komputer anda tentunya dengan cara screenshoot. pada artikel kali ini saya akan menuliskan 5 cara screenshoot di laptop, agar nantinya pembaca tinggal memilih saja cara mana yang bisa digunakan dan nyaman dalam memakainya. oke langsung saja kita keartikel saya tentang 5 Cara Screenshot di Laptop Dengan Mudah.

seperto biasa sebelum saya menulis banyak lagi di artikel kali ini saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya, karena saya juga manusia.



5 Cara Screenshot di Laptop Dengan Mudah



keperluan mengambil gambar atau screenshoot biasanya dibutuhkan untuk membuat sebuah tugas atau untuk sebuah pekerjaan. bagi para youtuber, juga banyak yang menggunakan aplikasi screenshoot untuk membuat thumnail. pada pembahasan yang akan saya tulis dibawah terdapat banyak aplikasi yang mempunyai banyak kelebihan, untuk para youtuber atau para pengguna komputer. untuk lebih jelasnya silahkan anda baca artikelnya hingga selesai.

1. Screenshoot Di windows 8 dan Windows 10

  • cara pertama apabila anda menggunakan windows 8 dan windows 10 caranya tekan tombol windows di keyboard + print screen (PrtSc) secara bersamaan. maka secara otomatis laptop akan menscreenshot tampilan layar dan gambar akan tersimpan di folder C:\Users\nama pengguna\Pictures\Screenshots.
    screenshoot-windows-8

2. Screenshot Menggunakan Snipping Tool

  • cara selanjutnya menggunakan software bawaan dari windows 10 yaitu snipping tool, caranya buka aplikasi dengan cara klik start lalu ketik snipping tool setelah itu anda akan masuk ke halaman snipping tool perhatikan gambar dibawah ini cara menggunakannya.
    sniping-tool

3. Screenshot Menggunakan PrintScren (PrtSc)

  • cara scerenshot menggunakan printscreen, cara ini dapat diakukan di windows 7 windows 8 dan windows 10.
    caranya dengan menekan tombol print screen (PrtSc) lalu paste kan ke paint atau microsoft excel dan lain sebagainya. kenapa harus di pastekan jawabannya karena gambar hanya tersimpan di RAM atau anda mencopy gambar dan harus di paste untuk menampilkannya.

4. Screenshot Menggunakan ALT + PrintScren (PrtSc)

  • selanjutnya dengan cara ALT+Preenscreen (PrtSc) cara ini hampir sama dengan langkah Printscreen saja. perbedaannya cara ini mengambil dari jendela yang aktif saja, taksbar dan yang lainnya tidak diambil gambarnya. untuk mengambilnya pastekan di paint atau microsoft word dan sebagainya.

5. Screenshot Menggunakan Aplikasi Lighshot

  • selanjutnya screenshoot menggunakan aplikasi lightshot download aplikasinya terlebih dahulu untuk menggunakannya, setelah didownload instal setelah itu cara menggunakannya klik printscreen (PrtSc) lalu pilih gambar mana yang akan di ambil, dengan aplikasi ini kita dapat memilih seperti aplikasi snipping tool dan terdapat beberapa fasilitas untuk seperti untuk memberi tulisan sebagai keterangan dan sebagainya. berikut adalah tampilan cara menggunakannya .
    lighshoot

6. Screenshoot Video Di Chrome Menggunakan video screenshotter

screenshot ini biasanya digunakan untuk mengambil gambar dari sebuah video untuk dijadikan sebuah thumnail oleh para youtuber. karena cara ini memang sangat mudah dan tidak perlu mengedit gambar lagi, dan gambar aka otomatis akan terdownload sesuai yang anda screenshot.

Cara Menggunakan Screenshotter

anda harus mengaktifkan extention dari google terlebih dahulu dengan cara klik https://chrome.google.com/webstore/search/video%20screenshotter , setelah itu klik ad to chrome pada video screenshotter. apabila anda sudah selesai sekarang anda sudah bisa menggunakannya, cara menggunnakannya pun sangat mudah yaitu dengan cara klik gambar kamera di bawah video yang anda putar di chrome. perhatikan gambar dibawah ini.

cara menggunakan screenshotter

semua video yang anda buka menggunakan google chrome bisa discreenshoot langsung. dan hasilnya akan otomatis masuk kedownload.

7.Aplikasi Screenshoter (Inspire-soft)

Aplikasi Screenshoter ini mempunyai sifat portable atau tidak perlu diinstal dan anda dapat menggunakan secara langsung.

Adapun cara menggunakannya anda tinggal menekan tombol tertentu atau secara default dengan tombol Print Screen. aplikasi ini bisa mengambil gambar dari semua layar komputer, dan juga bisa digunakan untuk mengambil gambar yang diinginkan atau seleksi.

8. Aplikasi Jing (Techsmith)

Aplikasi ini akan menampilkan icon matahari pada screen komputer dan aplikasi ini juga menyediakan fitur yang sangat lengkap dan menarik.

Adapun cara menggunakannya, lakukan mouse-over di icon mataharinya lalu pilih Capture. aplikasi ii juga dapat mengambil screenshot satu jendela di komputer ataupun cuma gambar yang ingin diseleksi saja.

agar lebih menarik coba anda gunakan aplikasi jing ini untuk screenshot sebuah video. aplikasi ini sudah mendukung windows xp, windows vista, windows 7 dan 8.

Sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini tentang cara screenshot di Laptop semoga bermanfaat, sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya, jika anda mempunyai permasalahan yang berhubungan dengan komputer atau laptop anda dapat mencari solusinya diwebsite kami, terimakasih sudah berkunjung.

Baca Juga: