4 Solusi Laptop Tidak Connect Di Wifi [100% Berhasil]

Posted on

www.kuncikomputer.com – pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara mengtasi permasalahan apabila komputer atau laptop anda tidak bisa terkoneksi ke wifi yang telah tersedia, atau sudah terkoneksi akan tetapi tidak bisa digunakan untuk browsing.pasti sebagian dari kita pernah mengalamai permasalahan seperti tiba tiba wifi tidak bisa terkoneksi kelaptop kita, padahal sebelumnya bisa digunakan. permasalahan seperti ini pasti membuat anda membutuhkan waktu lagi untuk mensetting jaringan wifi anda agar bisa terkoneksi ke wifi yang sudah tersedia. untuk itu saya mencoba membantu pembaca agar dapat mengatasi permasalahan anda. oke mending langsung saja kita ke artikel saya tentang 4 Solusi Laptop Tidak Connect Di Wifi.

seperti biasa sebelum saya menuliskan artikel kali ini lebih banyak lagi, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



4 Solusi Laptop Tidak Connect Di Wifi



tidak-konek-ke-wifi1. Langkah pertama

  • apabila anda pengguna sistem operasi windows 8 maka matikan mode airplane pada laptop anda.
  • Periksa kembali apakah tombol wifi pada laptop sudah dinyalakan atau belum.
  • pastikan wifi yang akan digunakan sudah menyala, dan pastikan password yang digunakan sudah benar, hal ini sering terjadi karena nama wifi yang sama dan password yang berbeda. contohnya anda sudah memakai wifi menggunakan handphone teman anda dengan nama wifi redmi dan password wifinya sudah terkoneksi. terus anda akan ganti menggunakan handphone anda sewaktu dirumah dan nama wifi handphone anda juga redni secara otomatis komputer tidak akan mau terkoneksi karena password yang sudah tersimpan yaitu password wifi perta. solusinya ganti passwordnya klik kanan pada nama wifi lalu properties dan ganti password wifi dengan benar.
  • terdapat ip address pada setting network dikomputer anda atau latop anda.
  • driver jaringan belum terinstal pada komputer atau laptop anda, biasanya permasalahan ini terjadi setelah anda instal ulang sistem operasinya.
  • permasalahan hardware yang berada didalam laptop anda atau komputer anda, permasalahan ini solusinya bawa laptop anda ke tempat service komputer untuk di perbaiki.

2. Langkah Kedua IP Address

permasalahan karena IP Address, cek ip addres pada seeting komputer anda, apakah terdapat ip nya atau tidak biasanya yang serring melakukan sharing data terdapat ip addresnya. permasalahan ini membuat laptop tidak dapat browsing meskipun sudah terkoneksi ke wifi. untuk menghapus ip address nya berikut adalah langkah yang harus dilakukan.

  1. bukalah open network and sharing senter pada icon jaringan di pojok kanan bawah. perhatikan gambar  dibawah ini.
    koneksi-wifi
  2. setelah itu klik wireless network conection setelah itu anda akan masuk ke halaman selanjutnya dan klik properties lalu anda akan masuk ke halaman wireless network conection properties. seperti gambar dibawah ini.
    ip
  3. gambar diatas terdapat ip addressnya untuk menghapusnya centang saja pada optain an IP address automatically dan klik ok.
  4. setelah ip address terhapus otomastis jaringan internet sudah bisa digunakan lagi.

3. langkah ketiga Driver Wireless

permasalahan pada driver ini biasanya terjadi setelah laptop atau komputer telah diinstalasi sistem operasinya. akibatnya komputer tidak dapat mencari wifi yang terdapat disekitar kita atau komputer tidak dapat terhubung ke wifi yang ada. solusinya yaitu instal terlebih dahulu driver jaringannya, biasanya terdapat didalam dvd bawaan laptop sesuai tipe laptopnya. apabila dvd anda hilang atau rusak anda dapat mencarinya digoogle dengan kata kunci sesuai tipe laptop anda. setelah download instalkan di laptop atau komputer anda. setelah proses instalasi driver selesai maka laptop atau komputer anda sudah dapat terkoneksi ke wifi yang ada.

4. Langkah Keempat Tidak Bisa Connect Ke Internet

apabila permasalahan anda tidak dapat terkoneksi ke internet dikarenakan laptop tidak bisa terkoneksi ke wifi dan ada tulisan can’t connect to this network maka langkah yang harus anda lakukan yaitu sebagai berikut.

  1. klik kanan pada jaringan wifi nya lalu klik troubleshoot problem setelah itu komputer akan memproses detecting problem dan akan mencoba terkoneksi kembali ke wifi ada. perhatikan prosesnya dibawah ini.
    detecting-problems
  2. setelah proses detecting problem selesai dan berhasil maka akan tampil tulisan problem with wireless adaptor or access point : fixed dan ceklis seperti gambar dibawah ini.
    detecting-problem-sukses
  3. setelah proses berhasil coba buka kembali web browser anda dan cobalah untuk browsing untuk memastikan bahwa wifi sudah dapat digunakan kembali.

sekian tutorial yang dapat saya tuliskan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :