3 Cara Melihat Spesifikasi Komputer/Laptop Tanpa Aplikasi

Posted on

www.kuncikomputer.com – pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara melihat spesifikasi komputer atau laptop anda tanpa menggunakan aplikasi. pada sistem operrasi windows sudah tersedia fitur yang dapat digunakan untuk mengecek spesifikasi komputer . muncul pertanyaan apasih pentingnya spesifikasi komputer??? menurut saya spesifikasi komputer yaitu level yang mempengaruhi dari kinerja komputer semakin tinggi spsesifikasi nya semakin bagus kinerja komputer atau semakin tinggi juga levelnya dari pada yang spesifikasinya rendah. permasalahan yang umum apabila spesifikasi komputer rendah yaitu komputer akan cepat lelet apabila banyak aplikasi yang di instal dan media penyimpanan sidikit. oke langsung saja kita ke artikel saya tentang 3 Cara Melihat Spesifikasi Komputer/Laptop Tanpa Aplikasi.

seperti biasa sebelum saya menulis artikel ini lebih banyak lagi, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya, kerena saya juga manusia :-).



3 Cara Melihat Spesifikasi Komputer/Laptop Tanpa Aplikasi



laptop

Cara melihat Spesifikasi Komputer/Laptop Menggunakan Dxdiag

  1. langkah pertama yaitu bukalah Run dengan cara tekan windows + R secara bersamaan
  2. setelah itu ketikan dxdiag lalu enter, maka akan tampil spesifikasi seperti gambar di bawah ini.
    dxdiag
  3. pada tampilan tersebut terdapat Display atau VGA, spesifikasinya pada keterangan Device.  perhatikan gambar dibawah ini.
    display
  4. selain itu terdapat sound dan input, baca baca sendiri semuanya ada disitu :-).

Cara melihat Spesifikasi Komputer/Laptop Menggunakan Control Panel

  1. klik kanan pada computer -> properties perhatikan gambar dibawah ini.
    properties-dikomputer
  2. setelah itu anda akan masuk ke Control Panel\System and Security\System, disitu terdapat spesifikasi dan apabila ingin lebih lengkap bagi windows 7 klik performance information and tools. perhatikan gambar dibawah ini.
    system
  3. setelah anda klik performance information and tools dan akan masuk ke halaman performance information and tools di halaman tersebut akan tampil spesifikasinya, apabila belum pus tampilkan lebih detail lagi dengan cara klik view and print detailed performance information and tools. perhatikan gambar dibawah ini.
    performance-information-and-tools
  4. pada tampilan sebelah kanan pada gambar diatas adalah detail dari spesifikasi komputer atau laptop anada.
  5. selesai

Cara melihat Spesifikasi Komputer/Laptop Menggunakan Bios

  1. langkah pertama restsrt laptop atau komputer anda
  2. pada waktu komputer atau laptop booting (masih proses berjalan akan membuka windows) tekan f2 atau f1 biasanya terdapat keterangan.
  3. setelah itu tekan berulang kali sampai anda masuk ke bios, di dalam bios terdapat spesifikasi komputer atau laptop anda. perhatikan gambar dibawah ini.
    bios
  4. selesaii.

sekian tutorial yang dapat saya berikan semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :