11 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Cepat [100% Ampuh]

Posted on

www.kuncikomputer.com – pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel bagaimana cara mengatasi permaslahan apabila komputer menjadi lemot. ada banyak permasalahan yang menyebabkan komputer menjadi lambat. saya akan menuliskan beberapa  permasalahan dan solusinya, mending kita langsung saja ke artikel saya tentang Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Cepat.

sebelum saya menulis lebih banyak lagi tentang artikel saya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



11 Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Cepat



komputer-lelet

Permasalahan Dan Solusi Mengatasi Komputer Lemot

  1. File Temporary terlalu besar
    ketika kita mengakses internet maka komputer kita akan menyimpan beberapa data ke dalam folder temporary. ketika file yang tersimpan sudah membengkak maka hal tersebut akan memperlambat kinerja dari komputer anda. cara untuk mengatasinya yaitu bersihkan folder temporaray atau dengan menggunakan aplikasi CCleaner. instal CCleaner lalu buka aplikasi tersebut kemudian klik analyze tunggu sampai proses selesai. kemudian untuk membersihkan file  temporary klik Run cleaner. perhatikan gambar dibawah ini.
    ccleaner
  2. Karena kekurangan Memory atau RAM
    kekurangan memory penyimpanan merupakan permasalahan yang umum, yang sudah banyak diketahui oleh banyak pengguna komputer. untuk mengatasinya hapuslah file yang tidak digunakan lagi seperti film yang sudah di tonton dan lain sebagainya. untuk ukuran laptop minimal RAM yang sering digunakan yaitu 2GB, saran saya apabila RAM anda di bawah 2GB lakukan upgrade terhadap RAM anda. dan apabila anda ingin membeli komputer carilah yang memiliki spesifikasi komputer yang besar atau Bagus.
  3. Terlalu Banyak Aplikasi yang Di Instal
    menurut saya apabila terlalu banyak aplikasi yang terinsatal akan membuat komputer atau laptop anda menjadi lambat. untuk mengatasi permasalahan tersebut hapus lah atau uninstal aplikasi yang jarang kita gunakan, untuk mengetahui aplikasi apa saja yang terinstal lihat lah di control panel -> Programs, dicontrol panel terdapat semua aplikasi yang diinstal oleh komputer anda dan disitu anda dapat melakukan uninstal sekalian.
  4. Starup yang Terlalu Banyak
    Starup diigunakan untuk mengatur aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika komputer atau laptop anda dihidupkan. Starup memiliki sangkutpaut yang sangat erat terhadap banyaknya aplikasi yang telah anda instal. untuk mengatasi Starup agar aplikasi yang berjalan dibelakang monitor bisa di batasi bukalah Msconfig. caranya tekan windows + R untuk menampilkan Run lalu ketik Msconfig terus ok. pilih lah starup lalu hilangkan ceklis dari aplikasi yang ingin kita berhentikan lalu klik apply . perhatikan gambar di bawah ini.
    msconfig
  5. Karena Koneksi pada Internet
    permasalahan ini biasanya terjadi pada komputer yang memiliki koneksi internet memakai kabel jaringan, dan trafic jaringan yang tinggi serta switch atau hub yang hang kemungkinan lain terdapat virus yang mencoba masuk kekomputer anda. solusi yang harus dilakukan yaitu cabut RJ-45 yang terpasang di komputer anda lalu pasang kembali dan restar hub atau switch serta gunakan port scaner untuk mengatur paket data yang masuk dan keluar.
  6. Permasalahan Karena Hardisk
    Permasalahan komputer menjadi lambat karena hardisk ini biasanya diakarenakan hardisk yang sudah lama sehingga rpmnya menurun, hardisk low space, hardisk yang terfragmentasi, dan hardisk error / bad sector. solusi yang harus dilakukan yaitu upgarade hardisk dengan menambahkan kapasitas atau mengganti dengan yang baru, lakukan defragmen pada hardisk secara berkala, bersihkan hardisk dari debu.
  7. Banyaknya Security Program yang Di Instal
    aplikasi securuty ini seperti firewall dan antivirus merupakan aplikasi tambahan yang harus ada di komputer akan tetapi jangan terlalu banyak aplikasi security yang diinstal. solusinya gunakan security program yang ringan terhadap komputer, sehingga komputer tidak lambat.
  8. Permasalahan Karena File Corrupt atau Hilang
    permasalahan ini biasanya dikarenakan oleh virus yang menginfeksi komputer atau menginfeksi file yang berada didalam komputer sehingga membuat file rusak atau terhapus dikarenakan virus. solusi yang harus dilakukan yaitu scan virus menggunakan antivirus atau instal ulang sistem operasi.
  9. Permasalahan karena Hardware Overheat
    permasalahan ini disebabkan oleh perangkat keras komputer seperti VGA Card, Hardisk, Processor Atau Cpu. perangkat keras komputer ini bisa menyebabkan komputer menjadi lambat atau hang bahkan sering restar sendiri. solusi yang harus dilakukan yaitu jauhkan hardware dari debu, dan pastikan sirkulasi udara pada bagian Cpu berjalan dengan Baik.
  10. Permasalahan Karena Virus malware atau spyware
    apabila komputer kita telah terinfeksi oleh virus malware, sebaiknya jalankan windows safe mode dan matikan system restore serta gunakan program anti virus seperti norman malware cleaner untuk mebersihkan visrus malware tersebut. atau instal ulang sistem operasi pada komputer anda.
  11. Reinstal Sistem Operasi
    langkah terakhir apabila solusi solusi diatas belum dapat megatasi permasalahan pada komputer anda maka lakukanlah instal ulang sistem operasi pada komputer anda agar menjadi lebih fresh, diibaratkan kita bangun tidur harus mandi biar seger :-).

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya.

Baca Juga :