Cara Mengatur Kertas Di Microsoft Word Dan Menampilkan Header Yang Sembunyi

Posted on

Ddi materi artikel saya sebelumnya saya pernah menuliskan tentang cara mengatur margin dan ukuran kertas di microsoft word . kali ini saya akan mencoba menulis kembali materi yang mirip-mirip akan tetapi ada tambahan yang lainnya di materi ini. untuk mengatur kertas anda dapat mengaturnya di page setup, dan lebih detailnya baca sendiri di bawah ini.

cara mengatur kertas di microsoft word tidak lah sulit, tapi kalau anda belum penah mengatur kertas pasti akan merasa bingung. silahkan anda ikuti langkah-langkah yang akan saya bagikan di bawah ini. selain mengatur kertas saya juga akan menuliskan cara menampilkan header dan footer yang sembunyi.

Cara Mengatur Kertas Di Microsoft Word Sebelum Ngeprint

1. pertama klik page layout kemudian pilih page setup (klik tanda panah kecil di sampingnya).

 

2. setelah itu akan tampil jendela baru yang berfungsi untuk mengatur kertasnya.
3. di bagian margins terdapat top, left, bottom, right, (settingan bawaan microsoft office 2.5 cm, ubahlah menjadi seperti di bawah ini untuk standar penulisan skripsi, atau bisa anda atur sesuai kebutuhan).

– top untuk mengatur jarak kosong di atas tulisan, atur saja menjadi 4 cm
– left digunakan untuk mengatur jarak kosong di sebelah kiri tulisan, atur menjadi 4 cm
– bottom berguna untuk mengatur jarak kosong di bawah tulisan, ubah menjadi 3 cm
– right untuk mengatur jarak kosong di sebelah kanan tulisan dan ubah menjadi 3 cm.

4. di bagian orientation terdapat dua pilihan kertas,yaitu portrait dan landscape (gunakan yang portrait saja, landscape digunakan kalau memang di butuhkan).

-portrait digunakan untuk mengatur kertas dengan hasil print kertas memanjang kebawah.
-landscape berguna untuk mengatur hasil cetakan kertas dengan memanjang kesamping, biasanya di gunakan untuk mengeprint tabel yang panjang agar tidak terpotong.

5. setelah anda selesai mengatur di bagian margins, sekarang klik bagian paper di sampingnya. paper berguna untuk mengatur jenis kertas yang akan di gunakan untuk mengeprint. caranya klik segitiga kecil yang menghadap kebawah pada “paper size” kemudian pilih kertas yang akan di gunakan, biasanya ukuran kertasnya letter, A4, A5, Legal dan banyak yang lainnya, silahkan anda pilih kertas sesuai dengan yang anda miliki. biasanya kertas yang digunakan untuk ngeprint yaitu kertas A4.

Cara menampilkan Header Kertas Yang Terpotong / Bersembunyi

mungkin ada beberapa orang yang pernah mengalami hal ini, tapi tidak semua microsoft word headernya hilang. biasanya hal ini disebabkan oleh tindakan klik yang tidak di sengaja, untuk menampilkannya cukup diklik lagi 2 kali di perbatasan kertas dan toolbar (batas kertas putih dan warna biru yang atasnya). jika header bersembunyi maka footer juga tidak akan tampil atau bersembunyi juga, kalau sudah di klik dua kali di perbatasan kertasnya nanti akan muncul semua header dan footernya. lihat gambar berikut:

cara Menampilkan header kertas yang hilang / sembunyi

mungkin itu saja materi tentang cara mengatur kertas kali ini semoga dapat membantu anda, jika anda ingin belajar materi tentang komputer silahkan kunjungi terus www.kuncikomputer.com .

Baca Juga: