Tutorial Cara Melakukan Pengujian white Box dan Contoh Pengujiannya

Posted on
Tutorial Cara Melakukan Pengujian white Box dan Contoh Pengujiannya
Rate this post

www.kuncikomputer.com – setelah saya menulis tentang pengujian black box disini saya akan menuliskan tentang pengujian white box. seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya pengujian white box terfokuskan pada koding program. pada artikel ini saya akan memberikan contoh pengujian white box menggunakan flowgraph, Cyclomatic Complexity dan Graph Matrix. Pengujian White box bertujuan untuk mengidentifikasikan bug atau kesalahan di dalam fungsi, struktur data, atau tampilan antarmuka ketika program dijalankan oleh User sebagai seorang pelanggan atau pengguna. adapun contoh yang akan saya berikan hanya satu contoh yitu form login akan tetapi meliputi flowgraph, Cyclomatic Complexity dan Graph Matrix. saya rasa cukup pembukaan tentang white box testing atau pengujian white box.

seperti biasa sebelum saya menulis banyak tentang artikel ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Tutorial Cara Melakukan Pengujian white Box

  1. tentukan form mana saja yang akan anda uji menggunakan white box testing, yang sering dilakukan yaitu pada form login.
  2. setelah itu tentukan form master yang akan di uji menggunakan metode ini, satu form master saja sudah cukup mewakili form master yang lainnya.
  3. tentukan hasil yang didapatkan dari sistem atau outputannya yang akan diuji, satu form outputan saja sudah mewakili outputan yang lainnya.

Contoh Pengujian white Box

sebelum anda membuat flowgraph berikan nomor terlebih dahulu pada koding programnya sesuai dengan logikanya.

  • Pengujian White Box Login
  1.  
  • Flow Graph Login

            Flow Graph pada Login diuji untuk mengetahui adanya kesalahan pada alur program. Flow graph login dapat dilihat pada gambar berikut ini :

whitebox_login

  • Cyclomatic Complexity Login

Merupakan pengukuran software yang memberikan pengukuran kuantitatif dan kompleksitas logika program untuk mencari jumlah path dalam satu flowgraph.

Cyclomatic complexity V(G) = E – N + 2

Dimana : E = jumlah edge (anak panah) pada grafik

N = jumlah node (titik) pada grafik alir

Sehingga : V(G) = 15 edge – 13 node + 2 = 4

Hasil yang didapatkan berdasarkan urutan flowgraph login sebanyak 4 path. Berikut ini path yang didapat dari urutan path flowgraph login :

Path 1 : 1,2,3,4,13

Path 2 : 1,2,3,5,6,7,13

Path 3 : 1,2,3,5,6,8,9,10,13

Path 4 : 1,2,3,5,6,8,9,11,12,13

  • Graph Matrix Login

Merupakan matrik berbentuk segi empat sama sisi, dimana jumlah baris dan kolom sama dengan node dan identifikasi baris dan kolom sama dengan identifikasi node, serta isi data adalah keberadaan penghubunga antar node (edge).Graph metrik merupakan software yang dikembangkan untuk membantu uji coba basis path atau struktur data.

Adapun tampilan tabel graph matrix login adalah sebagai berikut:

Tabel Graph Matrix Login

  1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
1   1                      
2     1                    
3       1 1                
4                         1
5           1              
6             1 1          
7                         1
8                 1        
9                   1 1    
10                         1
11                       1  
12                         1
13                          

 

1 – 1 = 0

1 – 1 = 0

2 – 1 = 1

1 – 1 = 0

1 – 1 = 0

2 – 1 = 1

1 – 1 = 0

1 – 1 = 0

2 – 1 = 1

1 – 1 = 0

1 – 1 = 0

1 – 1 = 0

 

Hasil = 3 + 1 = 4

 

 

dari ketiga tersebut saling terkait dan harus sinkron. sekian tutorial yang dapat saya berikan semoga bermanfaat, sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya.

 

BACA JUGA :