Tips Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

Posted on
Tips Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar
Rate this post

Bayangkan pada jam 2 pagi dini hari, laporan kantor telah selesai dikerjakan, atau telah mengerjakan tugas kuliah. Namun, tidak bisa mencetak laporan tersebut karena sudah terlalu larut dan ingin segera beristirahat. Kemudian, ketika ingin mencetak, malah yang terjadi adalah ada peringatan bahwa tinta printer tidak keluar. Apa yang harus dilakukan ketika hal ini terjadi? Seluruh layanan sudah tutup. Bagaimana cara untuk menangani kegilaan yang sedang terjadi dalam beberapa jam saja? Tips berikut bisa saja dibutuhkan, dan tidak ada salahnya untuk dicoba tentang cara mengatasi tinta printer tidak keluar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan tinta printer tidak keluar yang bisa dicoba.

Tips Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

1. Pertama buka control panel untuk printer pada komputer dan lihat apakah cartridge menunjukkan tinta habis.
2. Sekarang pengguna bisa mengetahui dimana letak kesalahan yang terjadi.
3. Buka bagian atas ptinter dan pindahkan cartridge.
4. Goyang-goyangkan, kemudian pasang kembali.
5. Lihat apakah sekarang printer sudah bisa dipakai kembali.

Jika cara ini tidak berhasil, maka anda dapat melakukan metode yang lainnya, berikut ini cara yang dapat  anda lakukan.

Tutorial Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

1. Pindahkan cartridge.
2. Kemudian, tempatkan Scotch tape bersih diatas copper atau poin gold contact.
3. Lalu pasang kembali.
Langkah ini biasanya dilakukan dalam keadaan komputer dan printer mati, hingga terselesaikan pekerjaan.

Pada sebagian besar permasalahan, ketika printer melaporkan bahwa tinta habis, sebenarnya hal ini tidak berarti benar-benar habis. Hanya saja proses mencetak berjalan lambat. Sebagian besar produsen printer tidak mendapatkan uang dari penjualan printer. Namun, keuntungan lebih didapatkan dari penjualan cartridge. Sehingga, ketika ada laporan bahwa tinta kurang, maka sudah seharusnya ada penggantian cartridge baru lagi bukan? Jika hal ini kemudian terjadi, dan tetap menjalankan printer, apakah tinta tersebut benar-benar habis?

Alangkah beruntungnya bila telah melakukan tips diatas sebelumnya. Namun, bagaimana ketika melupakan hal tersebut? Lalu apa yang terjadi dengan cartridge yang telah telanjur mengering? Hal ini juga bisa diatasi dengan langkah mudah berikut.

1. Ambil cartridge yang telah telanjur mengering dan gunakan pengering rambut untuk memanaskan selama beberapa menit.
2. Tunggu hingga cartridge menjadi hangat, pastikan dengan tangan.
3. Bila telah hangat, pasang kembali ke mesin printer dan mulailah mencetak.

Panas yang berasal dari pengering rambut kemudian menyebabkan tinta yang telah mengering kembali cair. Panaskan bagian pada cartridge yang terhubung dengan tinta. Jangan biarkan tinta menetes keluar. Bersihkan tinta yang telanjur keluar hingga kering sebelum dipasang ke mesin printer.

Dengan mengikuti berbagai cara untuk mengatasi tinta printer tidak keluar diatas, maka laporan yang harus segera dicetak di tengah malam pun akan selesai dikerjakan. Sehingga, laporan kerja maupun tugas kuliah bisa dikumpulkan sesuai dengan tenggat waktu. Segala urusan bisa dikerjakan dan berjalan dengan lancar. Langkah-langkah diatas juga terbilang cukup mudah untuk dilakukan seorang diri. untuk cara atau tutorial yang lainnya tentang komputer dapat anda temukan di website kami di http://www.kuncikomputer.com.

Baca Juga: