Susunan Kabel LAN Dan Macam-Macam Kabel Jaringan Komputer Serta Penjelasannya

Posted on
Susunan Kabel LAN Dan Macam-Macam Kabel Jaringan Komputer Serta Penjelasannya
Rate this post

www.kuncikomputer.com –¬†apabila membicarakan jaringan komputer LAN (local area network) merupakan salah satu jenis jaringan komputer. local area network atau LAN memiliki susunan kabel tersendiri yaitu susunan kabel straight dan susunan kabel cross. pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat kabel jaringan local area network atau LAN dan menjelaskan macam-macam kabel jaringan. untuk lebih lengkapnya dan untuk menambah pengetahuan anda tentang jaringan silahkan baca artikel saya tentang Susunan Kabel LAN Dan Macam-Macam Kabel Jaringan Komputer Serta Penjelasannya.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Susunan Kabel LAN Dan Macam-Macam Kabel Jaringan Komputer Serta Penjelasannya, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Susunan Kabel LAN Dan Macam-Macam Kabel Jaringan Komputer Serta Penjelasannya



seperti yang telah saya tuliskan diatas, susunan kabel LAN memiliki dua jenis susunan kabel yaitu susunan kabel straight dan susunan kabel Croos. kabel yang sering digunakan untuk membuat jaringan LAN yaitu kabel UTP dan STP. dari kedua susunan kabel tersebut memeliki perbedaan dalam kegunaannya yang akan dijelaskan dibawah.

Susunan Kabel Straight

susunan Kabel Straight berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang berbeda seperti menghubungkan komputer dengan switch, hub dan lainnya. susunan kabel straight memiliki kesamaan dikedua ujung kabel pada RJ45 nya. berikut ini adalah susunan kabel straight.

* putih-orange
* orange
* putih-hijau
* biru
* putih-biru
* hijau
* putih-coklat
* coklat

Susunan Kabel Cross

susuna kabel cross berguna untuk menghubungkan perangakat yang sama seperti menghubungkan komputer ke komputer dan lainnya. susunan kabel croos memiliki ujung yang berbeda pada ujung di RJ45 nya. berikut ini adalah kedua susunan kabel cross.

susunan kabel cross 1
* putih-orange
* orange
* putih-hijau
* biru
* putih-biru
* hijau
* putih-coklat
* coklat

susunan kabel cross 2
* putih-hijau
* hijau
* putih-orange
* biru
* putih-biru
* orange
* putih-coklat
* coklat

Macam-Macam Kabel Jaringan

dalam jaringan terdapat 4 (empat) jenis kabel jarigan yang sering digunakan. berikut ini penjelasan dari 4 macam kabel jaringan.
1. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)


kabel UTP merupakan kabel jaringan LAN (local area network) yang terdiri dari 8 kabel yang sudah dililit susuai warnanya yang bertujuan untuk mengurangi interferensi listrik. jenis kabel ini bagus digunakan didalam ruangan karena memiliki jarak yang pendek yaitu maksimum 100m dan kecepatan transfer rate 10-100 Mbps.

2. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)


kabel STP merupakan kabel jaringan sama dengan UTP untuk jaringan LAN local area network. akan tetapi kabel STP memiliki keunggulan tersendiri karena memiliki lapisan tambahan didalam kabelnya yaitu berupa alumunium foil yang berfungsi untuk mengurangi gangguan elektrik. kabel STP biasanya diguanakan untuk membuat jaringan LAN diluar gedung karena lebih tahan lama dibandingkan dengan kabel UTP.

3. kabel coaxial


kabel coaxial merupakan kabel jaringan yang sering diguanakan pada topologi BUS dan topologi RING. jenis kabel ini memiliki panjang maksimal yang diizinkan 500m dan biasanya digunakan untuk jaringan dengan biaya rendah. kekurangan kabel coaxial yaitu jangkauan yang terbatas dan kehandalannya juga terbatas. kabel coaxial memili kecepatan 10-100 Mbps dan panjang maksimum 500m, media dan ukuran konektor medium.

4. kabel fiber optik


jenis kabel ini memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan kabel jaringan yang lainnya. kabel fiber optik biasanya digunakan pada perusahaan besar dan kabel fiber optik berfungsi untuk media networking medium sebagai transmisi-transmisi modulasi antar lantai atau antar gedung. kabel fiber optik memiliki kecepatan 100+ Mbps, panjang kabel yang digunakan mencapai 2 Km, media dan ukuran konektor keci.

sekian artikel tentang Susunan Kabel LAN Dan Macam-Macam Kabel Jaringan Komputer Serta Penjelasannya yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan diatas.

Baca Juga: