Sejarah Windows Sebagai Sistem Operasi Untuk Semua Versi

Posted on

www.kuncikomputer.com –  pada kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah windows dari pertama kali windows dirilis hingga sekarang. kita sebagai pengguna sistem operasi windows, harusnya kita mengetahui perkembangan dari sejarah windows. windows pertama kali di rilis pada 20 November 1985 dengan versi windows 1.0 hingga sekarang sudah mencapai versi windows 10. dari perjalanan panjang sistem operasi windows terdapat perubahan perubahan yang bertujuan untuk untuk memudahkan penggunanya dalam menggunakan sistem operasi windows. oke mending kita langsung saja keartikel saya tentang Sejarah Windows Sebagai Sistem Operasi Untuk Semua Versi.

sepeti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Sejarah Windows Sebagai Sistem Operasi Untuk Semua Versi



windows

1. Windows Versi 1.0

sistem operasi ini pertama keluar pada 20 november 1985, versi 1.0 merupakan rilisan pertama kali yang buat oleh windows. pada versi ini terdapat banyak kekurangan didalam fungsionalitasnya, sehingga tidak terlalu populer pada tahun itu. windows versi 1.0 bukan merupakan sistem operasi yang lengkap, akan tetapi mempunyai kemampuan MSDOS dengan tambahan tampilan antarmuka grafis. permasalahan lainnya pada sistem operasi windows versi 1.0 yaitu memiliki masalah dan kelemahan yang sama dengan yang dimiliki oleh MSDOS.

2. Windows Versi 2.0

versi ini merupakan versi lanjutan dari windows versi 1.0, pada windows versi 2.0 Di keluar pada tahun 1987 dan penggunaan kartu grafis VGA mulai diperkenalkan, sehingga memiliki kemampuan untuk menampilkan resolusi yang lebih baik dari windows versi 1.0. didalam windows ini sudah terdapat microsoft word dan microsoft excel. adapun aplikasi yang dapat diinstal pada sistem operasi windows versi 2.0 adalah corel draw dan pagemarker.

3. Windows Versi 3.X

windows versi ini terdapat windows versi 3.0 dan versi 3.1 yang keluar pada tahun 1990 dan 1992. pada windows versi ini terdapat peningkatan performa, advanced graphic dengan mendukung 16 warna dan dukungan processor yang lebih tinggi dari intel 386. hal ini pertama kalinya windows membuat sistem operasi yang memiliki sebuah dekstop publishing platform fungsional.

4. Windows For Workgroups

Windows ini sudah ada pada windows versi 3.1 pada tahun 1992 ide pembuatan sistem operasi berbasis workgroup ini dilanjutkan pengembangannya pada windows versi 3.1.1. windows versi 3.1.1 merupakan awal dari sistem operasi windows yang memiliki jaringan (network).

5. Windows NT

yang mendesain dari windows NT adalah Dave Cutler yang merupakan salah satu dari pemimpin yang mendesain sistem operasi VMS di perusahaan (DEC) digital equipment corporation yang dijual ke Compaq yang sekarang bagian dari hewlett-packard. Perkembangan sistem operasi windows NT merupakan versi lanjutan dari perkembangan sebelumnya yang dikembangkan oleh penemu windows sekaligus pendiri microsoft corporation.

6. Windows 95

Windows 95 merupakan perkembangan sistem operasi windows selanjutnya yang sudah terintegrasi dengan 32-bit TCP/IP (transmission control protocol/internet protocol) dan sudah terdapat jaringan internet, dial-up networking, serta mendukung plug and play, dengan begitu kita dapat menginstal device hanya dengan menyolokan kabel hardwarenya.windows 95 dengan 32-bit memiliki kapasitas multimedia atau fitur yang lebih kaya untuk sebuah komputer dan jaringan yang sudah terintegrasi.

7. Windows 98

windows versi 98 di pasarkan pada 25 juni 1998, pada versi ini windows sudah mempunyai perkembangan lain selain jaringan windows ini juga mulai support terhadap port usb. usb scanner, usb hub, usb keyboard, usb mouse, usb joystick dan lain sebagainya sudah mendukung di sisem operasi windows versi 98.

8. Windows Millenium Edition (ME)

Windows Millenium Edition (ME) keluar pada tahun 2000 dan dirancang khusus bagi pengguan rumahan. perkembangan versi ini tidak disukai oleh user yang menggunakannya karena terdapat isu bahwa windows ini tida skompatibel dengan windows 98SE saat menjalankan beberapa aplikasi tambahan.

9. Windows XP (Experience)

windows versi ini dipasrkan pada tahun 2001 dan banyak diteriman oleh para pengguna komputer, karena memiliki peningkatan dari windows sebelumnya. windows ini memiliki reliabilitas tinggi, keamanan dan performa serta memiliki tampilan yang lebih enak dilihat. pada sistem operasi windows ini memilikiterdapat fitur tambahan untuk bisnis dan untuk komputer rumahan. selain itu terdapat file system yang dapat di enskri, sistem restore, remote dekstop conection dan tentunya sudah terdapat jaringan (networking). terdapat wireless 802.1x network, windows messenger, serta remote assistence bagi pengguna mobile.

10. Windows Vista

windows versi ini dipasarkan pada tahun 2007, windows vista merupakan sistem operasi windows lanjutan yang dikembangkan oleh penemu windows. perubahan pada windows vista yaitu terdapat pada interface, dan kemampuan sekuritas juga ditambahkan oleh microsoft agar lebih aman dan meamanjakan user, meskipun pada versi windows xp sudah terdapat keamanan dan memanjakan penggunanya yang intinya tidak beda jauh dari windws xp.

11. Windows 7

windows 7 mulai ramai dipergunakan pada tahun 2010, windows 7 merupakan perkembangan sistem operasi windows selanjutnya dengan kehandalan tersendiri dari pada windows versi sebelumnya. pada windows 7 proses bootiing dan proses shutdown lebih cepat dari pada windows sebelumnya, serta memiliki responsifitas lebih tinggi. pengembangan sistem operasi ini bertujuan untuk memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan tuga tugas mereka, pada windows 7 kita dapat mengkoneksikan beberapakomputer menggunakan wireles yang telah tersedia di sistem operasi dan dapat menggunakan wireles untuk internetan dengan puas.

12. Windows 8

window 8 sudah mulai di buat sebelum windows 7 diluncurkan pada tahun 2009. windows 8 di publikasikan pada tanggal 13 september 2011, pada windows 8 terdapat start screen baru dan antarmuka serta sejumlah sampel aplikasi buatan karyawan yang magang dimicrosoft. kemudian microsoft meluncurkan windows 8 consumer preview pada 29 februari 2012 dan versi beta dari windows 8. pada windows 8 tombol start tidak lagi terletak pada taksbar akan tetapi start di windows 8 harus mengklik layar di sebelah kiri dari monitor dan start terletak pada kotak charm. serta microsoft meluncurkan windows 8 pada 25 oktober 2012 untuk benar benar dapat digunakan oleh publik.

13. Windows 8.1

windows 8.1 merupakan perkembangan lanjutan dari windows 8, windows 8.1 atau disebut juga dengan blue . pada tanggal 29 juni 2013 build 9431 (windows 8.1 free preview) di publikasikan. pada windows ini booting langsung ke dekstop dan memiliki layar kunci yang telah disempurnakan serta dilengkapi dengan tombol mulai baru. kemudian windows 8.1 di luncurkan ke publik pada 27 agustus 2013 dengan nomor build 6.3.9600.16384. dan acara peluncuran pada 17 oktober 2013 benar benar diluncurkan kepublik.

14. Windows 10

windows 10 merupakan versi saat ini yang dikeluarkan oleh microsoft atau pengembang sistem operasi windows, pada tanggal 30 september 2014 nama windows 10 di publikasikan dengan codename threshold. kemudian pada tanggal 1 juni 2015 microsoft memberitahu bahwa akan rilis windows 10 pada tanggal 29 juli 2015.

sekian tutorial yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat, sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga :