Rahasia Cara Membuat Slide Presentasi PowerPoint Yang Baik Dan Menarik

Posted on
Rahasia Cara Membuat Slide Presentasi PowerPoint Yang Baik Dan Menarik
5 (100%) 1 vote

Slide Powerpoint dapat digunakan untuk mempresentasikan hasil kerja seseorang, atau bisa juga digunakan untuk mengajar mahasiswa dan lain sebagainya. jika slide yang anda presentasikan baik dan menarik tentu akan bisa mudah di pahami oleh audience dan bahkan bisa menarik minat customer jika anda mempresentasikan sebuah produk. dengan demikian saya akan mencoba berbagi cara membuat slide presentasi powerpoint yang baik dan menarik.

jika anda mempunyai sebuah projek dan hasilnya akan di presentasikan, tentu slide powerpoint bisa menjadi alat bantu yang sangat efektif untuk presentasi. akan tetapi sebelum anda membuat slidenya, anda harus tahu dahulu cara membuat slide presentasi yang baik itu seperti apa. berikut ini point-point yang harus di siapkan oleh anda.

Cara Membuat Slide PowerPoint Yang Baik

1. Menyiapkan Konten
konten merupakan isi dari slide yang akan anda buat, jika anda ingin membuat slide yang baik tentu anda harus menyiapkan sebuah konten yang baik juga. sebelum membuat slide anda harus terlebih dahulu membuat kontennya.

cara membuat konten yaitu dengan menggunakan kertas dan pena, karena kita perlu mendesain terlebih dahulu agar sesuai dengan apa yang akan kita presentasikan.

buatlah ide kreatif dan inovatif agar lebih menarik dan lebih mudah di pahami oleh audience nantinya. jika ide membuat konten selesai anda bisa merangkum ide-ide yang sudah fix dan yang akan di jadikan sebuah slide.

kumpulkan semua ide konten yang telah anda buat hingga lengkap dan bisa di jadikan materi presentasi dengan utuh.

2. Buatlah Storyboard
storyboard merupakan alat serba guna untuk menjadikan konten anda lebih mudah dipahami dengan cara memvisualisasikan konten yang ada.

biasanya storyboard di tampilkan dalam bentuk sketsa ataupun gambar yang berurutan agar mudah di cerna dan di pahami. storyboard biasanya mempunyai 2 bagian yaitu konten dan sketsa gambar sehingga dapat mempresentasikan cerita anda dengan lebih Lengkap.

Cara Membuat Storyboard

1. Membuat Kerangka Dasar

Kalau di powerpoint,anda bisa membuat kerangka dasar di outline untuk membuat sebuah judul besar yang akan anda presentasikan. karena di powerpoint slide yang akan kita buat itu tidak bisa kita tentukan terlebih dahulu, terkadang lebih banyak dan terkadang lebih sedikit. untuk contoh cara membuat outline lihat gambar berikut.

dengan adanya judul besar di outline itu akan mempermudah anda dalam membuat sebuah slide, karena sudah ada kerangka dasarnya.

kemudian coba anda klik slide untuk melihat urutan slide yang akan anda buat apakah sudah benar atau belum. jika sudah yakin berurut selanjutnya print dengan ukuran kecil, satu kertas di jadikan empat slide.

Baca Ini :Cara Print PowerPoint Satu Lembar Untuk Beberapa Slide

2. Buat Sketsa dan Gambar
jika telah di cetak, silahkan anda siapkan alat untuk membuat gambar dan sketsa dan buatlah di kertas hasil cetakan anda sesuai dengan judul besarnya.

gambar yang anda buat tidak harus bagus yang penting gambar bisa mewakili isi dari konten yang sebenarnya dan mudah di pahami serta agar lebih menarik.

3. Membuat Desain Slide Power Point

di tahap ketiga saya akan menjelaskan cara membuat slide powerpoint di slide pertama saja, karena di slide selanjutnya anda bisa mengerjakannya dengan cara yang sama akan tetapi dapat anda kembangkan di warna tulisan, animasi, gambar dan bagroundnya. saya disini menggunakan microsoft office 2007.

1. kita akan mewarnai baground tulisan pada judul, caranya klik judul hingga keluar garis kotak keliling kemudian klik kanan dan pilih format shape. perhatikan gambar berikut ini.

2. kemudian pilih fiil -> gradient fill (anda juga bisa memilih warna di solid fill, picture or texture fill)-> pilih warna baground di pressent colors. lihat gambar berikut.

3. untuk mewarnai baground pengertian di bawahnya atau tulisan caranya masih sama di “format shape”.
4. sekarang kita akan mewarnai baground dasar slide yang warna putih. caranya klik kanan di warna putih kemudian pilih format baground -> fill-> picture or texture fill (anda juga bisa memilih warna di gradient fill atau di solid fill. lihat gambar di bawah ini

5. jika sudah di warnai, sekarang kita akan membuat animasi untuk slide nya.
6. caranya pilih slide pertama klik animation dan pilih “transition to this slide”. lihat gambar berikut ini.

7. jika slidenya sudah ada animasinya, sekarang kita akan memberikan animasi di gambar dan di tulisannya.
8. caranya klik gambar -> pilih animation -> animate -> custom animation -> add effect ->entrance -> pilih satu effeck saja. lihat di bawah ini.

9. untuk membuat animasi di tulisan caranya sama di add effect dan pilih salah satu effect animasi ayang ada di entrance, emphasis, motion path atau di exit.
10. jika sudah di beri efek sekarang tinggal memberikan waktu agar efek animasinya ajalan sendiri saat di jalankan.
11. caranya klik gambar yang telah di kasih animasi pada tahap 8. kemudian klik segitiga kecil -> pilih timing -> start pilih afterprevious -> delay pilih 1 second kemudian ok.


12. untuk memberi waktu pada efek tulisan juga caranya masih sama.
13. jika sudah sekarang jalankan slidenya dengan cara tekan f5 di keyboard anda.

mungkin itu saja materi cara membuat slide powerpoint yang baik dan menarik yang dapat saya bagikan kali ini semoga dapat membantu anda. jika anda mempunya masalah lain silahkan anda cari solusinya di website kami di kuncikomputer.com.

Baca Juga: