Perbedaan UML (Unified Modeling Language) Dengan DFD (Terstruktur)

Posted on
Perbedaan UML (Unified Modeling Language) Dengan DFD (Terstruktur)
Rate this post

Biasanya orang yang akan membuat sebuah aplikasi akan merasa bimbang dan bingung saat memilih metode yang akan digunakan untuk analisis sebuah sistem yang akan dibuat. untuk itu saya akan mencoba menjelaskan sedikit materi mengenai UML dan DFD.

Jika anda menggunakan metode UML (unified modeling language) anda harus paham dengan alat yang akan digunakannya yaitu Bagan Alir Dokumen, use case diagram, Activity Diagram, Class Diagram, Squuence Diagram.

sedangkan jika anda menggunakan metode terstruktur dan alat yang digunakan yaitu Bagan Alir Dokumen, Diagram konteks, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram, dan relasi antar tabel.

nah untuk perbedaan mendasarnya dari kedua metode yang akan anda gunakan diatas dapat anda baca di bawah ini.

Perebedaan UML Dan Metode Terstruktur

diatas sudah saya jelaskan sedikit mengenai alat yang akan digunakan dari kedua metode tersebut. nah untuk bagan alir dokumen itu harus ada di kedua metode, karena sebuah sistem yang akan di analisis harus dapat di pahami dahulu alurnya dan digambarkan menggunakan bagan alir dokumen.

Setelah Bagan Alir Dokumen dapat di pahami dan bisa digambarkan selanjutnya anda bisa mengembangkan menggunakan metode yang sesuai, nah untuk memilih metode yang akan anda gunakan silahkan pahami dahulu kebutuhan sistem yang akan dibuat.

Artikel Terkait:

* UML (Unified Modeling Language)
Biasanya UML digunakan untuk sistem yang mempunyai sekala yang lebih luas atau ruang lingkup pengguna yang banyak, contoh sistem yang dibuat berbasis website dan bisa diakses oleh orang banyak. dengan demikian anda akan lebih mudah dalam menganalisis kebutuhan dari user, dan alat yang digunakan yaitu usecase diagram, activity diagram, class diagram, squence diagram.

* Terstruktur atau Menggunakan DFD (Data Flow Diagram)
untuk yang terstruktur biasanya diguanakan untuk sebuah sistem yang ruang lingkupnya kecil dan digunakan hanya untuk beberapa orang saja. biasanya sistem yang dibuat berbasis desktop. adapun alat yang digunakan yaitu diagram konteks, data flow diagram, entity relationship diagram, relasi antar tabel.

saya rasa cukup untuk perbedaan uml dan dfd semoga dapat membantu anda dalam memilih metode untuk pengembangan sistem atau membuat sistem. Jika anda mempunyai masalah yang lainnya silahkan anda cari solusinya di website kami di www.kuncikomputer.com .

Baca Juga: