Perbedaan Intel dan AMD Serta Kekurangan dan Kelebihan nya [Lengkap]

Posted on
Perbedaan Intel dan AMD Serta Kekurangan dan Kelebihan nya [Lengkap]
Rate this post

www.kuncikomputer.com – Membicarakan tentang performa sebuah PC ataupun Laptop, tentunya tak lepas dari peran serta CPU (Central Prossesing Unit) atau disebut juga dengan Processor dan Motherboard. Processor merupakan otak dari sebuah sistem, sedangkan jantung dari sistem itu sendiri adalah motherboard. Di pasaran sendiri terdapat 2 brand processor yang menjadi pilihan bagi pengguna, yaitu Intel dan AMD.  Kedua merk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai perbedaan Intel dan AMD.

Perbedaan Intel dan AMD Serta Kekurangan dan Kelebihan

perbedaan amd dan intel

  • Berdasarkan Kecepatan

Processor AMD memiliki memory controler atau yang disebut HyperTransport, sehingga kecepatan akses data rate pun jauh lebih cepat. Sedangkan pada Processor Intel telah dilengkapi kapasitas memory internal yang cukup besar. Maka dari itu, Intel sangat mendukung untuk digunakan mengakses beberapa aplikasi sekaligus. Kapasitas L1 cache pada Intel mencapai 32K, sedangkan L1 cache pada AMD mencapai 128K. Namun pada Intel juga dilengkapi dengan memory L2 cache. Sehingga kecepatan dalam mengakses berbagai aplikasi jauh lebih cepat. Berbanding terbalik dengan AMD yang hanya fokus pada aplikasi yang sedang Anda jalankan saja.

  • Berdasarkan Segmentasi

Perbedaan Intel dan AMD dari segi segmentasi pasar terlihat dari konsep dasar yang diusung. Untuk para pecinta game, tentunya AMD menjadi opsi utama. Sebab AMD telah terintegrasi dengan Nvidia dan Ati Radeon.  Meskipun Intel sendiri telah melakukan perbaikan grafis melalui Intel 3D, namun kualitas grafis yang dihasilkan masih dibawah Ati Radeon dan NVidia.

  • Berdasarkan Pendeteksian Virus

AMD satu langkah lebih unggul dibandingkan Intel dari segi proteksi sistem terhadap virus. Pada Processor AMD telah disematkan teknologi untuk mendeteksi adanya virus. Sehingga mampu mencegah virus untuk masuk kedalam sistem. Sedangkan untuk Processor Intel sendiri, teknologi tersebut masih belum disematkan.

  • Berdasarkan Speed

Processor Intel akan mengalami penurunan speed ketika suhu mulai meningkat. Sehingga kecepatan akses transfer data pun juga akan semakin rendah. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Processor AMD. Meskipun mengalami kenaikan suhu, processor akan mampu bekerja stabil.

  • Berdasarkan Harga

Dari segi harga jual, Intel jauh lebih mahal jika dibandingkan AMD. Menurut survey, cost pembuatan processor Intel jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan AMD. Hal inilah yang mempengaruhi harga jual PC ataupun Laptop di pasaran jauh lebih tinggi daripada AMD.

  • Dipasaran

Di pasar gadget, Intel tidak hanya dikenal disematkan pada PC atau laptop saja. Processor Intel juga digunakan pada smartphone dan smartwatch. Hal inilah yang menyebabkan Intel memiliki kekuatan brand yang cukup besar jika di bandingkan dengan AMD yang rata-rata hanya digunakan pada PC ataupun Laptop.

Pada dasarnya dibalik perbedaan Intel dan AMD, tentunya kedua jenis processor ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi, jika Anda ingin membeli PC ataupun Laptop dan bingung memilih antara AMD atau Intel sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kebutuhan daily sebaiknya Anda menggunakan Intel. Sedangkan untuk gamers sebaiknya Anda memilih AMD.

Baca Juga: