Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi dan Tujuannya

Posted on
Pengertian Teknologi Informasi, Fungsi dan Tujuannya
Rate this post

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah sebuah studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dan dukungan manajemen sistem informasi berbasis komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Teknologi Informasi memanfaatkan komputer dan memiliki manfaat untuk mengubah, memproses dan menyimpan dan melindungi informasi secara aman.

Di jaman sekarang ini sudah sangat banyak organisasi atau perusahaan yang memanfaatkan teknologi informasi yang berguna untuk mengolah data menjadi sebuah informasi, alasannya yaitu Karena dapat meningkatkan kompleksitas dari kerjaan manajemen, pengaruh ekonomi internasional, karena di perlukan waktu tanggap yang cepat, Persaingan Bisnis yang semakin banyak.

Fungsi Teknologi informasi

1. TI berguna untuk mengolah (processing)
processing maksudnya yaitu TI berguna untuk mengolah data mentah menjadi sebuah informasi yang diinputkan melalui alat input seperti mouse, keyboard, dan lainnya kemudian di proses dan dijadikan sebuah informasi. pemrosesan data juga dapat di konversi ke bentuk lain dengan di proses sesuai prosedur yang telah buat pada sebuah sistem.
2. Fungsi Teknologi informasi sebagai Generating
dengan kata lain generating yaitu menjadikan sebuah informasi dengan bentuk yang berbeda dan menjadi lebih mudah untuk di pahami seperti laporan, tabel, grafik dan lain sebagainya.
3. TI Berguna sebagai penyimpanan
Teknologi informasi berguna sebagai media penyimpanan yang dapat menyimpan data dan informasi ke dalam media penyimpanan seperti flashdisk, cd, harddisk dan lain nya.
4. TI Berguna untuk Mencari Kembali Data (Retrifal)
retrifal yaitu mencari kembali data yang lalu, contohnya mencari data supplier yang sudah lunas angsuran atau mencari data customer yang masih kredit, pada intinya mencari data yang telah tersimpan.
5. Fungsi TI sebagai Transmisi
TI dapat digunakan sebagai transmisi atau mengirim data dari satu tempat ke tempat lain. contohnya mengirim file dari komputer A ke komputer B menggunakan jaringan.

Artikel Terkait:

Cara Mudah Sharing Data Memakai WLAN Tanpa Kabel Jaringan

2 Langkah Cara Sharing Printer Dengan Cepat Menggunakan LAN [100% Berhasil]

Cara Sharing Internet Atau Berbagi Koneksi Modem Dengan LAN

Tujuan Teknologi

Teknologi informasi bertujuan untuk memecahkan sebuah masalah dan dapat digunakan untuk memudahkan semua pekerjaan manusia. dengan demikian dengan adanya sistem informasi pekerjaan akan lebih mudah selesai. selain lebih mudah, dengan adanya teknologi informasi kita akan lebih menghemat waktu karena lebih efektif dan efisien dalam segi waktu.

Baca Juga: