Pengertian Startup Program Dalam Komputer dan Startup Dalam Bisnis Serta Contohnya

Posted on
Pengertian Startup Program Dalam Komputer dan Startup Dalam Bisnis Serta Contohnya
Rate this post

www.kuncikomputer.com – saya sebenarnya bingung ingin menulis materi tentang startup karena banyak istilah yang menggunakan bahasa startup. berhubung saya fokus dalam dunia komputer jadi saya menulis startup program pada pembahasan pertama, dan agar lebih lengkap saya juga menulis startup pada dunia bisnis di pembahasan keduanya. nah untuk lebih jelasnya anda dapat membaca sampai selesai agar menambah ilmu anda dalam pengertian startup.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel saya kali ini saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.

Pengertian Startup Program Dalam Komputer dan Startup Dalam Bisnis Serta Contohnya

nah dalam komputer istilah startup sering digunakan apabila membahas sebuah program didalam komputer yang menyebabkan sebuah komputer menjadi lamban atau lambat. bagi anda yang belum memahami dan belum tahu cara melihat program apa saja yang berajalan pada startup dikomputer anda, anda dapat mempelajari langkah-langkah melihat startup program dibawah ini.

Pengertian Startup Program Dalam Komputer

startup dalam komputer atau dikenal dengan program startup yaitu program yang aktif secara otomatis pada saat sistem operasi windows dalam proses load. selain startup program kadang orang menyebutnya dengan Resident Program maksudnya sebuah program atau aplikasi yang terdapat pada memorRAM komputer pada saat komputer Aktif. resident program memang selalu siap untuk digunakan kapan saja akan tetapi karena programnya yang selalu dalam memori RAM jadi menyita resource komputer walaupun tidak masih digunakan oleh user. dengan demikian dapat kita simpulkan apabila banyaknya startup program yang berjalan pada sebuah komputer maka komputer akan lambat atau berat apabila digunakan.

  • Asal Startup Program

1. startup program biasanya dari sistem operasi windows itu sendiri, mengapa??? karena sistem operasi memiliki banyak dukungan supaya sistem operasi dapat berjalan dengan optimal, program startup yang dibawa oleh sisstem operasi windows ini biasanya akan masuk saat proses instalasi, program ini menurut saya wajar ada agar windows bekerja secara optimal.
2. startup program yang berasal dari aplikasi yang terinstal dikomputer anda. biasanya sebuah aplikasi akan mempunyai sebuah program startup yang berfungsi sebagai update aplikasi tersebut atau sebagai advertorial/iklan ataupun memiliki fungsi lainnya.
3. start up program bisa juga diakibatkan oleh virus.

Contoh Startup program yang tidak terlalu diperlukan
1. aplikasi ink-monitor sebuah printer, kita dapat melihatnya pada menu preference atau properties.
2. program update otomatis biasanya setiap program komputer mempunyai startup program ini, dan program ini akan otomatis berjalan meskipun kita tidak memerlukannya.
3. photo manager berfungsi untuk menunggu user memasang sebuah memory atau camera serta menawarkan apakah akan menambahkan poto kedalam album, ini juga dapat dilakukan secara manual.
4. sistem management sinkronisasi untuk mobile atau handphone, program ini dapat dilakukan secara manual di start menu saat dibutuhkan.
5. dan program aplikasi yang biasanya berjalan secara otomatis di starup.

  • Cara Melihat Startup Program
  1. pertama buka run tekan windows + R kemudian ketikan  msconfig kemudian enter. perhatikan gambar dibawah ini agar lebih jelas.
  2. selain di jendela run anda juga dapat mencainya  di start windows dan ketikan msconfig.exe kemudian enter dan pilih menu start up. isinya sama meskipun yang menggunakan jendela Run nama menunya services.
  3. pada jendela startup program ini anda dapat menghentikan program dengan cara hilangkan ceklis pada program yang menurut anda tidak perlu kemudian OK.
  4. setelah itu biasanya akan muncul pemberitahuan apakah komputer akan di restart atau tidak, pilih saja restart later.

mungkin cukup sekian startup dalam dunia komputer semoga menambah wawasan anda, nah untuk satartup dalam bisnis anda dapat baca di bawah ini.

Pengertian Startup Dalam Bisnis

Untuk jaman sekarang, kata-kata startup sudah tidak menjadi kata yang asing bagi anak-anak muda dan pengusaha. Startup sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 90-an. Hanya saja karena perkembangan teknologi dan internet yang menghubungkan segala sesuatunya di dunia, maka tidak heran kalau perkembangan startup semakin membesar dan bahkan menjadi suatu kebiasaan untuk masyarakat dunia. Begitu juga dengan Indonesia sebagai salah satu pengguna internet terbanyak di dunia. Tapi sebagai pengunjung tetap dunia maya, apakah Anda mengetahui pengertian startup?

Startup merupakan istilah untuk perusahaan yang menggunakan bidang informasi dan teknologi sebagai media utamanya. Internet, aplikasi, dan website menjadi ciri utama untuk perusahaan ini. istilah ini terutama, digunakan untuk perusahaan yang baru dirintis, sesuai dengan namanya yang mengandung kata-kata ‘start’ yang artinya memulai.

  • E-commerce

Perusahaan E-commerce yang menampung berbagai online shop merupakan salah satu contoh dari perusahaan startup. Dengan sistem website dan aplikasi untuk gadget, perusahaan ini merambah ke berbagai kalangan dan menjangkau setiap lapisan masyarakat. Mulai dari pakaian, kebutuhan sehari-hari, inovasi unik, hingga kuliner disediakan oleh berbagai kalangan di website dan aplikasi ini. Untuk mendaftar dan menggunakannya pun sangat mudah sehingga ramah pengguna menjadi salah satu ciri-ciri web atau aplikasi perusahaan ini.

  • Transportasi online

Transportasi online tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga di negara-negara maju dimana transportasi diawasi dengan ketat penggunaannya. Pengertian startup sendiri, meski mengacu pada perusahaan yang baru saja dirintis, namun perusahaan penyedia transportasi online ini juga termasuk di antaranya. Dengan transportasi online, siapapun bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjadi penyedia transportasi online.

Jika Anda menggunakan aplikasi atau jasa dari perusahaan startup ini, maka Anda pun harusnya mengetahui apa saja yang termasuk dalam perusahaan startup. Namun, jika Anda belum mengetahui benar pengertian startup, maka Anda bisa sekali lagi melihat penjelasan di atas untuk lebih jelas lagi mengetahui tentang pengertian usaha tersebut. Semoga pembahasan mengenai startup ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga: