Pengertian Sistem Operasi GUI dan CLI Serta Perbedaannya

Posted on
Pengertian Sistem Operasi GUI dan CLI Serta Perbedaannya
Rate this post

Perbedaan Gui dan Cli – secara umum sistem operasi memiliki dua jenis antarmuka, yang pertama yaitu antarmuka berbasis Gui dan antarmuka berbasis cli. GUI merupakan singkatan dari (graphical user interface) sedangkan CLI singkatan dari (command line interface).

Perbedaan Gui Dan Cli

A. Pengertian GUI (Graphical User Interface)

Antarmuka GUI (Graphical User Interface adalah interface yang ada di sistem operasi dengan memanfaatkan tampilan grafis, bisa di kendalikan menggunakan beberapa alat input (mouse, keyboard, touchscreen dsb). antarmuka GUI biasanya terdapat jendela, menu, tombol, icon dan lainnya yang sengaja di buat untuk memudahkan penggunanya. selian itu tujuan lainnya yaitu agar pengguna lebih nyaman atau user friendly saat menggunakan sistem operasi.

Dalam penerapannya antarmuka GUI biasanya digunakan untuk umum atau komputer desktop karena agar mudah di pahami dan nyaman digunakan (user friendly). contoh dari sistem operasi berbasis GUI yaitu Windows, Macintosh, Android, RedHat, Ubuntu dan lainnya.

Kelebihan Sistem Operasi Berbasis GUI

* mudah di gunakan karena user friendly dan tampilannya lebih menarik.
* pengguna akan merasa nyaman dan tidak membosankan
* kita menggunakan berdasarkan icon dan menu yang ada tidak menggunakan baris dan perintah

Kekurangan GUI

* performa sistem operasi yang berbasis GUI akan lebih berat
* kebutuhan hardware lebih besar spesifikasi yang digunakannya.

B. Pengertian CLI (Command Line Interface)

antarmuka berbasis CLI adalah sebuah antarmuka yang ada di sistem operasi yang memanfaatkan baris perintah atau text. cara menggunakan sistem operasi berbasis CLI yaitu hanya menggunakan keyboard dan menginputkan perintah-perintah yang di inginkan.

Biasanya antarmuka berbasis CLI ini digunakan oleh komputer server saja dan di gunakan oleh IT administrator. alasan IT Administrator menggunakan antarmuka CLI karena sistem operasi ini lebih cepat dan efisien karena tidak berat digunakan dibandingkan berbasis GUI. contoh sistem operasi berbasis CLI yaitu DOS/ Command Prompt, Linuk berbasis Teks, Cisco IOS (Internetwork operating system), mikrotik dan lain sebagainya.

Contoh Tampilan Command Promt

Kelebihan Sistem Operasi Berbasis CLI

* performanya lebih baik
* lebih efisien jika digunakan
* tidak membutuhkan spesifikasi hardware besar, menggunakan spesifikasi hardware rendahpun bisa.

Kekurangan CLI

* Kurang menarik dan cepat membosankan.
* susah di pahami bagi pengguna pemula
* harus mengingat baris dan perintah

dari pengertian, kelebihan dan kekurangan diatas dapat kita simpulkan bahwa perbedaan dari keduanya terdapat di penggunaannya. GUI itu sangat mudah dipahami dan banyak digunakan oleh pengguna komputer, sedangkan CLI sulit di pahami dan jarang digunakan oleh pengguna komputer bisa atau hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakannya.

Mungkin itu saja materi kali ini tentang pengertian sistem operasi berbasis GUI dan CLI serta perbedaanya semoga bermanfaat bagi pembacanya. sampai jumpa di artikel saya selanjutnya di kuncikomputer.com.

Baca Juga: