Pengertian Intranet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Perbedaan Intranet Dan Internet

Posted on
Pengertian Intranet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Perbedaan Intranet Dan Internet
Rate this post

www.kuncikomputer.com –¬†intranet merupakan salah satu bagian terkecil dari internet. karena intranet memiliki sifat jangkauan yang terbatas dibandingkan dengan internet yang memiliki jangkauan yang tidak terbatas. dalam artikel ini saya akan menjelaskan tentang intranet dan perbedaan antara intranet dengan internet. untuk menambah ilmu pengetahuan tentang intranet, silahkan baca samapi selesai tentang artikel Pengertian Intranet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Perbedaan Intranet Dan Internet.

seperti biasa sebelum saya menuliskan lebih banyak lagi tentang artikel Pengertian Intranet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Perbedaan Intranet Dan Internet, saya sebagai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya nantinya.



Pengertian Intranet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Perbedaan Intranet Dan Internet



Pengertian Intranet

Intranet adalah suatu jaringan komputer yang bersifat jaringan privat yang didalamnya menggunakan protokol internet yaitu TCP/IP yang berfungsi untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dengan ruang lingkup tertentu dan area yang terbatas. adapun contoh dari intranet biasanya digunakan di kantor, kampus atau sekolahan dan lainnya.

seperti yang telah saya tuliskan diatas, intranet merupakan bagian kecil dari internet. sedangkan internet memiliki jangkauan yang luas dan memiliki sifat yang terbuka atau bisa digunakan oleh siapa saja. intranet memiliki fungsi serta kelebihan dan kekurangan, berikut ini adalah fungsi dari intranet.

Fungsi Intranet

Intranet memiliki fungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan yang lainnya atau dapat juga menghubungkan komponen lain seperti printer, switch, server dan lainnya akan tetapi intranet memiliki ruang lingkup tertentu dan aksesnya yang terbatas.

Kelebihan Intranet

1. intranet dapat membantu dalam memingkatkan produktivitas kerja.
2. intranet dapat digunakan untuk komunikasi atar user dan juga efisien dalam waktu dan biaya.
3. dengan adanya intranet dapat meningkatkan kerja sama karena perangakat komputer sudah terhubung.
4. informasi yang didapatkan akan lebih mudah karena memiliki lingkup tertentu.
5. dengan intranet pengguna dapat menggunakan perangkat bersama sama seperti printer dan lainnya.

Kekurangan Intranet

1. keamanan data pada intranet kurang baik.
2. intranet memiliki lingkup area yang terbatas atau tidak luas.
3. dengan menggunakan intranet biasanya terjasi overload karena pengiriman data secara bersama-sama.

Perbedaan Intranet Dan Internet

1. Intranet
* Intranet memiliki sifat jaringan privat atau tidak terbuka, maksudnya tidak semua orang dapat menggunakan intranet, hanya orang tertentu saja yang memiliki akses dan dapat mengakses intranet.
* jangkauan intranet luas akan tetapi terbatas, maksudnya intranet akan menjangkau pada area tertentu saja yang dibutuhkan oleh jaringan intranet saja.
2. Internet
* Internet memiliki sifat terbuka, maksudnya siapa saja dapat mengakses internet asalkan memiliki koneksi internet.
* jangkauan internet yang tak terbatas yaitu pengguna dapat mengakses apa saja dan dapat menjangkau ke seluruh dunia tanpa adanya batasan.

sekian artikel tentang Pengertian Intranet, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan, Serta Perbedaan Intranet Dan Internet yang dapat saya berikan kali ini semoga bermanfaat. sekali lagi saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya diatas.

Baca Juga: