Pengertian Firewall dan Fungsi Firewall Serta Cara Kerjanya [Lengkap]

Pengertian Firewall dan Fungsi Firewall Serta Cara Kerjanya [Lengkap]
Rate this post

www.kuncikomputer.com – Pada perangkat suatu sistem jaringan terdapat apa yang dinamakan Firewall.  Bagi Anda yang belum mengetahuinya mungkin hal ini terdengar tidak lazim. Sebagai tambahan informasi bagi Anda dan untuk menambah ilmu anda dalam dunia komputerkhususnya pada sebuah jaringan, silahkan anda baca materi firewall. berikut ini adalah Pengertian Firewall dan Fungsi Firewall serta Cara Kerjanya.

Firewall atau didalam bahasa Indonesia disebut dinding pelindung merupakan sebuah sistem yang berfungsi untuk melakukan pembatasan dan mencegah suatu akses liar dari dan menuju jaringan internal. Firewall memberikan suatu jaminan proteksi terhadap jaringan pribadi, agar tidak mampu diakses dengan mudah oleh pihak luar. Firewall terdiri dari 2 jenis yaitu Personal Firewall dan Networ Firewall. Pada Personal Firewall proteksi pada sebuah perangkat PC yang terhubung kedalam suatu jaringan agar tidak dapat diakses oleh pihak luar, sedangkan Network Firewall proteksi dilakukan secara menyeluruh terhadap suatu jaringan.

Pengertian Firewall dan Fungsi Firewall Serta Cara Kerjanya

Pemahaman mengenai Pengertian Firewall dan Fungsi Firewall serta cara kerjanya sangat penting untuk diketahui oleh para pengguna jaringan. Pasalnya, jika tidak ada sebuah sistem Firewall dikhawatirkan sistem jaringan Anda mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Fungsi Firewall secara umum

  • Mencatat semua aktivitas akses jaringan pada pihak administrator.

Firewall merupakan sebuah tembok yang menjadi pembatas bagi sebuah akses jaringan internal. Segala akses akan terdeteksi oleh Firewall. Sehingga pihak administrator lebih mudah untuk mendapatkan report segala aktivitas akses pada jaringan internal.

  • Melakukan pengontrolan serta pengaturan akses pada suatu jaringan.

Kemampuan Firewall sebagai sebuah proteksi terhadap suatu jaringan memungkinkannya untuk melakukan pengontrolan serta pengaturan akses kedalam ataupun keluar jaringan secara penuh. Secara tidak langsung Firewall berperan sebagai filterisasi akses dari pihak luar yang mencoba untuk melakukan akses pada jaringan internal.

  • Melakukan autentifikasi terhadap suatu jaringan luar yang mencoba untuk masuk kedalam jaringan internal.

Setiap jaringan luar yang mencoba untuk mengakses suatu jaringan, tidak serta merta mudah begitu saja masuk kedalam jaringan internal. Autentifikasi akan dilakukan oleh Firewall untuk memastikan host tersebut aman dan tidak berpotensi untuk merusak sistem jaringan internal.

  • Memberikan sebuah proteksi terhadap host, agar tidak mampu diakses oleh host-host lainnya yang berpotensi untuk mengeksploitasi host tersebut.

Cara Kerja Firewall

Menjaga keamanan sebuah host merupakan fungsi dari Firewall. Meskipun membutuhkan beberapa dukungan aplikasi atau sistem lainnya untuk memperkuat proteksi terhadap suatu host, namun dengan adanya Firewall dapat meminimalisir tingkat eksploitasi host dari host lainnya yang mencoba mengacaukan jaringan.

Firewall dapat berupa hardware ataupun software. Kebanyakan para pengguna Firewall untuk menjadi proteksi atau keamanan sebuah sistem jaringan mengkombinasikan keduanya. Sehingga pengontrolan, pemantauan ataupun pencegah suatu akses jaringan internal jauh lebih optimal. Terutama dalam mencegah akses-akses yang bersifat liar dan membahayakan. Nah, itulah tadi penjelasan singkat mengenai Pengertian Firewall dan Fungsi Firewall serta cara kerjanya. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga: