Pengertian Dan Perbedaan BIOS Dengan UEFI

Posted on
Pengertian Dan Perbedaan BIOS Dengan UEFI
Rate this post

BIOS dan UEFI merupakan software tingkat rendah yang ada di komputer dan berjalan pada saat komputer pertama kali hidup dan sebelum proses booting sistem operasi. dengan perkembangan teknologi saat ini sekarang BIOS sudah mulai ditinggalkan karena sudah ada produk baru yaitu UEFI yang memiliki keunggulan seperti

* telah mendukung hard drive lebih besar
* tidak membutuhkan waktu lama untuk boot
* memiliki fitur keamanan yang lebih banyak
* serta memiliki grafis dan kursor yang membuat nyaman.

intel telah mengumumkan ke publik bahwasanya pada tahun 2020 mereka akan meninggalkan BIOS dan akan menggantikan dengan UEFI. sebenarnya apa sih perbedaan BIOS Dengan UEFI?

pasti pertanyaan itu yang muncul di benak para pengguna komputer, apalagi anda yang sering melakukan intraksi dengan BIOS pada saat instalasi sebuah komputer. berikut ini adalah perbedaan yang membuat BIOS akan di tinggalkan di tahun mendatang.

Pengertian BIOS

BIOS adalah (Basic Input-Output System) merupakan perangkat lunak tingkat rendah yang terletak di chip matherboard pada komputer. adapun peran dari BIOS yaitu untuk membangunkan semua komponen hardware komputer serta memastikan fungsi dari semua hardware masih normal pada saat komputer di hidupkan. selain itu BIOS juga menjalankan bootloader untuk menjalankan sistem operasi yang ada di komputer.

BIOS Juga berjalan melalui power-on self test atau POST sebelum menjalankan sistem operasi komputer. pada saat BIOS memeriksan fungsi dari semua hardware hardware komputer dan terajdi kesalahan atau kerusakan pada hardwarenya maka komputer akan memberikan sinyal berupa bunyi BIP keras, untuk itu anda harus bisa membedakan bunyi BIP kerusakan Hardware.

Baca Juga: Penyebab Bunyi Beep Di Laptop Dan Solusi Yang Harus Anda Ketahui

tahapan BIOS Berjalan yaitu dimulai dari boot kemudian melalui POST BIOS dan akan mencari master boot record atau MBR kemudian akan tersimpan di perangkat booting untuk digunakan meluncurkan bootloader.

Kunjungi  Terus : www.kuncikomputer.com

Pengertian UEFI

perbedaan uefi dan bios

UEFI merupakan sistem operasi kecil yang beroperasi di atas firmware pc serta bisa melakukan lebih dari BIOS. UEFI Juga dapat disimpan di flash pada motherboard dan mungkin akandi panggil dari hard drive pada saat boot.

tampilan antar muka dan fitur dari UEFI berbeda dengan BIOS. tentunya untuk membuat penggunanya lebih nyaman dan mudah mempelajarinya.

UEFI bisa beroperasi di mode 32 bit maupun 64 bit serta memiliki ruang alamat lebih dari BIOS, yang artinya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk boot. layar penyiapan di UEFI lebih bagus ketimbang bios karena bisa mendukung kursor grafis mouse.

UEFI juga dikemas dengan fitur lainnya yang sudah mendukung secure boot maksudnya bisa memeriksa validitas dari sistem operasi untuk memastikan apakah ada malware yang bisa merusak proses booting atau tidak. jika memakai UEFI anda juga bisa konfigurasi dengan jarak jauh karena UEFI telah mendukung fitur jaringan tepat di firmware, berbeda dengan BIOS Yang hanya bisa di konfigurasi secara hadapan langsung dengan komputer.

dilihat dari pengertian dan kelebihan antara BIOS dan UEFI tentu beda jauh dan masih menang UEFI, hal tersebut yang membuat produsen akan menggantikan BIOS dan akan mulai menggunakan UEFI Di tahun 2020. oleh karena itu mulai dari sekarang kita harus paham dan mempelajari dari fitur-fitur UEFI.

mungkin itu saja artikel mengenai pengertian dan perbedaan antara BIOS dan UEFI semoga bermanfaat. sampai jumpa di artikel saya selanjutnya.

Baca Juga: