Metode Resetter Canon IP2770 atau Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770

Posted on
Metode Resetter Canon IP2770 atau Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770
Rate this post

www.kuncikomputer.com – Printer IP2770 merupakan sebuah printer yang sangat sesuai dan paling mudah untuk digunakan baik untuk kebutuhan kantor maupun rumah. Namun, error printer bisa terjadi dengan adanya kode pesan 5100 ketika melakukan kegiatan printing. Hal ini juga disertai dengan lampu berwarna orange yang menyala sebagai pengganti dari lampu hijau pada printer. Bila hal ini telanjur terjadi, sebagai solusinya, berikut resetter Canon IP2770 atau cara memperbaiki Printer Canon IP2770.

Metode Resetter Canon IP2770 atau Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770

Error 5100 pada printer Canon IP2770 biasanya diakibatkan oleh dua hal berikut.

  1. Saluran pada tinta infus terlalu pendek sehingga terperangkap di dalam selang-selang tersebut.
    Solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memastikan cartridge bebas bergerak, tidak mengganggu cartridge. Cobalah dengan memastikan cartridge bisa bergerak dengan menggoyangkan ke arah kiri dan kanan.
  2. Akumulasi pada connector tinta cartridge.
    Untuk menyelesaikan permasalahan ini dilakukan dengan membuka cartridge dan bersihkan menggunakan tissue. Lakukan secara hati-hati, jangan sampai merusak dan menyentuh elemen penting di dalamnya. Jangan sampai tangan menyentuh sensor secara langsung dan kepala cartridge. Hal ini karena sifat dari cartridge yang sangat sensitif, sehingga berhati-hatilah ketika membersihkan.

Sesudah melakukan kedua hal diatas, pasang kembali cartridge, kemudian nyalakan printer. Selain itu, perhatikan langkah-langkah berikut terkait dengan resetter Canon IP2770 atau cara memperbaiki Printer Canon IP2770.

  1. Pastikan printer dalam keadaan mati dan kabel terpasang.
  2. Tekan tombol “RESUME” selama 2 detik, kemudian tekan tombol “POWER” hingga lampu hijau menyala, jangan tekan kedua tombol secara bersamaan.
  3. Sembari menekan tombol “POWER”, tekan tombol “RESUME” sebanyak lima kali. Lampu LED akan menyala hijau, warna orange akan muncul sebagai alternatif sebagai peringatan terakhir.

JANGAN SAMPAI SALAH, LAKUKAN 5 KALI

  1. Lepaskan kedua tombol secara berkesinambungan.
  2. Lampu LED akan berkedip-kedip sementara, kemudian akan berwarna hijau.
  3. Pada komputer akan terdeteksi hardware baru. HIRAUKAN.
  4. Tekan tombol “POWER”, kemudian printer akan mati.
  5. Tekan kembali tombol “POWER”, printer akan menyala dan siap digunakan.

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Kedua

Cara kedua untuk mengatasi error yang terjadi sebagai berikut.

  1. Nyalakan printer.
  2. Jalankan printer untuk printing document atau print test, kemudian error 5200 akan muncul.
  3. Cabut langsung kabel power tanpa menekan tombol ON/OFF.
  4. Buka dan pindahkan perlahan cartridge ke bagian tengah dengan tangan.
  5. Lepaskan cartridge dan biarkan bagian muka terbuka.
  6. Nyalakan kembali printer, bagian kepala akan berpindah dari kiri ke kanan secara bertabrakan karena bagian lid masih terbuka dan akan berhenti hingga ke tengah.

Guna mengatasi  Error 5100, dilakukan dengan resetter Canon IP2770 atau cara memperbaiki Printer Canon IP2770. Langkah-langkah yang harus dilakukan telah dijelaskan secara detail diatas. Harap lakukan langkah-langkah tersebut secara urut, sehingga kesalahan tidak terulang kembali dan kerusakan bisa teratasi dengan tepat. Dengan demikian, printer bisa digunakan kembali. Pekerjaan terkait dengan printing document juga akan berjalan dengan lancar.

Baca Juga: