Jenis Jenis Printer dan Fungsinya yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat

Jenis Jenis Printer dan Fungsinya yang Belum Banyak Diketahui Masyarakat
5 (100%) 1 vote

www.kuncikomputer.com – Bisa dilihat sekarang ini bahwa printer adalah salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Ada banyak sekali keperluan yang berkaitan dengan pencetakan foto, dokumen dan file lainnya. Sehingga wajar saja jika perangkat ini begitu dicari oleh masyarakat. Printer adalah alat pencetak yang terintegrasi dengan komputer. Dengan adanya printer, manusia bisa mencetak dokumen dengan mudah tanpa harus menggunakan mesin ketik. Saat ini tersedia beberapa jenis printer yang beredar yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Bahkan, kini sudah ada printer yang tidak memerlukan kabel untuk pengoperasiannya. Bagi Anda yang berencana untuk membeli printer, maka setidaknya harus memahami jenis-jenis printer. Berikut ini adalah jenis jenis printer dan fungsinya yang bisa dijadikan sebagai referensi.

7 Jenis Jenis Printer dan Fungsinya yang Paling Laris di Pasaran

jenis-jenis printer

1.     Printer Laserjet

Bagi Anda yang menggeluti dunia percetakan tentunya tahu betul bahwa printer laserjet adalah jenis printer yang sedang populer beberapa waktu belakangan ini. Printer ini begitu unik karena memanfaatkan laser dalam proses pencetakannya. Dengan menggunakan printer ini, Anda bisa mencetak berbagai macam dokumen dengan lebih cepat. Dilain sisi, catridge printer ini juga lebih tahan lama dibandingkan dengan printer lain pada umumnya.

2.     Printer Inkjet

Salah satu jenis jenis printer dan fungsinya yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah printer inkjet. Printer ini banyak digunakan oleh pemilik percetakan karena mampu menghasilkan cetakan yang bagus dan sempurna. Kualitas cetakan yang dihasilkan printer inkjet bisa dikatakan sama dengan printer laserjet.  Selain kualitas cetakannya, printer ini banyak dipilih karena suaranya yang tidak berisik.

3.     Printer LED/LCD

Jika dilihat secara keseluruhan, printer LED/LCD ini pada dasarnya serupa dengan printer laser terkait dengan proses pencetakannya. Hanya saja, printer ini tidak memakai laser melainkan cahaya. Printer ini dapat menghasilkan cetakan grafis maupun teks dengan kualitas yang bagus.

4.     Printer Dot Matrix

Jenis jenis printer dan fungsinya yang laris di pasaran selanjutnya adalah printer dot matrix. Cara kerja printer ini serupa dengan mesin tik. Dimana cetakan huruf pada kertas terlihat sangat rapat. Kecepatan cetaknya berada pada kisaran 50 sampai dengan 500 karakter per detik. Printer dot matrix biasanya dipakai di jasa-jasa keuangan seperti bank, kantor pajak dan lain sebagainya. Dimana cetakan yang dihasilkan biasanya terlihat di faktur, rekening koran, kuitansi, teks amplop, dan lain sebagainya. Printer dot matrix memakai pita sebagai tinta. Hasil cetakan printer ini berupa rangkaian titik-titik kecil yang membentuk karakter tulisan. Jadi jangan heran jika hasil cetakannya terlihat kasar.

5.     Printer Plotter

Salah satu dari Jenis-jenis printer dan fungsinya yang paling banyak digunakan saat ini adalah printer plotter. Printer ini terkenal dengan tingkat keakuratannya yang sangat tinggi dalam proses pencetakan. Jika dibandingkan dengan printer lainnya, printer plotter memang memiliki ukuran yang besar. Karena biasanya dipakai untuk mencetak gambar-gambar insinyur seperti site plan, peta, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, adapula printer plotter yang bisa dipakai untuk mencetak banner, Spanduk, Kartu nama, poster, ID Card, brosur dan lain sebagainya. Banyak media berukuran besar yang bisa dicetak menggunakan printer ini mulai dari kertas berukuran A3, sampai dengan berukuran meteran. Melihat hal tersebut, tak heran jika banyak jasa percetakan yang memiliki mesin printer plotter ini.

6. Printer CD/DVD

Jika dilihat dari namanya, tentu Anda bisa menebak bahwa printer ini berfungsi untuk mencetak cover yang akan digunakan pada DVD dan CD. Printer ini cukup banyak diminati oleh jasa percetakan sehingga Anda bisa menemukannya dengan mudah di pasaran.

7. Printer Photo Digital

Meskipun printer laserjet dan inkjet bisa digunakan untuk mencetak photo, nyatanya banyak Fotografer yang lebih memilih untuk membeli printer Photo Digital. Hal ini tentu saja karena hasil cetakan gambarnya yang berkualitas tinggi. Ada banyak sekali keunggulan printer Photo Digital. Beberapa diantaranya adalah mampu mencetak foto dalam berbagai ukruan, bisa mencetak rangkap sekaligus dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai jenis jenis printer dan fungsinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda. bagi anda yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang hardware, maupun software silahkan cari diwebsite kami kuncikomputer.com .

Baca Juga: